Comscore Tracker

Cara Mudah Membersihkan Interior Mobil

Bisa kamu lakukan sendiri, loh!

Jakarta, IDN Times - Membersihkan mobil menjadi salah satu rangkaian penting yang perlu kamu lakukan sebagai pemilik kendaraan. Tidak hanya merawat bagian mesin saja, tetapi kamu pun perlu merawat kebersihan baik bagian dalam maupun luar mobil. Kebersihan pada mobil tentu berkaitan dengan kenyamanan saat berkendara, bukan? Kamu pasti tidak ingin berkendara dengan keadaan mobil kotor terutama bagian interior.

Kotoran bekas sisa makanan, debu, dan lain-lain akan sangat mengganggu baik pengemudi maupun penumpang. Kotoran debu dapat menyebabkan gangguan pernapasan jika tidak dibersihkan. Sementara itu, kotoran sisa makanan yang tidak segera dibersihkan akan menimbulkan bau taksedap yang sangat mengganggu.

Namun, membersihkan bagian interior mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Kamu memerlukan alat dan bahan tertentu untuk membersihkan agar tidak merusak bagian interior.

Untuk itu, berikut cara membersihkan interior mobil yang bisa kamu ikuti agar mobilmu tetap bersih dan wangi.

1. Gunakan peralatan yang lengkap

Cara Mudah Membersihkan Interior Mobilpexels.com

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa membersihkan bagian interior mobil memerlukan peralatan tertentu yang lengkap. Hal ini bertujuan agar tidak ada bagian interior yang rusak saat kamu bersihkan. Berikut beberapa alat yang perlu kamu siapkan saat akan membersihkan interior mobil:

  • Kain lap bersih
  • Kain microfiber
  • Vacuum cleaner yang bisa menjangkau bagian bawah jok
  • Kuas kecil
  • Cairan pembersih khusus interior mobil

Untuk jumlahnya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Seperti misalnya, kamu membutuhkan kain lap lebih dari satu untuk mengelap permukaan yang berbeda pada bagian bodi dan interior.

Baca Juga: Penampilan Interior Wuling Air ev, Futuristis Abis!

2. Gunakan vacuum cleaner untuk menjangkau kotoran kecil dan debu

Cara Mudah Membersihkan Interior Mobililustrasi interior mobil (pexels.com/Mike)

Sebelum menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran kecil, ada baiknya mencopot karpet terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kotoran dan debu yang berada di bawah jok dan karpet dapat tersedot semua oleh vacuum cleaner.

Kamu bisa lakukan pembersihkan mulai dari bagian jok, konsol tengah, kolong jok mobil, dan bagian lainnya. Pastikan kotoran dan debu tersebut dibersihkan semua. Kamu juga bisa gunakan kuas kecil untuk menjangkau kotoran di sela-sela jok, dashboard, maupun AC, agar bisa terhisap semua oleh penyedot debu hingga bersih.

Baca Juga: Langkah-langkah Membersihkan Mesin Mobil, Gampang dan Aman!

3. Gunakan kain microfiber dan cairan khusus pada bagian dashboard

Cara Mudah Membersihkan Interior MobilInterior Toyota Fortuner GR Sport (Toyota.astra.co.id)

Untuk bagian dashboard, kamu bisa membersihkannya dengan cara menyemprotkan cairan pembersih khusus secukupnya dengan merata. Kemudian, lap dengan menggunakan kain microfiber. Kamu juga bisa membersihkan bagian konsol tengah menggunakan cairan pembersih khusus kemudian dilap menggunakan kain microfiber. Pastikan sela-sela konsol tengah juga kamu bersihkan menggunakan kuas kecil agar tidak ada sisa kotoran.

4. Bersihkan kotoran pada jok mobil dan doortrim

Cara Mudah Membersihkan Interior MobilDoortrim (youtube.com/Motomobi)

Kamu bisa membersihkan jok mobil dengan menggunakan cairan pembersih khusus jok mobil jika ada bekas kotoran dari makanan yang membandel. Namun, perlu diingat bahwa jok mobil memiliki beberapa jenis pembungkus jok. Ada yang terbuat dari kulit, fabric, atau sintesis. Sesuaikan cairan dengan bahan-bahan tersebut.

Selain itu, jika tidak ada kotoran yang membandel, kamu tidak perlu membersihkan jok menggunakan cairan khusus. Cukup gunakan sikat gigi bersih untuk membersihkan jok mobil.

Untuk bagian doortrim yang biasanya memiliki bahan berbeda pada bagian atas (dashboar) dan tengah. Gunakan cairan khusus sesuai dengan bahan material dari bagian doortrim. Usahakan jangan sampai keliru agar tidak muncul bercak pada saat dibersihkan.

Baca Juga: 5 Tips Membersihkan Kabin Mobil di Rumah, Antiribet Kok!

5. Bersihkan karpet karet mobil menggunakan air

Cara Mudah Membersihkan Interior Mobilautos.id

Kamu bisa membersihkan karpet yang terbuat dari karet dengan menggunakan air. Usahakan untuk mengangkat dan mengeluarkan karpet dari dalam mobil saat akan dicuci. Kamu bisa menyikat bagian yang kotor pada karpet dengan sabun kemudian membilasnya dengan air bersih. Setelah itu, jemur karpet terebut hingga kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam mobil.

6. Lakukan pembersihan secara rutin

Cara Mudah Membersihkan Interior Mobilmembersihkan kaca jendela mobil (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Tidak hanya perawatan pada mesin saja yang harus dilakukan secara rutin, tetapi mobil juga harus dibersihkan secara rutin baik bagian eksterior maupun interior. Setiap selesai berkendara dan kamu melihat ada kotoran maupun sampah, sebaiknya langsung dibersihkan dan jangan dibiarkan di dalam mobil. 

Untuk pembersihan secara detail, kamu dapat melakukannya seminggu sekali ataupun sebulan sekali tergantung pada pemakaianmu dengan mobil tersebut. Jangan lupa untuk selalu sediakan tempat sampah di dalam mobil agar sampah-sampah bekas makanan ringan dan minuman bisa dikumpulkan dan dibuang dengan mudah setelah berkendara.

Itulah cara membersihkan interior mobil yang perlu kamu pahami. Jangan sampai kamu malas untuk melakukan perawatan interior mobil dan membiarkan kotoran menumpuk. Selain membuat tidak nyaman saat berkendara, kotoran tersebut bisa saja menimbulkan penyakit.

Termukan informasi menarik seputar otomotif lainnya hanya di IDN Times. Kamu juga bisa temukan informasi dan tips seputar motor yang sayang untuk kamu lewatkan.

Penulis: Deden Usman Hafidi

Baca Juga: 9 Langkah Mudah Membersihkan Mobil Setelah Terendam Banjir

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sarung Jok Mobil

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya