Comscore Tracker

JETRO-AUSCI Jajaki Kerja Sama Investasi Startup di Jepang

Peluang besar bagi startup untuk berinvestasi di Jepang

Jakarta, IDN Times - Japan External Trade Organization Jakarta (JETRO Jakarta) resmi menjalin kerja sama dengan Alumni University of Southern California Indonesia (AUSCI) yang bertujuan untuk mempererat hubungan bisnis antara Jepang dan Indonesia.

Adapun kerja sama antara JETRO Jakarta dan AUSCI dijembatani oleh Indogen Capital, sebuah perusahaan investasi teknologi yang kini tengah fokus berinvestasi dana untuk perkembangan startup di Indonesia.

Managing Director Indogen Capital Chandra Firmanto menjelaskan bahwa jalinan kerja sama antara JETRO Jakarta dan AUSCI merupakan salah satu langkah pihaknya membantu perusahaan-perusahaan di Jepang untuk terhubung dengan komunitas bisnis di Indonesia.

"Kami juga akan membantu JETRO untuk menemukan mitra yang tepat guna membantu dan mengarahkan melewati tantangan dan masalah saat memulai bisnis di Indonesia," ucap dia dalam virtual signing di Jakarta, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Apa Itu Angel Investor? Ini Tips agar Startup Kamu Dilirik Mereka

1. Potensi kerja sama perusahaan Jepang-Indonesia

JETRO-AUSCI Jajaki Kerja Sama Investasi Startup di Jepangindependent.co.uk

Presiden Direktur JETRO Jakarta Keishi Suzuki menyatakan, kerja sama dengan AUSCI ini bakal melibatkan banyak perusahan-perusahan potensial termasuk startup yang dimiliki oleh para anggota AUSCI.

"JETRO dan Alumni USC Indonesia akan bekerja sama mengadakan seminar dan pertemuan-pertemuan bisnis guna menemukan kemitraan potensial antara perusahaan-perusahaan Jepang dan Indonesia termasuk startup yang dimiliki oleh Alumni USC Indonesia," terang Suzuki.

2. Penjajakan investasi di Jepang

JETRO-AUSCI Jajaki Kerja Sama Investasi Startup di JepangIlustrasi investasi (IDN Times/Sukma Shakti)

Bagi AUSCI, kerja sama ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk bisa berinvestasi di Negeri Sakura mengingat AUSCI memiliki jaringan alumni cukup besar lewat lebih dari 20.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia.

"JETRO nantinya akan memberikan dukungan bagi perusahaan-perusahaan yang dikelola oleh Alumnni USC Indonesia yang tertarik berinvestasi di Jepang. Sementara kami nantinya akan memberikan informasi terkait perusahaan Alumni USC Indonesia yang memiliki minat berinvestasi di Jepang atas permintaan Jetro," jelas Presiden AUSCI Lucky Prawiro.

Baca Juga: Asosiasi: Tak Semua Bisnis Startup Jadi Tujuan Investasi

3. Peluang besar startup Indonesia

JETRO-AUSCI Jajaki Kerja Sama Investasi Startup di JepangIlustrasi startup (IDN Times/Umi Kalsum)

Kemampuan JETRO dalam mendukung perkembangan bisnis startup bekerja sama dengan perusahaan Jepang dan sebaliknya dianggap sebagai peluang besar bagi startup di Indonesia yang ingin melakukan ekspansi bisnisnya.

Chandra pun meyakini bahwa Indogen Capital dapat membantu startup baik dalam negeri maupun luar negeri mendapatkan kolaborasi strategis dengan perusahaan Jepang dan Indonesia.

"Kami di Indogen Capital siap memberikan analisa sebelum perusahaan menjalin kerja sama dengan startup yang tepat sebab tak semua startup besar akan menjadi mitra yang tepat untuk beberapa perusahaan," tutur dia.

Bukan hanya itu, Chandra juga menyatakan bahwa basis data Indogen Capital cukup kuat terkait ekosistem startup khususnya di Indonesia dan umumnya di Asia Tenggara. Hal tersebut diklaim Chandra mampu menjadikan mereka kapabel dalam menemukan kemitraan yang tepat bagi startup di Indonesia dan perusahaan-perusahaan di Jepang.

Baca Juga: Luhut: Jepang Bakal Investasi Rp57 Triliun ke Indonesia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya