Comscore Tracker

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahui

Penting banget untuk kamu para dividen hunter

Buat para investor saham jangka panjang tentu sudah tak asing lagi dengan istilah pembagian dividen. Dividen merupakan bagi hasil dari laba perusahaan yang akan diberikan kepada para pemegang saham, dikalikan dengan jumlah lot yang dimiliki. Pembagian dividen menjadi waktu yang paling dinantikan karena kamu bisa menerima sejumlah uang yang akan langsung masuk ke RDN (Rekening Dana Nasabah).

Namun, jangan sampai terjebak karena tak semua pemilik saham bisa mendapatkan dividen, lho. Kamu harus tahu lima istilah berikut agar kamu bisa mendapatkan dividen dari emiten yang kamu miliki. Apa saja istilah penting tersebut?

1. Declaration date

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahuiilustrasi membaca koran bisnis (unsplash.com/adeolueletu)

Tanggal deklarasi merupakan waktu diumumkannya beberapa hal terkait pembagian dividen. Pihak manajemen akan memberikan informasi mengenai bentuk dividen, berapa jumlah dividen yang akan kamu dapat per lembar saham.

Kapan jadwal-jadwal penting dalam pembagian dividen seperti cum date, ex date, recording date dan juga payment date. Semuanya diumumkan pada saat declaration date, jadi setiap orang atau pun pemegang saham dapat bersiap pada tanggal-tanggal penting tersebut.

2. Cumulative date

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahuiilustrasi membaca grafik saham (unsplash.com/mayofi)

Biasa disingkat dengan cum date, merupakan tanggal terakhir dimana ketika kamu membeli sebuah saham maka kamu bisa tercatat sebagai penerima dividennya. Tanggal tersebut merupakan batas terakhir membeli saham, karena setelah tanggal tersebut meski kamu memiliki sahamnya kamu tidak bisa menerima dividennya.

Misalnya cum date dari kode saham ABC adalah pada 1 September 2021, maka ketika kamu membeli sebelum tanggal tersebut kamu akan mendapatkan dividennya. Meski kamu baru memiliki sahamnya satu hari saja.

3. Expired date

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahuiilustrasi grafik pergerakan saham (unsplash.com/techdailyca)

Kebalikan dari cum date, ex date merupakan tanggal dimana ketika kamu membeli saham pada hari tersebut kamu tidak lagi berhak mendapatkan dividennya. Seperti namanya expired, artinya waktu kadaluwarsa dimana pembelian kamu tidak akan dihitung dalam pembagian dividen nantinya.

Biasanya tanggal ex date jatuh di hari berikutnya setelah cum date, jika cum date pada 1 September 2021, maka ex date dijadwalkan pada 2 September 2021. Menariknya, jika kamu sebelumnya telah memiliki saham perusahaan dan menjualnya pada saat ex date, maka kamu tetap terhitung sebagai penerima dividen, lho.

4. Recording date

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahuiilustrasi mencatat pergerakan saham (unsplash.com/homajob)

Record atau pencatatan merupakan tanggal dimana pihak manajemen mendata siapa saja pemegang saham yang berhak untuk menerima atau tidak menerima dividen.

Dilansir dari KSEI, jadwal recording date adalah T+2 dari ex date atau T+3 dari cum date. Nah, jadi kamu bisa tentukan, nih, kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah saham agar bisa mendapatkan dividennya.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini 6 Perbedaan Reksadana Saham dan Investasi Saham

5. Payment date

5 Istilah dalam Pembagian Dividen Investasi Saham yang Harus Diketahuiilustrasi pembagian dividen saham (unsplash.com/jpvalery)

Waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba, payment date merupakan tanggal yang ditetapkan oleh perusahaan untuk membagi dividen yang biasanya berupa uang tunai ke RDN kamu. Uang yang akan kamu dapatkan berkisar 2--3 minggu setelah ex date dan akan diterima oleh setiap pemegang saham sebelum ex date perusahaan tersebut.

Dividen tunai ditetapkan untuk setiap lembar saham yang dipegang oleh investor. Misalnya dividen sebesar Rp25,00 per lembar, jika kamu memiliki 1 lot maka kamu akan menerima sebesar Rp2.500.

Setelah memahami lima tanggal penting dari istilah di atas kamu sudah tahu kapan waktu terbaik untuk membeli atau menjual sahammu. Jadi, selain profit dari capital gain kamu juga bisa dapat profit dari dividen. Selamat berinvestasi!

It's Me, Sire Photo Verified Writer It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kalyana Dhisty

Berita Terkini Lainnya