Comscore Tracker

3 Tips Jitu Menuju Financial Freedom, Kamu Wajib Coba!

Semangat untuk keuangan yang lebih sehat

Jakarta, IDN Times - Kondisi keuangan yang stabil dan terus meningkat pastinya jadi impian semua orang ya. Semua orang punya impian menjadi orang kaya dengan penghasilan segambreng. Tapi, yang jadi masalah apakah kita sudah punya kemampuan untuk mengelola keuangan pribadi. Jika tidak punya, gimana mau kaya. Apalagi kita tidak punya kemampuan untuk menabung dan berivestasi.

So guys, di bawah ini ada beberapa tips buat kalian agar mampu mengelola kondisi keuangan kalian agar lebih sehat. Sehingga, aspek finansial kalian lebih cerah di kemudian hari!

Baca Juga: 10 Tips dan Trik Mendesain Kamar Bayi, Jadikan si Kecil Terlelap!

1. Menaati aturan anggaran dan selalu berhemat

3 Tips Jitu Menuju Financial Freedom, Kamu Wajib Coba!unsplash.com/Emil Kalibradov

Bagi kalian yang masih single atau yang sudah berkeluarga pastinya sudah punya aturan anggaran masing-masing ya. Kalau belum segera deh bikin biar gak nyesel di kemudian hari. Aturan ini ternyata penting lho, karena bisa menekan biaya yang tidak seharusnya dikeluarkan. Lalu, soal gaya hidup juga semestinya tidak perlu yang harus merogoh kocek anda dalam-dalam. Bahkan, harus menguras tabungan kalian.

Perjuangan untuk menjadi mapan tidak mudah guys. Kalian bisa menggapai status financial freedom jika disiplin terhadap keuangan kalian masing-masing.

Baca Juga: 4 Tips Keuangan dari Financial Planner untuk Profesional Muda

2. Menabung di awal bulan

3 Tips Jitu Menuju Financial Freedom, Kamu Wajib Coba!Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Kebiasaan pertama yang patut kalian lakukan apabila ingin kondisi keuangan selalu sehat adalah menabung di awal bulan. Alangkah lebih baik lagi bila Anda memiliki rekening tabungan khusus yang terpisah dari tabungan utama untuk kebutuhan belanja.

Jika sudah menabung, fokuslah menggapai target yang ingin kamu raih lewat tabunganmu. Sangat tidak disarankan untuk mengutamakan gaya hidup yang hanya akan membebani keuanganmu.

Pastikan kamu setiap bulannya telah membuat alokasi anggaran dari penghasilan bulanan yang kamu peroleh. Bila masih ada sisah, tidak ada salahnya uang itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupmu.

3. Menyisihkan dana darurat secara teratur

3 Tips Jitu Menuju Financial Freedom, Kamu Wajib Coba!Pexels.com/Karolina Grabowska

Baca Juga: Tips Sukses Terjun ke Kripto Cs dari Boy Thohir, Millennials Simak ya!

Dana darurat sebaiknya tidak digunakan untuk hal-hal yang sifatnya tidak esensial, misalnya travelling, membeli kendaraan bermotor baru, atau bedah plastik untuk kecantikan. Orang yang telah menikah dan memiliki anak sebaiknya menyiapkan dana darurat minimal 12 kali pengeluaran rutin bulanan.

Manfaat dana darurat membuat kalian harus menyisihkannya secara teratur setiap bulan. Dalam prinsip keuangan, tabungan berbeda dengan dana darurat. Dana darurat bisa digunakan untuk kebutuhan penting yang sifatnya mendesak misalnya ketika kalian dipecat atau mengalami kebangkrutan bisnis.

So, tips di atas semoga bisa membantu kalian ya untuk menuju ke level financial freedom. Dengan usaha yang sungguh-sungguh dan disiplin bukan tidak mungkin kok kalian bisa menggapainya.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya