Comscore Tracker

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajak

Pajak juga untuk kemakmuran rakyat lho...

Masih ada diantara kalian yang belum lapor SPT pajak? Atau bahkan tidak mau bayar pajak? Coba deh stop dulu pemikiran negatif bahwa pajak itu cuma akal-akalan pemerintah untuk ambil uang dari rakyat tanpa ada balas jasanya. Apa benar begitu? Memang, pajak merupakan kontribusi yang wajib diberikan oleh rakyat, baik sebagai orang pribadi maupun badan usaha, kepada negara yang sifatnya memaksa.

Namun, penerimaan pajak itu digunakan untuk kepentingan negara dan kemakmuran rakyatnya juga lho! Kalau dilihat berdasarkan falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya suatu kewajiban, tetapi juga merupakan hak bagi setiap warga negara untuk ikut berkontribusi dalam pembiayaan negara dan pembangunan nasional. Nah, apa saja sih manfaat yang bisa kita rasakan dari penerimaan pajak tersebut? Yuk kita lihat.

1. Infrastruktur dan fasilitas umum

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar PajakShare Cafe

Pernah lihat pembuatan jalan, pembangunan jembatan, sekolah, dan rumah ibadah? Untuk membangun itu semua, ada lho sebagian dana penerimaan pajak yang dialokasikan ke sana. Jadi, kalau selama ini kita bisa pergi dari kota ke kota dengan melewati jalan yang mulus, itu semua bisa kita nikmati karena kita telah taat membayar pajak.

2. Fasilitas pendidikan

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar PajakPru Life U.K

Tahu program-program seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Bidik Misi, dan dana bantuan operasional sekolah (BOS)? Nah, program-program tersebut juga dapat berjalan karena dana pajak yang diterima dari rakyat. Jadi, kita juga bisa ikut berkontribusi untuk dunia pendidikan bukan?

3. Fasilitas kesehatan

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar PajakPrime PLC

Dana penerimaan pajak juga digunakan dalam beberapa program untuk menunjang perbaikan kesehatan masyarakat. Dilansir dari kemenkeu.go.id, alokasi pajak untuk bidang kesehatan digunakan untuk menyediakan makanan tambahan bagi ibu hamil kurang energi kronis (KEK) serta balita kurus kekurangan gizi, untuk peningkatan pelayanan dan mutu rumah sakit, serta untuk pembiayaan JKN/KIS bagi peserta penerima bantuan iuran (PBI). Ikut senang kan kalau kita bisa bantu mereka yang kurang mampu untuk mendapat akses layanan kesehatan?

Baca Juga: Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjara

4. Kelestarian lingkungan hidup

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajakexplorewisata.com

Kalian pasti ingin kan kalau Indonesia punya hutan yang luas dan asri sehingga bisa tetap menyediakan udara segar bagi para penduduknya. Namun, tak jarang hutan ditebas untuk tujuan produksi, tetapi setelah itu lahan tersebut tidak dikembalikan lagi fungsinya sebagai hutan. Nah, untuk melakukan rehabilitasi hutan dan juga memulihkan kawasan konservasi yang rusak, digunakanlah dana dari penerimaan pajak. 

5. Keamanan dan ketertiban

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar PajakUSA Today

Siapa sih yang nggak mau tinggal di negara yang aman dan nyaman?  Dilansir dari kemenkeu.go.id, ternyata penerimaan pajak juga digunakan untuk pengadaan kendaraan-kendaraan tempur dalam memodernisasi Alutsista, untuk membangun sarana prasarana pengamanan perbatasan dalam bentuk dermaga, serta melakukan modernisasi untuk pusat komando dari KOHANUDNAS (Komando Pertahanan Udara Nasional).

Karena Indonesia merupakan negara kepualauan yang sangat luas, banyak perbatasan serta wilayah perairannya yang harus dijaga ketat, agar kekayaan negeri kita tidak diambil secara ilegal oleh pihak asing serta terhindar pula dari teror. Jadi, mau dong bantu negara dalam mempertahankan keamanannya?

6. Pengembangan transportasi umum

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajakinews.id

Kalian yang tinggal di kota-kota besar pasti kenal banget sama yang namanya macet. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi di kota-kota besar juga meningkat setiap tahunnya, terlebih untuk kendaraan roda dua. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah tentunya perlu menyediakan transportasi umum yang baik dan terjangkau untuk masyarakatnya, agar para pengguna kendaraan pribadi dapat tertarik untuk menggunakan transportasi umum.

Untuk mengembangkan alat transportasi umum, tentu dibutuhkan dana yang tidak sedikit, dan salah satunya berasal dari pajak yang kita bayarkan. Jadi, kalau kita dapat menikmati perjalanan dengan kendaraan umum yang baik, tentu nggak masalah kan untuk bayar pajak?

7. Pengembangan pariwisata

Ini 7 Manfaat yang Akan Didapatkan Kalau Kita Taat Bayar Pajakoranyenews.com

Saat ini, sektor pariwisata sedang berkembang pesat. Banyak para wisatawan asing maupun domestik yang ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata di berbagai daerah di Indonesia. Namun, mengingat banyak tempat wisata yang lokasinya agak terpencil dan sulit dalam akses transportasi, terkadang itu menyurutkan niat para wisatawan untuk datang berlibur.

Nah, dari dana penerimaan pajak, dibangunlah fasilitas dan perbaikan akses transportasi menuju lokasi-lokasi wisata tersebut. Selain itu, dana ini juga digunakan untuk membantu dalam memasarkan destinasi-destinasi wisata dalam negeri ke mancanegara. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah wisata. Jadi, bagi kamu yang suka liburan, pas senang kan kalau pajak yang kamu bayarkan bisa berguna juga untuk kegiatan liburanmu?

Nah, sudah tahu kan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dengan membayar pajak? Jadi, jangan lupa lapor SPT dan bayar pajak ya. Karena, dengan membayar pajak, kita dapat berkontribusi untuk perkembangan Negeri kita tercinta!

Baca Juga: Bayar Pajak Kendaraan Kini Bisa Dicicil

Nanda Akmalia Photo Community Writer Nanda Akmalia

Mulai mencoba kembali untuk menulis :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You