Comscore Tracker

Efek Samping Charge HP di Motor Bikin Aki Jadi Soak? 

Penggunaan yang serampangan bisa bikin aki motor soak, lho 

Jakarta, IDN Times - Kebutuhan para pengguna motor kini terus diakomodir oleh berbagai inovasi-inovasi yang dilakukan oleh pabrikan motor. Salah satunya adalah fitur pengisian daya atau charging gadget, seperti HP atau ponsel. Fitur ini menjawab permasalahan pengguna motor yang sering kali kehabisan daya HP-nya saat berada di luar ruangan dan bingung untuk mencari tempat pengisian daya.

Namun tahukah kamu bahwa efek samping charge HP di motor bisa mengakibatkan aki menjadi soak jika dilakukans secara ‘serampangan’? Nah, untuk informasi seputar efek samping charge HP di motor lebih lengkapnya bisa disimak di bawah ini.  

1. Efek samping charge hp di motor bikin aki jadi soak?

Efek Samping Charge HP di Motor Bikin Aki Jadi Soak? Ilustrasi fitur slot charging pada motor (instagram.com/superbikenews)

Beberapa motor keluaran terbaru biasanya sudah dilengkapi fitur socket listrik agar pengguna motor bisa mengisi daya gadget-nya saat sedang berkendara motor.

Fitur ini bagaikan ‘angin segar’ bagi para pengguna motor yang seringkali merasa kebingungan akibat daya HP yang habis saat sedang berada di luar rumah dan tak memiliki power bank. Fitur ini juga seakan menjadi penyelamat bagi para pengguna motor yang frekuensi penggunaan HP saat di luar ruangan sembari berkendara nya cukup sering, contohnya para pengendara ojek online.

Pada cara kerjanya, charger HP di motor menggunakan energi listrik yang tersedia di motor, yakni dari aki motor dan aktivitas bahan bakar. Penggunaan aki pada motor sendiri bertujuan untuk menghidupkan sistem kelistrikan pada motor, seperti menghidupkan motor, menyalakan lampu motor, hingga penggunaan klakson motor.

Efek samping pada charger HP di motor secara terus menerus dan tak hati-hati adalah dapat membuat aki motor jadi soak dan memperpendek usia aki motor. Hal ini terjadi jika pengisian daya dilakukan saat motor dalam keadaan mati. Saat motor tak dihidupkan, sumber kelistrikan hanya mengandalkan aki saja sehingga konsumsi listrik dari aki motor pun menjadi tinggi. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, bukan tak mungkin kondisi aki menjadi soak dan masa pakainya jadi tak awet.

Baca Juga: 7 Penyebab Aki Motor Gak Ngisi, Cek 7 Bagian Ini

2. Tips charge HP di motor agar tak membuat aki soak

Efek Samping Charge HP di Motor Bikin Aki Jadi Soak? Ilustrasi fitur slot charging pada Honda Vario 160 (www.astra-honda.com)

Efek samping charge HP di motor membuat aki motor jadi soak sebetulnya dapat dihindari apabila penggunaan fitur pengisian daya ini dilakukan secara bertanggung jawab dan tak berlebihan. Berikut adalah tips mengisi daya HP di motor sehingga tak memicu permasalahan pada aki:

  • Hindari mengisi daya HP secara terus menerus

Aki motor menyuplai kebutuhan kelistrikan pada motor, mulai dari menyalakan motor hingga lampu penerangan pada motor. Menggunakan charger HP di motor secara terus menerus tentu akan membuat konsumsi daya listrik pada aki semakin tinggi, hal ini akan berdampak pada aki menjadi soak.

  • Lakukan pengisian daya HP saat motor sedang menyala

Saat motor sedang menyala atau berjalan, sistem kelistrikan pada motor tak hanya disuplai dari aki saja, melainkan juga dari aktivitas bahan bakar. Sehingga mengisi daya HP saat motor sedang berjalan membuat konsumsi energi listriknya tak sepenuhnya ditopang oleh aki motor, melainkan juga dari bahan bakar.

  • Jangan mengoperasikan HP sembari di-charge

Menggunakan HP sembari mengisi daya akan membuat konsumsi daya-nya menjadi lebih besar, hal ini akan berdampak pada kebutuhan listrik yang perlu disuplai oleh aki pun menjadi besar hingga dapat mengakibatkan aki soak jika terjadi terus menerus. Selain itu, menggunakan HP saat berkendara juga dilarang oleh Pemerintah yang diatur dalam UULAJ pasal 106 ayat (1).

3. Bijak menggunakan fitur charging biar aki gak soak

Efek Samping Charge HP di Motor Bikin Aki Jadi Soak? Ilustrasi aki motor (IDN Times/Fadhliansyah)

Fitur slot charging pada motor memang memberikan manfaat yang begitu terasa bagi para pengguna motor, terutama bagi para pengendara motor dengan frekuensi penggunaan HP di luar ruangan seperti pengendara ojek online. Namun efek samping charge HP di motor dapat mengakibatkan aki menjadi soak jika dilakukan secara berlebihan.

Sehingga pastikan untuk tak menggunakan fitur charging ini secara berlebihan, agar aki motor tetap berfungsi secara optimal dan masa pakainya lebih berkelanjutan.   

Penulis: Syahrial Maulana Sudarto

Baca Juga: Step by Step Mendorong Mobil Mogok karena Aki Tekor

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya