Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!

Salah satunya dapat menurunkan berat badan

Teh adalah minuman yang nikmat untuk diminum ketika hujan tiba atau dinikmati dengan es siang hari saat udara sedang panas-panasnya. Tetapi, tahukah kamu bahwa teh yang banyak manfaatnya adalah ketika diminum panas tanpa gula atau biasa disebut teh tawar panas?

Tak adanya gula pada teh tawar panas membuat minuman teh tidak memiliki kalori. Aroma teh juga lebih terasa seperti aslinya dan kamu juga bisa mengambil khasiat minuman teh tawar panas seperti penjelasan berikut ini.

1. Dapat meningkatkan imunitas pada tubuh

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!Pixabay

Jika kamusedang mengalami flu atau pilek, badan akan terasa lebih enak setelah minum teh tawar panas. Hal ini dikarenakan di dalam teh memiliki kandungan theanine yang baik bagi tubuh. Minum teh tawar panas juga bisa membuat badan kamu menjadi berkeringat hingga merasa bugar lagi. 

Secangkir teh mengandung kurang lebih 20 mg theanine yang menghasilkan asam amino. Fungsinya untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh pada seseorang.

Dianjurkan untuk meminum perpaduan antara chamomile dan teh hijau. Perpaduan ini menjadikan tubuh dan pikiran lebih rileks serta dapat memproduksi sel darah putih yang fungsinya untuk meningkatan sistem kekebalan (imun) tubuh. 

2. Dapat mengurangi terkena penyakit jantung

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!blogdokter.net

Menurut penelitian yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, meminum teh tiga kali atau lebih dalam sepekan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Peminum teh juga memiliki risiko penyakit jantung dan stroke lebih rendah 20 persen dari orang yang tidak minum teh.

Teh yang direkomendasikan adalah teh hijau dan teh hitam. Dengan meminum teh tawar panas dapat memperbaiki fungsi pembuluh darah dan mengontrol pembekuan darah dalam tubuh seseorang. Diusahakan untuk selalu rutin minum teh setiap harinya.

Baca Juga: 5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!

3. Mencegah terjadi kerusakan sel

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!twitter.com/aimanalif00

Teh memiliki kandungan flavonoid yaitu senyawa alami yang memiliki sifat antioksidan. Antioksidan sangat berperan penting bagi tubuh dari radikal bebas yang dapat mengancam kerusakan sel pada tubuh.

Radikal bebas adalah musuh terbesar kesehatan seseorang apalagi jika radikal jumlahnya banyak dan tidak terkontrol. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh melalui reaktivitas kimia yang tinggi.

Dengan minum teh tawar panas, dapat menetralkan radikal bebas yang ada pada tubuh seseorang karena teh memiliki kandungan aktioksidan yang tinggi untuk mengurangi atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas.

4. Dapat menurunkan berat badan

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!Danielle Pilon

Teh tawar panas ini adalah minuman yang paling cocok untuk yang ingin diet. Tanpa pemanis seperti gula, susu, dan krimer pada teh tawar menjadikan minuman ini tidak memiliki kalori sehingga aman bagi pejuang diet. 

Teh hijau adalah teh yang cocok untuk dijadikan minuman teh tawar panas guna menurunkan berat badan. Jika kamu minum teh ini secara rutin selama 12 minggu, maka dapat menurunkan berat 1 - 2 kg. Namun ingat, supaya berat badan lebih cepat turun harus juga diimbangi dengan olahraga secara rutin setiap harinya.

5. Dapat membantu melancarkan pencernaan

5 Alasan Kamu Harus Sering Minum Teh Tawar Panas, Banyak Manfaat!Pixabay

Seringkali ketika kamu sakit perut saat di sekolah selalu diberi minuman teh tawar panas oleh petugas UKS. Hal ini disebabkan karena teh tawar panas dapat membantu menenangkan rasa mual atau muntah karena sakit perut yang dialami.

Selain itu, teh tawar panas juga dapat membantu mengobati diare secara efektif. Teh yang digunakan sebaiknya teh hitam dipadukan dengan jahe dan disuguhkan dalam keadaan panas tanpa diberi gula atau pemanis lainnya.

Ternyata teh tawar panas punya banyak manfaat sehat ya. Nah, apakah kamu juga doyan minum teh jenis ini?

Baca Juga: Beda Thai Tea, Teh Tarik, dan Teh Susu, Serupa tapi Tak Sama

Alqis Bahnan Photo Writer Alqis Bahnan

Pelajar yang belajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya