Comscore Tracker

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk Investasi

Apa itu saham blue chip? 

Jakarta, IDN Times - Investasi yang paling populer dan sering dipilih oleh investor adalah investasi saham. Namun, sebagai instrumen investasi, pilihan saham di bursa sangat banyak sekali. Bahkan, pembagian saham di bursa tersebut memiliki istilahnya sendiri. 

Adapun maksud istilah tersebut adalah seperti saham blue chip, second tier, hingga saham gorengan. Dari ketiga istilah pembagian saham tersebut, saham yang memiliki reputasi bagus ada pada bagian blue chip. 

Saham blue chip adalah saham-saham yang kapitalisasi atau yang nilainya luar biasa besar dan merupakan penggerak utama arah IHSG, karena perusahaan yang kapitalisasinya besar tentu memiliki bobot yang lebih tinggi dan memiliki pertumbuhan yang baik dari waktu ke waktu.

Dari sekian banyak pilihan saham blue chip yang ada pada bursa, saham-saham blue chip terbaik berikut ini bisa kamu pilih untuk investasi. 

Baca Juga: 5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahui

1. Bank Central Asia (BCA) – BBCA

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiGedung Bank BCA (Website/bca.co.id)

Saham BCA memiliki volume 11.378.100 lembar saham dengan harga terakhir Rp31.950. Inilah yang membuat saham BCA Return on Asset (ROA) yang dimiliki oleh salah satu saham blue chip terbaik ini cukup tinggi bila dibandingkan dengan bank lain.

Di 2020, Bank BCA membagikan dividen final pembukuan 2019 sebesar Rp455 per lembar saham. Sebelumnya, BEI telah membayar dividen interim sebesar Rp100 per saham pada Desember 2019. Jadi, total dividen yang diberikan BCA sebanyak Rp555 per saham.

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI) – BBRI

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiGedung Bank BRI (Dok. Bank BRI)

Saham blue chip terbaik lainnya yang bisa kamu pilih untuk investasi adalah saham Bank BRI dengan kode BBRI. Saham BBRI memiliki performa yang baik serta tergolong aktif dalam perdagangan bursa efek. 

Hal ini terbukti dari kapitalisasi pasar BBRI yang fantastis sebesar Rp372,35 triliun per 31 Maret 2020. Bahkan jumlah saham BRI yang beredar di market mencapai 123.345.810.000. Kinerja yang cukup baik ini turut dipengaruhi oleh komitmen yang kuat BRI dalam memberikan kredit pada usaha kecil seperti UMKM dan melakukan stock split yang bertujuan untuk menarik minat masyarakat terhadap saham ini.

Baca Juga: Terdaftar di OJK, 7 Aplikasi Saham Online yang Aman untuk Investasi

3. Unilever – UNVR

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk Investasiunilever.co.id

Sejak 2014, unilever memiliki ROE 100 persen dan mencapai 14 persen pada tahun 2018. Keuntungan dari Unilever mencapai Rp9 triliun pada 2018 lalu. Dengan tingginya ROE ini, membuktikan bahwa Unilever mampu menghasilkan laba secara rutin yang dapat dibagikan kepada para pemegang saham.

Menariknya lagi, saham ini tidak memiliki hutang bank karena telah memiliki pendapatan yang sangat besar dibandingkan dengan aset perusahaan. 

4. Telkom Indonesia – TLKM

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiLogo Telkom Indonesia (Website/telkom.co.id)

Telekomunikasi Indonesia atau Telkom juga tergolong saham blue chip karena memiliki konsistensi tinggi dalam memperoleh laba bersih dari tahun ke tahun. Meskipun kondisi ekonomi sedang tak pasti, kondisi saham Telkom cenderung stabil dan tidak anjlok.

ROE Telkom terus bertumbuh sebesar 22,03 persen serta rutin membagikan dividen kepada pemegang saham setiap tahunnya. Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini, dividen payout Telkom meningkat dari 40 persen menjadi 90 persen profit.

Mengingat Telkom merupakan perusahaan penguasa di bidang telekomunikasi, tidak heran jika saham Telkom cenderung diburu oleh investor lantaran memiliki nilai yang tidak turun terutama untuk jangka waktu panjang.

Baca Juga: Jurus Sukses Investasi Saham ala Lo Kheng Hong, Yuk Coba Biar Cuan

5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk – ICBP

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk Investasi

Perusahaan yang menghasilkan produk Indomie ini mempunyai saham blue chip terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi. Hal ini karena saham dengan kode ICBP ini cukup mapan dan memiliki fundamental baik di pasar.

Selain itu, saham tersebut juga dipengaruhi oleh kinerja perusahaan yang mampu menghasilkan laba dengan ROE hingga 21 persen dan ROA sebesar 13,7 persen. Angka ini tergolong sangat jauh di atas rata-rata saham perusahaan produsen makanan di bursa.

6. Bank Mandiri – BMRI

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiGedung Bank Mandiri (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Saham Bank Mandiri dengan kode BMRI juga menjadi salah satu saham blue chip yang bisa kamu pilih untuk investasi. Kinerja saham Bank Mandiri tahun lalu mencatatkan pertumbuhan 9,9 persen dibandingkan tahun sebelumnya, serta memiliki laba bersih senilai Rp27,5 triliun.

Saham ini menjadi blue chip juga karena Bank Mandiri memiliki performa jangka panjang yang return-nya stabil sehingga cocok diinvestasikan dalam jangka panjang. Hal ini juga sejalan dengan posisi Bank Mandiri sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia.

7. PT Perusahaan Gas Negara – PGAS

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiPT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN). Dok: Pertamina

Perusahaan BUMN milik Indonesia yang bergerak di bidang transportasi dan distribusi gas bumi ini mempunyai saham blue chip yang layak dikoleksi karena memiliki peluang yang bagus. Performa PGAS secara keseluruhan sangat prima dan memiliki fundamental baik, juga pertumbuhan yang baik.

Harga per lembar saham dengan kode PGAS ini mencapai Rp1.215, yang mana naik dari harga di tahun 2019 lalu, yakni Rp605 per lembar sahamnya. Hal ini menunjukkan bahwa saham PGAS merupakan saham blue chip yang cocok dipilih untuk investasi.

8. PT Astra International Tbk – ASII

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiMenara Astra (Dok. Istimewa/Astra)

Saham dari PT Astra International Tbk juga tergolong sebagai salah satu saham blue chip terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi. Saham dari Astra layak untuk dikoleksi karena memiliki potensi capital gain yang tinggi. 

Pada masa pandemik ini, saat harga saham jatuh, saham Astra bisa dibeli dengan harga yang murah. Lalu, nantinya, saham blue chip ini memiliki potensi untuk terus meningkat karena memiliki fundamental baik.

9. PT Bank Negara Indonesia – BBNI

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiGedung BNI. (Dok. BNI)

Saham blue chip lain yang bisa kamu pilih untuk investasi adalah saham dari PT Bank BNI dengan kode BBNI. DI BEI, saham milik perbankan BUMN ini memimpin daftar saham teraktif yang paling diincar oleh investor asing. Hal ini terbukti dari adanya total pembelian saham oleh investor asing atas BBNI yang mencapai 8,25 juta lembar saham.

10. United Tractors Tbk – UNTR

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk Investasiinstagram. com / United tractors. career

United Tractors merupakan perusahaan distributor alat berat ternama dan terbesar di Indonesia. Perusahaan ini memiliki laba bersih mencapai Rp7,2 triliun dengan pendapatan Rp75,1 triliun pada akhir Juni 2020 lalu. 

Dengan kondisi tersebut, saham milik perusahaan ini dengan kode UNTR tergolong sebagai saham blue chip yang cukup mapan dan bisa kamu pilih untuk investasi. 

11. Aneka Tambang Tbk – ANTM

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiPetugas menunjukkan emas batangan yang dijual di Butik Emas Antam, Jakarta, pada 28 Juli 2020. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Aneka Tambang atau Antam adalah perusahaan yang aktif bergerak di bidang eksplorasi, penambangan. Saham milik perusahaan BUMN ini merupakan tergolong sebagai saham blue chip terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi. 

Saham ini telah diperdagangkan hingga 202,97 juta lembar saham. Nilai transaksinya mencapai Rp172,30 miliar. Meskipun harga saham ini sempat naik turun dan bergejolak karena kondisi ekonomi yang kurang stabil, namun pergerakan saham ini tergolong mapan dan memiliki fundamental baik.

12. PT Gudang Garam Tbk – GGRM

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiPT Gudang Garam (Google Street View)

Saham perusahaan rokok ini juga termasuk sebagai saham blue chip yang bisa kamu pilih untuk investasi. Kinerja saham dengan kode GGRM ini diprediksi akan meningkat tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. Hal ini karena penjualan rokok pada kuartal II di tahun 2020 tetap stabil meskipun sedang dalam masa pandemi COVID-19.

Sebagai informasi, pendapatan Gudang Garam hanya turun 0,6 persen saja, mengalahkan HM Sampoerna yang turun 21,8 persen secara year on year. Dari segi valuasi, Gudang Garam juga cukup atraktif meskipun daya beli masyarakat sedang turun saat ini.

13. HM Sampoerna Tbk – HMSP

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiPT HM Sampoerna/en.wikipedia.org/wiki/Sampoerna

Perusahaan rokok lainnya yang juga memiliki saham blue chip terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi adalah saham Sampoerna dengan kode HMSP. Kamu bisa memilihnya karena saham ini tergolong mapan dan memiliki capital gain ketika dijadikan investasi jangka panjang.

Meski saham Sampoerna sempat mengalami penurunan volume penjualan, namun sekuritas masih merekomendasikan pemegang saham untuk hold atau menahan saham ini. 

14. PT Mayora Indah Tbk – MYOR

Daftar 14 Saham Blue Chip Terbaik yang Bisa Kamu Pilih untuk InvestasiBank Mayora/Portal Alamat

Mayora merupakan perusahaan makanan dan minuman atau consumer goods yang didirikan pada 1977. Perusahaan yang memproduksi produk seperti Astor, Energen, Torabika, Kopiko, dan sebagainya ini, memiliki saham blue chip terbaik yang bisa kamu pilih untuk investasi.

Meskipun saham dari PT Mayora ini memang sempat jatuh bangun tahun ini, kemapanan perusahaan membuat saham Mayora termasuk dalam kelompok saham blue chip. 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya