Comscore Tracker

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburan

Banyak wisata alam yang mengagumkan

Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, mungkin jarang terlintas di pikiranmu ketika sedang merencanakan sebuah perjalanan wisata. Namun siapa sangka, Kebumen ternyata memiliki banyak tempat seru yang tak boleh kamu lewatkan.

Banyak pantai di Kebumen yang masih belum terjamah, sehingga kamu bisa menatap langsung ke Samudera Hindia dengan indahnya. Objek wisata Kebumen tak hanya terbatas pada pantai, tapi ada juga benteng besar berwarna merah yang menjadi salah satu kebanggaannya. Benteng ini pasti pernah dilihat jika kamu nonton film The Raid 2.

Nah, penasaran, kan? Yuk, cek 25 tempat wisata Kebumen yang paling hits dan harus masuk dalam daftar liburanmu. Kalau berangkat dari Yogyakarta, kamu hanya perlu tiga jam perjalanan. 

1. Goa Jatijajar

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanGoa Jatijajar (instagram.com/kebumenzone)

Goa Jatijajar terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini terbentuk dari batu kapur dan telah ditemukan seorang petani bernama Jayamenawi yang memiliki tanah di atas goa tersebut.

Kala itu, Jayamenawi sedang mengambil rumput, kemudian jatuh ke sebuah lubang. Ternyata, lubang itu adalah ventilasi yang ada di langit-langit goa. Lubang ini mempunyai garis tengah empat meter dan tinggi dari tanah yang berada di bawahnya 24 meter.

2. Goa Petruk

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanGua Petruk (instagram.com/sobi.id)

Goa Petruk merupakan salah objek wisata di Kebumen. Lokasinya berada di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Atau, sekitar 4,5 kilometer dari Jatijajar menuju ke arah selatan.

3. Waduk Sempor

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburanpotret Waduk Sempor (commons.wikimedia.org)

Objek wisata Waduk Sempor bukan nama yang asing lagi bagi dunia kepariwisataan kita. Di balik fungsinya sebagai sarana irigasi teknis di persawahan Gombong, waduk ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai objek wisata. 

4. Waduk Wadaslintang

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburanpotret Waduk Wadaslintang (commons.wikimedia.org)

Waduk Wadaslintang merupakan objek wisata Kebumen yang cukup unik. Karena letaknya di perbatasan Kebumen dan Wonosobo, waduk ini sejuk dan memiliki panorama alam pegunungan yang indah.

Tempat ini pun cocok sebagai area rekreasi bagi anak muda maupun keluarga. Ini juga disebut menarik, karena sebagian genangan air masuk wilayah Wonosobo. Namun, sungai utama yang dibendung yakni Sungai Bedegolan. 

5. Pantai Karang Bolong

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburanpotret Pantai Karang Bolong (commons.wikimedia.org)

Sesuai dengan namanya, Pantai Karang Bolong adalah salah satu objek wisata pantai di Kebumen yang terkenal karena sebuah batu karang besar. Batu karang tersebut berlubang atau bolong.

Baca Juga: 7 Pantai Cantik di Kebumen yang Cocok buat Me Time, Refresh Banget!

6. Pantai Suwuk

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanPantai Suwuk (instagram.com/exploreyogyajateng)

Pantai Suwuk terletak di Desa Suwuk, Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen. Untuk menuju ke lokasi pantai, banyak jalur alternatif yang dapat kamu lalui. Namun, perlu diketahui pantai ini terletak 22 kilometer sebelah selatan Gombong.

7. Pantai Logending atau Pantai Ayah

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanPantai Logending Kebumen (instagram.com/hendri.rw)

Pantai Logending terletak di Desa Ayah, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan Kabupaten Cilacap. Karena lokasinya di Desa Ayah, banyak juga yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Ayah. 

Pantai ini berjarak sekitar 53 kilometer dari kota Kebumen dan sekitar 8  kilometer dari Goa Jatijajar. 

8. Pantai Menganti

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburanpantai menganti (instagram.com/rikiardian_26)

Pantai Menganti Kebumen memiliki pasir putih yang dipadukan dengan birunya samudera serta dikelilingi bukit hijau dan tebing alam tinggi. 

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Berlokasi kurang lebih 40 kilometer dari Kecamatan Gombong. Pantai Menganti bisa dijangkau dengan kendaraan bermotor. 

9. Pantai Petanahan

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanPantai Petanahan

Gak seperti Pantai di Kebumen lainnya, pengunjung bisa menikmati deburan ombak dan menyaksikan hamparan laut selatan ini seolah tak ada batasnya. Inilah salah satu yang membuat pengunjung merasa puas datang ke sini.

Selain itu, kamu bisa duduk-duduk santai di pengunungan pantai yang dikelilingi tumbuhan cemara dan pohon pandan. Konon ini mempunyai mitos sendiri, lho.

10. Jembangan Wisata Alam

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanJembangan Wisata Alam

Jembangan Wisata Alam (JWA) yang terletak di Desa Jembangan, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen.

Kecamatan Poncowarno terletak di dataran tinggi. Kawasan JWA terletak sebelah timur laut Kota Kebumen berjarak kurang lebih 20 kilometer dari Kota Kebumen.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Angker di Kebumen, Ada Penampakan Ular Raksasa

11. Pemandian Air Panas Krakal

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanPemandian Air Panas Krakal (sikopat.kebumenkab.go.id)

Selain wisata pantai, goa, dan bendungan, ada juga objek wisata yang unik, yaitu pemandian air panas Krakal. Objek wisata ini bisa dikatakan sebagai wisata medis, karena orang yang datang ke tempat ini kebanyakan untuk berobat.

12. Taman Reptil Adiluhur Adimulyo Kebumen

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanTaman Reptil Kebumen

Lokasinya di Jalan Kaleng 11 Adiluhur Adimulyo Kebumen, Jawa Tengah. Ini merupakan taman reptil yang menyediakan berbagai macam fasilitas. Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai reptil. 

Berawal dari hobi memelihara reptil seperti ular, biawak, kura-kura, dan beberapa jenis binatang lain, Ambar Sutoyo, sang pemilik akhirnya membuka Taman Reptil Adiluhur (TARA).

13. Jemur Adventure Park

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanJemur Adventure Park

Jemur Adventure Park (JAP) adalah wahana outbond  yang didirikan melalui program PNPM yang bertujuan mengembangkan potensi desa.

Tempat outbond  ini tergolong murah dan sangat terjangkau dengan semua permainan yang disediakan. Meski masih tergolong sederhana karena masih dalam proses pembangunan, wisata ini patut kamu coba.

14. Geowisata Karangsambung

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanGeowisata Karangsambung

Karangsambung merupakan laboratorium alam dan monumen geologi yang sangat menarik, baik bagi obyek penelitian maupun geowisata. Setiap tahun, ada sekitar 150 mahasiswa yang mengadakan penelitian di daerah itu.

Mereka antara lain berasal dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Trisakti Jakarta, dan Universitas Jenderal Sudirman.

15. Benteng Van Der Wijck

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanBenteng Van Der Wijck (instagram.com/trihardono)

Benteng yang terletak di Gombong, sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen ini, merupakan benteng peninggalan kolonial Belanda yang unik. Keunikan benteng Van Der Wijck terletak pada bangunan yang seluruhnya terbuat dari batu bata.

Bahkan, atap benteng berbentuk segi delapan ini juga terbuat dari batu bata yang kokoh dan dibuat menyerupai bukit-bukit kecil. Sehingga sangat ideal sebagai tempat pertahanan sekaligus pengintaian. Dijadikan lokasi foto-foto cocok banget nih, Instagramable abis!

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Kebumen yang Keren, Pemandangannya Bikin Betah

16. Pantai Karang Agung

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanPantai Karang Agung (google.com/maps/joyo hatiman)

Pantai Karang Agung bisa jadi destinasi bahari yang menarik. Berbeda dari yang lain, pantai ini menyajikan batu raksasa yang kian menawan saat diterjang ombak.

Selain itu, pesona alam dan hembusan angin segar buat wisatawan makin betah berlama-lama di sini. Baut pencinta fotografi, Pantai Karang Agung wajib di-explore!

17. Bukit Pranji

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanBukit Pranji (instagram.com/andrejuga)

Menikmati view alam dari Bukit Pranji tentu mengasyikan,ya. Dari atas ketinggian kamu bisa lihat hamparan pepohonan hijau yang memukau. Ini semakin cantik saat berpadu momen sunrise dan sunset.

Ketika malam hari, panorama Bukit Pranji bakal kian menawan. Pasalnya, kamu bisa lihat gemerlap lampu kota dari atas ketinggian. Jika beruntung, kecantikan bulan purnama juga bisa kamu dapatkan di spot ini.

18. Curug Silancur

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanCurug Silancur (google.com/maps/kartim saputra)

Curug atau air terjun Silancur jadi destinasi menarik bagi banyak wisatawan luar daerah. Pasalnya, pesona alam di spot ini cantik dan masih alami. Meski jarang sepi pengunjung, perjalanan menuju spot ini gak terlalu effort, lho.

Namun, terdapat rute terjal yang harus dikuasai. Meski begitu akan sepadan dengan pemandangan air terjunnya. 

19. Alian Butterfly Park

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanAlian Butterfly Park (google.com/maps/nias uciyanti)

Gak hanya wisata alam, Kebumen juga punya wisata edukasi, Alian Butterfly Park, yang bakal bantu kamu mengenal beragam jenis kupu-kupu dan bunga.

Waktu terbaik datang ke sini adalah pagi hari. Ini karena kupu-kupu sedang keluar untuk mengambil nektar. Kawasan Alian Butterfly Park juga punya desain menarik buat diunggah ke sosial media.

20. Goa Barat

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanGoa Barat (google.com/maps/alym kayyis)

Goa Barat merupakan destinasi wisata gua eksotis dengan aliran air terjun di dalamnya. Batuan stalaktit dan stalakmitnya berpadu cantik dengan pesona air terjun memukau.

Lokasi Goa Barat gak jauh dari wisata Goa Jatijajar. Tepatnya ada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. FYI, wisatawan perlu bayar Rp180 ribu per rombongan agar bisa masuk ke destinasi ini.

Baca Juga: 10 Wisata Indah yang Gak Pernah Kamu Sangka Ada di Kebumen, Keren!

21. Arung Jeram Pandegolan

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin Liburanilustrasi arung jeram pandegolan (instagram.com/al_fadl99)

Pencinta aktivitas menantang perlu coba aktivitas Arung Jeram Pandegolan. Sesuai namanya, pengunjung akan melintasi rute yang bervariasi di Sungai Pandegolan. Jalur yang berkelok dan landai jadi daya tariknya.

Pengalaman arung jeram bakal lebih seru jika dinikmati bersama teman atau keluarga. Tenang saja terkait kemanannya, pihak Arung Jeram Pandegolan sudah menyediakan pelampung dan aneka safety product buatmu.

22. Curug Silangit Sidoagung

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanCurug Silangit Sidoagung (instagram.com/sapasajafarhan)

Tertarik berpetualang ke kawasan alam yang mengagumkan? Curug Silangit Sidoagung bisa jadi rekomendasi next trip, nih. Di sana, ada kolam alami yang indah nan jernih. Untuk kedalamnnya sendiri setara dada orang dewasa. Buat yang gak bisa renang, hati-hati, ya!

Kira-kira, kamu butuh waktu buat treking sekitar 30 sampai 40 menit. Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan alam hijau nan asri. Udara di kawasan ini pun cukup sejuk, dijamin rasa lelahmu gak bakal terasa.

23. Bukit Hood

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanBukit Hood (instagram.com/explore_kebumen)

Bukit Hood merupakan destinasi indah yang terletak di atas ketinggian 1500 mdpl. Bukit ini memang begitu menawan, apalagi di momen sunsetwah, vibes-nya indie banget!

Saat berkunjung ke sini, kamu bisa duduk di anjungan ataupun melihat garis pantai yang panjang. View di spot ini pun begitu cantik, sehingga akan buatmu makin terpukau.

24. Brujul Adventure Park

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanBrujul Adventure Park (instagram.com/dinarfebrianita)

Wisata Kebumen selanjutnya adalah Brujul Adventure Park. Buat yang belum tahu, spot ini menyediakan camping ground buat pencinta kemah. Di dalam kawasan ini juga ada curug dan gua yang bisa dijelajahi.

Kini, wahana permainan di Brujul Adventure Park makin variatif, lho. Ada flying fox, area panah, hingga sepeda layang. Selain itu, ada juga hamparan hutan hijau yang bagus buat latar fotomu.

25. Kebun Bunga Ambal

25 Tempat Wisata Kebumen yang Bikin Pengin LiburanKebun Bunga Ambal (google.com/maps/angel lovqeysan)

Photo hunters perlu merapat ke Kebun Bunga Ambal yang punya koleksi aneka bunga cantik hingga miniatur monas. Jangan lupa pakai lupa gunakan outfit menarik agar fotomu keliatan makin catchy.

Meski gak seluas Kebun Raya Bogor, namun kebun bunga satu ini punya aneka bunga cantik. Selain itu spot ini cukup instagramable buat jadi background foto estetikmu.

Demikianlah ulasan beberapa spot atau tempat wisata Kebumen yang paling hits dan bisa jadi referensi liburanmu. Kalau pengin cari tempat wisata lain, cek di IDN Times, ya!

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Kebumen yang Keren, Pemandangannya Bikin Betah

Topic:

  • Wendy Novianto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya