Comscore Tracker

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan Waisak

Didominasi cita rasa pedas gurih, bikin nuansa kian hangat

Hari Raya Waisak di tahun ini dirayakan pada Senin, 15 Mei 2022. Sama seperti perayaan hari besar keagamaan lainnya, saat Waisak juga terdapat makanan khas yang kerap disajikan oleh mereka penganut agama Buddha.

Khusus bagi masyarakat Indonesia, berikut makanan yang selalu dihidangkan untuk mereka merayakan Waisak. Ada apa saja ya, yuk intip keragaman kuliner berikut ini!

1. Tempoyak

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan WaisakTempoyak (instagram.com/pajoan_khas_jambi)

Tempoyak merupakan makanan khas tanah Melayu, terbuat dari daging buah durian yang telah matang kemudian difementasi bersama campuran sedikit garam hingga satu minggu lamanya. Setelah melalui proses fermentasi, tempoyak dapat langsung dikonsumsi maupun dimasak menjadi sambal hingga pepes ikan.

Perpaduan cita rasa asam pedas serta tekstur daging ikan yang lembut, menjadikan tempoyak sangat cocok dinikmati bareng nasi putih. Suasana perayaan Waisak menjadi kian hangat, ya.

2. Nasi gemuk

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan WaisakNasi gemuk (instagram.com/oppakuliner)

Jika di Betawi ada nasi uduk, maka di Jambi ada pula nasi gemuk. Oleh masyarakat Jambi yang beragama Buddha, nasi gemuk kerap disajikan sebagai makanan spesial kala perayaan Waisak tiba. Nasi gemuk terdiri dari beras yang dimasak bersama santan, daun pandan, daun jeruk, serta daun salam.

Memunculkan aroma wangi serta gurih khas, tak lupa nasinya dilengkapi dengan beragam lauk seperti telur rebus, kacang teri kering, bawang goreng, sambal, dan kerupuk. Ragam lauk yang mengelilingi nasi inilah selalu jadi keistimewaan tersendiri dalam hidangan nasi gemuk, lho. Dijamin, seketika bakal ketagihan, alhasil bikin kamu gemuk, nih!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Berbagai Negara yang Disajikan saat Hari Raya Waisak

3. Kue burgo

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan WaisakKue burgo (instagram.com/kuduskulineran)

Selain nasi gemuk, perayaan Waisak juga bakalan kurang lengkap tanpa kehadiran kue burgo. Kue burgo terbuat dari campuran tepung beras dan tepung yang didadar, digulung, lalu dipotong-potong.

Selanjutnya, kue burgo disajikan bersama kuah dari santan, kaldu ikan, ataupun kaldu udang. Selain itu, kue burgo tak lupa juga diberi potongan telur rebus serta taburan bawang goreng. 

4. Nasi lesah

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan WaisakNasi lesah (instagram.com/javafoodie)

Nasi lesah bisa dibilang merupakan sajian soto khas Magelang karena memiliki tampilan yang serupa dengan isiannya terdiri dari ayam suwir, taoge, dan bihun. Tak hanya itu, kuliner berkuah ini juga ditambahkan nasi sebagai ciri khas. 

Serta tidak lupa disajikan bersama pelengkap sambal dan gorengan. Sensasi rasa dominan nasi lesah yang menghangatkan sangat related dengan kondisi wilayah Magelang yang cenderung dingin.

5. Mangut beong

5 Makanan Khas Indonesia yang Disajikan saat Perayaan WaisakMangut beong (instagram.com/gedeinperut)

Saat merayakan Waisak di daerah Magelang, kamu juga gak melulu bisa mencicipi kelezatan nasi lesah tapi juga mangut beong. Sesuai namanya, masakan bercita rasa pedas ini terbuat dari ikan beong yang dimasak bersama kuah rempah.

Selain terdapat kuah berwarna kemerahan, pun juga ada yang gurih santan dengan ciri khas kekuningan. Apa pun jenis kuahnya, semua kenikmatan mangut beong tak perlu diragukan.

Nah, buat kamu yang merayakan Waisak, adakah menu selain makanan di atas yang kerap dihidangkan saat perayaan spesial tersebut. Tulis kolom komentar di bawah ini, ya!

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Kaltim dari Makanan hingga Aksesori Menarik

Amir Rosadi Photo Verified Writer Amir Rosadi

It's never too late to start something positive

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya