Comscore Tracker

Ucapan dan Doa untuk Merayakan Hari Raya Waisak 2022

Selamat Hari Raya Waisak

Jakarta, IDN Times - Perayaan hari Waisak 2022 yang jatuh pada hari ini, Senin (16/5/2022), bagi umat Buddha sekaligus memperingati tiga peristiwa suci (trisuci) yakni lahirnya Sidharta Gautama, penemu sekaligus pelopor agama Buddha.

Peristiwa kedua yakni tercapainya Sidharta Gautama pada tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta peristiwa Buddha Gautama wafat. Perayaan Waisak diperingati sebagai wujud untuk mengenang, menghormati, dan melanjutkan ajaran Buddha. 

Perayaan Waisak juga identik dengan momen saling mendoakan pada satu sama lainnya, berikut adalah ucapan-ucapan yang dapat digunakan untuk merayakan Hari Raya Waisak 2022.

Baca Juga: Sekilas Sejarah dan Makna Hari Raya Tri Suci Waisak

1. Memanfaatkan kutipan Buddha

Ucapan dan Doa untuk Merayakan Hari Raya Waisak 2022Ilustrasi Big Buddha, Thailand (IDN Times/Dwifantya Aquina)

Berikut beberapa kutipan Buddha yang bisa menjadi ucapan pada Hari Waisak:

  • "Keberagaman yang ada di Indonesia dapat dijaga dengan persaudaraan sejati dan gotong-royong dengan mengembangkan cinta kasih." Selamat memperingati hari Raya Trisuci Waisak 2022.
  • "Ribuan lilin dapat dinyalakan dari satu lilin dan nyalanya tidak akan berkurang. Begitu pun kebahagiaan tidak akan pernah berkurang walau dibagi-bagi." - Siddhartha Gautama (Gautama Buddha).

    Mari jadikan hari baik nan suci ini sebagai pengingat untuk saling membantu dan berbagi pada masa sulit ini. Selamat memperingati hari Raya Trisuci Waisak 2022.

  • "Kata-kata memiliki kekuatan untuk menghancurkan dan menyembuhkan. Ketika kata-kata itu benar dan baik, mereka dapat mengubah dunia kita." – Siddhartha Gautama (Gautama Buddha).

    Selamat merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2022!

2. Saling mengucapkan doa dan harapan pada hari yang suci

Ucapan dan Doa untuk Merayakan Hari Raya Waisak 2022Dok. IDN Times
  • Selamat Hari Raya Waisak 16 Mei 2022.
    Semoga hidup Anda dan keluarga selalu dipenuhi dengan keberkahan, kedamaian, dan kebahagiaan.

  • Selamat dan damai Waisak untukmu. Bersinarlah bersama cahaya Waisak.

  • Selamat Hari Raya Waisak 2022. Menerapkan ajaran Buddha menjadi satu cara bahagia dan mendapat ketulusan hati. Semoga Hari Raya Waisak 2022 selalu memberikan kedamaian untuk dunia.
  • Selamat Hari Raya Waisak 2022. Buddham Sharanam Gachami. Om Mani Padme Hum. Semoga Sang Buddha memberi pencerahan pada kita semua di jalan cinta, kedamaian, dan kebenaran.

3. Ritual Pindapatta digelar pada Hari Raya Trisuci Waisak

Ucapan dan Doa untuk Merayakan Hari Raya Waisak 2022Iván Tejero/Unsplash.com

Ritual Pindapatta adalah suatu ritual pemberian dana dan makanan kepada para bhikkhu/biksu oleh masyarakat (umat Buddha), untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat melakukan kebajikan. 

Ritual ini dilakukan dengan tujuan untuk menyampaikan bahwa Pindapatta merupakan cerminan dari cara hidup seorang biksu yang hanya boleh makan dari pemberian umat.

Baca Juga: Awasi Prokes Perayaan Waisak, TNI-Polisi Depok Kunjungi Vihara

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya