Comscore Tracker

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk Penjual

Siapa suka pakai fitur pembayaran Shopee COD?

Shopee menawarkan berbagai pilihan metode pembayaran kepada para penggunanya. Hal ini bertujuan agar pelayanan toko bagi pelanggan semakin optimal. Salah satu metode pembayaran yang ada adalah melalui sistem cash on delivery atau COD.

Selain COD, ada juga pilihan pembayaran lain seperti transfer bank, pembayaran via minimarket, atau dengan Shopee Pay. Fitur COD ini sebenarnya merupakan pilihan pembayaran secara tradisional, tetapi lebih banyak orang yang suka dengan pembayaran dengan metode ini.

Penjual Shopee sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan pembeli dan mengaktifkan fitur COD ini. Sebab, fitur ini juga merupakan salah satu yang mendongkrak toko jika digunakan dengan seksama.

Bagaimana para penjual alias seller dapat mengaktifkan fitur COD? Simak caranya!

Baca Juga: Perbedaan Star dan Star Plus di Shopee yang Belum Banyak Diketahui

1. Apa itu pembayaran Shopee COD

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk PenjualGubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman (kanan) dan Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya pada peresmian Kampus UMKM Shopee Makassar. (Dok. IDN Times/Istimewa)

Fitur COD merupakan metode pembayaran paling populer yang sering digunakan oleh para pembeli dan penjual di marketplace. Metode ini memungkinkan pembeli untuk membayar pesanan dengan uang tunai pada waktu pesanan diantar oleh kurir.

Metode ini adalah metode paling umum yang digunakan oleh pembeli yang belum memiliki rekening. Ada juga yang memilih metode ini karena khawatir dan kurang percaya dengan penjual di Shopee. COD ini bisa dilakukan jika pembeli memilih kurir pengiriman Shopee Express, JNE, dan J&T

Baca Juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee, Seller Wajib Tahu, nih!

2. Cara mengaktifkan Fitur COD dari aplikasi Shopee

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk Penjualilustrasi aplikasi e-commerce (IDN Times/Dwi Agustiar)

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengaktifkan fitur pembayaran COD di Shopee. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Shopee yang sudah ada baik itu android maupun iOS. Berikut ini adalah cara mengaktifkannya

  • Buka aplikasi Shopee yang sudah terpasang di smartphone dan sudah masuk ke akun Shopee penjual. Tap pada menu Saya di bagian kanan bawah jendela Shopee untuk membuka profilmu.
  • Tap pada label Toko Saya yang ada di kanan atas halaman profil Shopee. kamu akan melihat berbagai menu dan pengaturan toko di halaman ini. Untuk mengatur pengiriman dan cara pembayaran, tap pada menu Jasa Kirim Saya.
  • Halaman ini memuat berbagai informasi pengiriman produk, seperti alamat pick up produk dari tokomu, pilihan pembayaran yang tersedia di tokomu, dan pilihan pengiriman yang bisa digunakan. Tap pada menu Aktifkan COD sampai tombolnya berubah menjadi hijau

Setelah selesai mengaktifkan fitur ini, kembali kemenu utama. Para pembeli akan menemukan pembayaran Shopee COD di produk yang tersedia pada toko mu. Para pembeli yang lebih suka dengan fitur ini akan tertarik sehingga akan menjadi pelanggan setia mu.

Baca Juga: 2 Cara Mengubah Nama Toko Shopee, Kamu Tidak Perlu Bingung Lagi!

3. Cara mengaktifkan pembayaran Shopee COD dari Seller center

Cara Mengaktifkan Fitur COD di Shopee untuk PenjualLogo Shopee (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Selain melalui smartphone yang kamu miliki, kamu juga bisa mengaktifkan fitur Shopee COD menggunakan Laptop atau PC yang masuk kedalam web khusus yang bernama Shopee Seller Center. Langkah yang harus dilakukan sangat mudah, berikut ini adalah caranya.

  • Jalankan aplikasi web browser yang ada di PC atau laptopmu dan pastikan kamu sudah tersambung ke jaringan internet. Kemudian ketikkan alamat Seller Center atau klik disini untuk membuka Seller Center Shopee.
  • Masuk dengan akun penjual Shopee yang sudah kamu miliki. Selanjutnya, buka bagian Pengaturan Toko untuk mengubah pengaturan yang ada. Pilih pengaturan Jasa Kirim Saya untuk mengubah pilihan metode pengiriman dan pembayaran.
  • Pilih metode pengiriman atau ekspedisi yang mendukung metode pembayaran COD, seperti misalnya J&T Ekspress. Lalu aktifkan tab yang berjudul Aktifkan COD. Simpan pengaturan yang terbaru agar pembeli bisa segera menggunakan metode pembayaran itu.

Sebenarnya metode pembayaran COD ini bisa segera aktif setelah metode pengiriman yang mendung COD sudah aktif. Tidak semua ekspedisi mendukung metode COD ini, periksa ekspedisi yang mendukung Shopee COD dan pastikan ekspedisi tersebut sudah aktif.

Pastikan kamu selalu berbelanja dengan aman dan nyaman sehingga terhindar dari penjual yang nakal. Hal ini juga berlaku pada toko kamu juga harus berhati-hati dalam berjualan sehingga terhindar dari pembeli yang nakal yang bisa merugikan tokomu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Topic:

  • Khairul Ilham
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya