Comscore Tracker

Tips Merawat Rumah Kunci Motor 

Salah satunya rutin memberi pelumas

Jakarta, IDN Times - Motor yang sudah berumur memang memerlukan perawatan ekstra. Sebab banyak bagian yang mungkin sudah aus dimakan usia.

Nah, salah satu bagian yang perlu diperhatikan adalah kunci kontak. Bagian satu ini kerap oblak sebelum akhirnya gak bisa dipakai. Berikut ikuti tips merawat kunci kontak motor biar selalu loncer.

1. Wajib menutup lubang kunci motor

Tips Merawat Rumah Kunci Motor youtube.com/Yasminarina

Motor produksi tahun 2012 ke atas sudah dilengkapi dengan penutup kunci. Jadi, biasakan selalu tutup lubang kunci tersebut ketika sedang tidak digunakan. Ini penting agar lubang kunci tidak kemasukan air atau debu.

Sebab air dan debu yang masuk ke lubang kunci bisa membuat lubang kunci berkarat dan nantinya akan rusak dalam jangka waktu yang lama dan akhirnya bisa mengganggu penggunaannya seperti macet atau seret lubang kuncinya.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Motor Trail 

2. Rutin memberikan cairan pelumas

Tips Merawat Rumah Kunci Motor youtube.com/AzizPatriaHD

Cara kedua agar kunci kontak tidak longgar adalah dengan sering memberikan pelumas, seperti menyemprotkan WD-40 pada bagian lubang kunci kontak motor kamu. Pemberian pelumas dilakukan agar kunci motor kamu tetap berfungsi secara normal.

Jadi, kalau kunci motor kamu seret, jangan dipaksa ya. Sebaliknya semprotkan dulu cairan pelumas pada bagian lubang kunci tersebut.

3. Jangan menggunakan gantungan kunci yang berat

Tips Merawat Rumah Kunci Motor Ilustrasi. IDN Times/Dwi Agustiar

Tips terakhir jangan memasang gantungan kunci yang berat pada kunci motor. Sebab beban berlebih pada kunci motor bisa membuat lubang kunci menjadi kendor sehingga tidak lagi bisa menahan anak kunci.

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Motor-motor Tua Tetap Lestari

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya