Comscore Tracker

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!

Cukup populer di sekitarmu, nih!

Pizza, spaghetti, lasagna, hingga tiramisu merupakan makanan-makanan yang sudah tak asing lagi di sekitarmu. Bahkan, ada berbagai macam variasinya yang membuat hidangan-hidangan tersebut makin menarik untuk dicicipi. Apakah kamu tahu jika semua makanan itu berasal dari Italia?

Benar! Pizza, spaghetti, lasagna, dan tiramisu merupakan makanan khas Italia yang telah mendunia, hingga ke Indonesia. Tak hanya itu, terdapat pula makanan lezat khas Italia lainnya yang harus kamu ketahui. Yuk, simak ulasannya!

1. Pizza

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!delish.com

Tak hanya di Italia, makanan yang satu ini populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Hidangan berbentuk lingkaran dengan potongan segitiga ini merupakan salah satu makanan khas Italia yang terpopuler. Pizza terbuat dari adonan roti pipih yang dipanggang dan diberi berbagai macam topping dan saus di atasnya.

Salah satu pizza tradisional Italia yang paling sederhana ialah pizza margherita dengan saus tomat, keju mozarella, dan daun basil di atasnya. Kini, pizza telah memiliki berbagai macam variasi topping dan rasa. Pizza seperti apakah yang menjadi favoritmu?

2. Bruschetta

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!jessicagavin.com

Hidangan ini kerap menjadi makanan pembuka alias appetizer di Italia. Bruschetta terbuat dari roti panggang renyah yang dibumbui dengan bawang putih, garam, kemangi, minyak zaitun, dan diberi tomat di atasnya.

Terdapat pula variasi lain dari bruschetta yang memiliki topping hati ayam dan kangkung di bagian atasnya, lho!

3. Bistecca fiorentina

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!greatitalianchefs.com

Pencinta steik wajib banget mencoba bistecca fiorentina kala berkunjung ke Italia. Steik yang satu ini terbuat dari bagian tulang T alias T-bone dari sapi. Steik yang tebal ini memiliki keunikan yakni matang pada bagian luar, tetapi masih rare alias belum matang pada bagian dalamnya. Tertarik untuk mencoba?

4. Gelato

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!theculturetrip.com

Gelato adalah es krim khas Italia yang memiliki perbedaan dari es krim yang biasa kamu temui. Proses pembuatan gelato menggunakan susu yang lebih banyak dan krim yang lebih sedikit dibandingkan es krim biasa, sehingga kandungan lemak dalam gelato pun lebih rendah.

Teksturnya yang lebih padat dan halus dari es krim biasa menjadikan cita rasa gelato lebih berasa, nih! Gelato pun hadir dengan berbagai macam rasa, mulai dari cokelat, stroberi, panna cotta, lemon, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu, lebih suka es krim atau gelato, nih?

5. Lasagna

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!cookingclassy.com

Tak kalah dari pizza, lasagna juga merupakan salah satu hidangan khas Italia yang populer. Makanan ini terbuat dari pasta jenis lasagna yang memiliki ciri khas bentuk persegi panjang yang lebar. Pasta tersebut pun dipanggang secara berlapis-lapis, lho!

Saat proses pembuatannya, makanan ini dicampur dengan daging, tomat, keju, dan saus bechamel yang terbuat dari susu dan berwarna putih. Saat disantap, kamu akan merasakan sensasi creamy dan lezat yang berlapis-lapis dari lasagna! 

Baca Juga: Resep Potato Gnoochi, Makanan Khas Italia yang Lembut dan Gurih

6. Ribollita

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!taste.com.au

Makanan khas Italia yang satu ini cocok banget untuk menghangatkan diri, nih! 

Ribollita adalah sup tradisional Italia yang berisi sayuran, kacang-kacangan, dan roti. Sup ini pun kerap dicampur dengan minyak zaitun dan keju parmesan agar makin lezat. Taburan crouton alias potongan roti yang dipanggang hingga renyah juga kerap terdapat di atas ribollita. 

7. Spaghetti carbonara

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!taste.com.au

Spaghetti merupakan makanan khas Italia yang telah mendunia. Salah satu spaghetti ala Italia yang terpopuler ialah spaghetti carbonara. Hidangan yang satu ini terbuat dari pasta spaghetti yang dikenal dengan bentuknya yang tipis dan panjang, yang dicampur dengan potongan daging sapi, keju, susu, serta bubuk kuning telur. Tekstur yang creamy dan rasa yang lezat menjadi daya tarik makanan ini, nih!

8. Risotto

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!tasteofhome.com

Bukan dari pasta atau roti, risotto ialah hidangan tradisional Italia yang terbuat dari nasi. Terbuat dari nasi dan kaldu yang telah dihangatkan, risotto menawakan sensasi memakan nasi dengan tekstur yang creamy. Terkadang, penambahan mentega dan keju juga dilakukan selama proses pembuatannya. Jadi lapar, deh!

9. Focaccia

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!bakefromscratch.com

Berbahan dasar sama dengan pizza, hidangan khas Italia yang satu ini menggunakan lebih banyak ragi dalam proses pembuatannya. Oleh karena itu, focaccia pun lebih mengembang dan pulen bak roti dibandingkan pizza.

Focaccia biasanya dibumbui dengan minyak zaitun dan diberi topping berupa tomat, keju, bawang putih, hingga rempah-rempah. Makanan khas Italia ini bisa disantap sebagai makanan pembuka, lauk, camilan, ataupun makanan penutup.

10. Tiramisu

10 Makanan Khas Italia yang Lezat Banget, Ada Pizza dan Spaghetti!alsothecrumbsplease.com

Sebagai penutup, terdapat tiramisu yang termasuk salah satu makanan penutup terpopuler di Italia. Pasti kamu pun kerap menjumpai dessert ini di sekitarmu, 'kan? Makanan penutup ala Italia yang satu ini memiliki cita rasa yang lezat, perpaduan dari cokelat dan kopi. 

Tiramisu terbuat dari biskuit lady finger, keju mascarpone, espresso, gula, dan telur yang dibuat berlapis-lapis. Lalu, bagian atas dessert ini pun ditaburi dengan bubuk cokelat yang memperkaya rasanya. Cocok banget menjadi hidangan pencuci mulut, ya!

Wah, melihat 10 makanan khas Italia di atas sukses bikin lapar, ya! Hidangan ala Italia manakah yang sudah pernah, atau bahkan sering kamu makan dan menjadi makanan favoritmu? Yuk, tulis komentarmu di bawah, ya!

Baca Juga: 5 Pasta Paling Populer di Italia, Gak Cuma Spaghetti Bolognese, Lho!

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya