Comscore Tracker

Awal Mula Perkembangan NASCAR, Balap Mobil Populer Amerika

Bermula dari balapan pantai Daytona

Jakarta, IDN TIMES - Nascar menjadi ajang balap mobil paling bergengsi di Amerika Serikat. Dari awalnya yang masih bernama Divisi Strictly Stock, hingga sekarang menjadi Monster Energy NASCAR Cup Series, ajang balap ini telah berkembang menjadi salah satu olahraga paling populer di dunia.

Pada awalnya, mobil balap didorong keluar dari jalan dan masuk ke trek, tetapi seiring kemajuan teknologi keselamatan otomotif, perubahan ini dilakukan pada mobil NASCAR, karena mesin balap saat ini lebih rumit dan punya teknologi canggih dari sebelumnya.

NASCAR telah berkembang pesat dari komunitas kecil yang dibentuk di daerah Pantai Daytona menjadi olahraga populer di hampir seluruh pelosok negeri. Berikut adalah beberapa tonggak penting dalam sejarah NASCAR.

1. Didirikan oleh seorang mekanik mobil

Awal Mula Perkembangan NASCAR, Balap Mobil Populer AmerikaNASCAR (snaplap.net)

Pada 21 Februari 1948,  National Association for Stock Car Racing—atau NASCAR, secara resmi didirikan. Balap NASCAR akan terus menjadi salah satu olahraga yang paling populer di Amerika, serta menjadi industri multi-miliar dolar AS.

Kekuatan di balik berdirinya NASCAR adalah peran dari William “Bill” France Senior (1909-1992), seorang mekanik dan pemilik bengkel mobil dari Washington DC, yang pada pertengahan 1930-an pindah ke daerah Daytona Beach, Florida. Daerah Daytona adalah tempat berkumpulnya para penggemar balap, dan France juga turut serta dalam ajang balap mobil dan mempromosikan balapan tersebut. Setelah menyaksikan bagaimana aturan balap berubah-ubah dari satu acara ke lainnya dan melihat adanya promotor yang tidak jujur ​melarikan diri dengan sejumlah uang, France merasa perlu adanya badan pengatur untuk memberikan sanksi dan mempromosikan balap tersebut.

Kemudian, dia mengumpulkan anggota komunitas balap untuk mendiskusikan ide tersebut. Barulah NASCAR lahir, dengan peresmiannya pada Februari 1948. France menjabat sebagai presiden pertama NASCAR dan memainkan peran kunci dalam membentuk perkembangannya dalam dekade awal olahraga ini.

Baca Juga: 9 Fakta Toni Breidinger, Pembalap Cewek Arab Amerika Pertama NASCAR

2. NASCAR resmi mengadakan balapan perdananya di 1949

Awal Mula Perkembangan NASCAR, Balap Mobil Populer AmerikaNASCAR (nascar.com)

NASCAR mengadakan balapan Strictly Stock pertamanya pada 19 Juni 1949, di Charlotte Speedway, North Carolina. Sekitar 13 ribu penggemar hadir untuk menyaksikan Glenn Dunnaway menyelesaikan balapan sebanyak 200 putaran pertama menggunakan mobil Ford-nya. Namun, Jim Roper (yang mengendarai mobil Lincoln) berhasil mengumpulkan hadiah 2000 dolar AS setelah Dunnaway didiskualifikasi karena secara ilegal menggunakan pegas belakang pada kendaraannya.

Pada tahun-tahun awal NASCAR ini, pembalap mengendarai jenis mobil yang sama dengan yang dikendarai orang di jalan pada saat itu, seperti Buick, Cadillac, Oldsmobiles, antara lain-dengan modifikasi yang minim. Berbeda dengan hari ini, di mana modifikasi mobil telah disesuaikan dengan kebutuhan.

3. NASCAR perlahan menjadi populer di seluruh penjuru negeri Paman Sam

Awal Mula Perkembangan NASCAR, Balap Mobil Populer AmerikaNASCAR (macsmotorcitygarage.com)

Pada 1950, trek berbasis NASCAR pertama, Darlington Raceway di South Carolina, telah dibuka. Kemudian ada lebih banyak trek balapan baru yang dibuka, termasuk Daytona International Speedway, yang dibuka pada 1959. Lee Petty memenangkan Daytona 500 pertama, yang diselenggarakan pada 22 Februari tahun itu. Daytona 500 menjadi pembuka musim NASCAR dan menjadi salah satu acara perdananya.

Putra Lee Petty, Richard, yang memulai karir balapnya pada tahun 1958, memenangkan rekor Daytona 500 sebanyak tujuh kali dan menjadi superstar pertama NASCAR sebelum pensiun pada tahun 1992. Pada tanggal 18 Februari 1979, siaran langsung pertama dari Daytona 500 telah ditayangkan di televisi. Perkelahian di akhir balapan antara pembalap Cale Yarborough dan Donnie dan Bobby Allison sempat menghebohkan publik dan membantu meningkatkan popularitas NASCAR dalam skala nasional.

Baca Juga: Mobil Harian Bermesin Balap, Banderolnya Rp50 Jutaan

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya