Comscore Tracker

Blibli Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal, Ini Caranya!

Membantu UMKM mengembangkan produk lokal

Jakarta, IDN Times - Bersamaan dengan diluncurkannya Program Kampanye Nasional Pemerintah Indonesia untuk mendukung perkembangan produk lokal, #BanggaBuatanIndonesia, Blibli turut mengambil bagian dalam inisiatif ini, dengan meluncurkan Kampanye #KarenaLokalNo1.

"Inisiatif yang dilakukan oleh Blibli bertujuan untuk mendukung para pelaku bisnis UMKM yang terkena dampak akibat pandemi COVID-19, agar tetap dapat menjalankan usahanya melalui dukungan platform Blibli.” Kata Devina Tandian, Associate Vice President of Brand Activation Blibli, melalui keterangannta, Kamis (14/5).

1. Blibli menyediakan halam khusus untuk bantu UMKM

Blibli Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal, Ini Caranya!Blibli luncurkan kampanye dukung gerakan #KarenaLokalNo1 dukung gerakam #BanggaBuatIndonesia (Dok. Blibli)

Sebagai bentuk komitmen dan kepedulian Blibli terhadap pertumbuhan para pelaku UMKM Indonesia khususnya di tengah situasi pandemik ini, Blibli menyediakan halaman khusus #BanggaBuatanINdonesia di platform Blibli. Hal ini untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan para pelanggan agar dapat mencari produk lokal yang diminati.

Adapun produk-produk UMKM yang tersedia mencakup berbagai pilihan kategori termasuk produk rumah dan dekorasi, fashion, anak, dunia makanan, perawatan dan kecantikan, fashion wanita, serta fashion pria.

Baca Juga: Pulihkan UMKM, Cicilan Bunga Kredit Ditunda selama 6 Bulan 

2. Blibli ajak masyarakat bantu UMKM terdampak COVID-19

Blibli Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal, Ini Caranya!Blibli luncurkan kampanye dukung gerakan #KarenaLokalNo1 dukung gerakam #BanggaBuatIndonesia (Dok. Blibli)

Devina menambahkan bahwa dalam situasi saat ini, di mana setiap lapisan masyarakat dianjurkan untuk beraktivitas dari rumah akan berdampak besar bagi para pelaku UMKM. Melalui kampanye #KarenaLokalNo1, Blibli turut mengajak peran serta seluruh pelanggan di Indonesia untuk ambil bagian dalam menyukseskan gerakan nasional ini.

Dalam mendukung para pelaku UMKM dan masyarakat yang terkena dampak COVID-19, Blibli juga meluncurkan program khusus berkolaborasi dengan platform crowd-funding, Benihbaik. Program kerja sama ini mengajak para pelanggan untuk membeli produk-produk UMKM yang tersedia di platform Blibli dan melakukan donasi bagi masyarakat ataupun komunitas yang membutuhkan.

Nantinya, lembaga Benihbaik akan membantu menentukan titik penyaluran dan pendistribusian paket donasi kepada masyarakat selama bulan Ramadan.

“Kami melihat begitu banyak lapisan masyarakat yang terkena dampak akibat wabah COVID-19 yang terjadi di Indonesia. Tantangan yang dihadapi masyarakat tidak hanya dalam menjaga kesehatan tetapi juga bagaimana agar usaha yang dimiliki oleh para pelaku usaha lokal dapat tetap bertahan terutama di bulan Ramadan ini,"

"Oleh karena itu, kami mengajak para pelanggan untuk dapat berpartisipasi dalam inisiatif ini tanpa perlu keluar rumah untuk tetap membantu UMKM Indonesia, pelaku industri kecil rumahan lainnya, serta masyarakat yang membutuhkan.” Ucapnya.

3. Berikut cara yang dapat dilakukan untuk ikut berdonasi dengsn Blibli

Blibli Ajak Masyarakat Dukung Produk Lokal, Ini Caranya!Ilustrasi Belanja Online (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Para pelanggan yang ingin membantu melalui program ini dapat melakukan donasi dengan cara yang mudah melalui platform Blibli. Cukup dengan mengunjungi halaman khusus produk UMKM #BanggaBuatanIndonesia yang ada di platform Blibli.

Setiap pembelian akan secara langsung dialokasikan untuk donasi satu paket makanan yang akan distribusikan pihak Blibli. Jika ingin menyumbang lebih dari satu paket makanan, pelanggan dapat melakukan pemesanan produk lebih dari satu kali.

Hasil dari penjualan produk UMKM di Blibli akan didonasikan untuk pengadaan makanan siap saji dari pelaku industri kuliner yang juga terkena dampak wabah COVID-19, yang kemudian akan disumbangkan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Melalui inisitiatif ini kami ingin membuktikan bahwa dengan menggerakkan pelaku usaha UMKM. Kita dapat memberikan dampak yang sangat positif bagi pelaku industri kecil rumahan dan juga masyarakat luas yang membutuhkan untuk menuju pertumbuhan ekonomi yang lebih baik,” ujar Devina.

Baca Juga: Kurangi Risiko Penularan COVID-19, Blibli Lakukan Social Distancing

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya