Comscore Tracker

Aplikasi: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Penjelasan apa itu aplikasi

Dunia perbankan selalu menyediakan berbagai layanan yang update dan menggunakan berbagai teknologi terbaru. Tujuannya tentu jelas, yakni untuk memenuhi semua kebutuhan nasabah dengan sebaik mungkin. 

Di dalam perjalanannya, bank juga banyak menyediakan berbagai produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat luas. Namun hal ini tentu harus diawali dengan sejumlah syarat, termasuk dengan mengisi berbagai aplikasi yang sudah disediakan oleh bank sejak awal.

Apa itu aplikasi? Berikut penjelasan aplikasi adalah terutama dalam konteks dunia perbankan. Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Netflix Siapkan Fitur Gaming di Aplikasi, Bikin Penasaran

1. Pengertian aplikasi

Aplikasi: Pengertian, Jenis dan FungsinyaIlustrasi online (Pexels.com/rawpixel.com)

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dapat di artikan aplikasi adalah sebagai hasil karya dalam seni jahit menjahit, di mana hal ini dilakukan dengan cara menempelkan maupun menjahit guntingan-guntingan kain yang telah dibentuk dengan pola tertentu (bunga, buah, dan yang lainnya) kepada kain lainnya sebagai hiasan. 

Masih berdasarkan KBBI, aplikasi juga bisa diartikan sebagai lamaran, pendaftaran, atau permohonan atas sesuatu. Misalnya: Laki-laki muda itu menemukan aplikasi pengajuan pinjaman pada bank “x” beberapa hari yang lalu, Nisa mengajukan aplikasi untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. 

Sedangkan menurut penjelasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), aplikasi adalah formulir permohonan yang wajib diisi oleh nasabah maupun calon nasabah untuk mencatat berbagai informasi yang diperlukan oleh pihak bank. 

Jika melihat penjelasan yang diberikan oleh OJK, aplikasi ini lebih spesifik mengacu pada lembaran formulir yang biasanya akan diberikan dan harus diisi nasabah maupun calon nasabah untuk berbagai layanan perbankan. 

Di dalam prakteknya, bank akan membutuhkan berbagai informasi terkait nasabah maupun calon nasabah yang akan menggunakan layanan atau produk mereka. Berbagai informasi inilah yang akan dituliskan pada lembaran aplikasi yang disediakan oleh pihak bank. 

Biasanya aplikasi akan memuat berbagai informasi pribadi nasabah maupun calon nasabah, seperti: nama lengkap, nomor identitas diri, alamat dan nomor telepon, nama ibu kandung, pekerjaan, dan yang lainnya. Seluruh kolom informasi harus dilengkapi dengan baik, sehingga permohonan layanan/ produk yang diajukan bisa diproses oleh pihak bank. 

Baca Juga: Ini 3 Perbedaan Internet Banking dan Mobile Banking

2. Jenis-jenis aplikasi yang digunakan bank dan juga fungsinya

Aplikasi: Pengertian, Jenis dan FungsinyaIDN Times/Helmi Shemi

Dalam menjalankan bisnisnya, bank memiliki beberapa jenis aplikasi yang disediakan untuk kebutuhan pengajuan layanan mereka, antara lain:

  • Aplikasi Kredit

Aplikasi kredit merupakan formulir yang akan diisi oleh nasabah maupun calon nasabah yang ingin mengajukan pinjaman ke bank. Berbagai informasi dalam aplikasi ini akan dipakai untuk melihat beberapa hal terkait nasabah yang bersangkutan, seperti: riwayat kredit, kemampuan bayar, penghasilan, dan yang lainnya.  

  • Aplikasi Hipotek

Dokumen ini adalah formulir yang akan digunakan nasabah untuk mengajukan pembelian properti dalam bentuk kredit, seperti ruko maupun rumah. Aplikasi ini juga akan memuat berbagai informasi terkait pemohon, terutama yang bersifat vital seperti pekerjaan dan juga penghasilan. Bank akan menjadikan ini sebagai pertimbangan penting, sebab kredit properti seperti ini akan melibatkan uang dalam jumlah yang sangat besar. 

  • Aplikasi Pembukaan Rekening

Formulir ini merupakan lembaran yang memuat berbagai informasi tentang nasabah maupun calon nasabah yang ingin memiliki rekening atau menggunakan layanan tertentu dari bank. Misalnya: pembukaan rekening tabungan, deposito, kartu kredit, dan yang lainnya. 

Baca Juga: PayPal Mau Bikin Layanan Investasi Saham di Aplikasinya

3. Aplikasi menjadi formulir penting di dalam dunia perbankan

Aplikasi: Pengertian, Jenis dan Fungsinyaunsplash.com/William Iven

Menggunakan aplikasi merupakan hal yang sudah lazim dilakukan di dunia perbankan. Pada dasarnya aplikasi akan memuat berbagai informasi vital tentang nasabah ataupun calon nasabah yang membutuhkan layanan perbankan.

Berbagai informasi ini akan memudahkan pihak bank untuk memproses pengajuan kredit dan hal lainnya yang dilakukan nasabah. Selain itu, informasi dalam aplikasi juga akan menjadi salah satu pertimbangan bank dalam mengambil keputusan terhadap permohonan tersebut.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya