Comscore Tracker

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!

Skincare saja tidak cukup

Kulit yang tiba-tiba bermasalah, seperti berjerawat, bisa membuat siapa pun bingung. Jika kulit menunjukkan keanehan, kebanyakan orang akan menyalahkan produk skincare, debu, polusi, atau radiasi.

Fakta yang perlu kamu terima, kulit sering menjadi korban dari pilihan gaya hidup yang buruk dan ketidaktahuan. Beberapa makanan bisa menyebabkan kulit bermasalah, tapi beberapa makanan juga bisa membuat kulit menjadi glowing.

Salah satu makanan yang memiliki efek positif bagi kulit adalah buah-buahan. Lebih khusus, berikut adalah beberapa buah-buahan yang bisa membuat kulit jadi sehat dan glowing.

1. Pepaya

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!unsplash.com/Amanda Lins

Pepaya kaya akan vitamin A, B, C, asam pantotenat, folat, tembaga, kalium, dan magnesium. Buah berwarna oranye ini juga mengandung enzim baik, seperti papain dan chymopapain yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas dan memiliki sifat antibakteri, antijamur, serta antivirus.

Mengonsumsi pepaya secara rutin dapat membantu mencegah sembelit, yang merupakan salah satu penyebab kesehatan kulit yang buruk. Menurut penelitian dalam Journal of Medicinal Plants Studies, pepaya juga dapat membantu mengobati kutil, eksim, dan tuberkel kulit. Bukan hanya itu, pepaya juga dapat membantu menyembuhkan luka dan bisul kulit kronis. Jadi, jika kamu memiliki masalah pencernaan dan kulit, pepaya menjadi salah satu menu yang wajib ada pada dietmu setiap hari.

2. Alpukat

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!pixabay.com/Ma_Rika

Alpukat disebut sebagai superfood karena kaya akan lemak sehat, serat makanan, vitamin A, B6, C, E, K, niasin, folat, dan asam pantotenat. Buah ini juga memiliki sifat antioksidan yang membantu mengurangi kerusakan oksidatif, yang pada gilirannya dapat mencegah kerusakan DNA.

Mengonsumsi alpukat dapat memperlambat penuaan karena kaya akan lutein dan zeaxanthin, yang melindungi kulit dari radiasi UV. Lemak sehat dalam alpukat juga membantu mempertahankan elastisitas kulit, mengurangi peradangan, dan mempercepat penyembuhan luka, menurut temuan pada Critical Reviews in Food Science and Nutrition.

Baca Juga: 5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!

3. Bluberi

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!unsplash.com/Joanna Kosinska

Bluberi adalah salah satu makanan terbaik dari alam. Buah berwarna gelap ini penuh akan antioksidan yang membantu tubuh melawan radikal bebas yang merusak sel dan penuaan kulit.

Antosianin yang memberi warna biru pada bluberi juga membantu meningkatkan kekuatan serat kolagen. Belum lagi, bluberi juga merupakan sumber prebiotik yang bagus. Prebiotik ini akan difermentasi oleh usus menjadi asam lemak antiinflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sistem kekebalan dan meringankan kondisi kulit yang disebabkan peradangan, seperti dijelaskan dalam laman Eat This Not That.

4. Semangka

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!unsplash.com/Amanda Lins

Semangka merupakan buah berdaging merah yang manis dan tinggi kandungan air. Selain rasanya yang menyegarkan, semangka juga bagus untuk kulit, terutama jika kamu memiliki kulit berminyak dan rentan berjerawat.

Semangka mengandung air, serat makanan, karbohidrat, gula, vitamin A, B1, B6, C, karotenoid, flavonoid, dan likopen. Semangka juga bebas lemak dan kolesterol. Menurut jurnal Nutrients, likopen berfungsi membantu membersihkan radikal bebas dan mencegah kerusakan kulit. Air membantu mengeluarkan racun dan meningkatkan pergerakan usus. Semua kombinasi tersebut membuat semangka ampuh untuk mendapatkan kulit yang bersih.

5. Apel

5 Buah yang Ampuh Membuat Kulit Glowing, Konsumsi Tiap Hari, yuk!pixabay.com/congerdesign

Konsumsi apel bisa bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit. Ini karena apel kaya akan nutrisi, seperti vitamin A dan C, serat makanan, kalium, kalsium, serta magnesium. Apel juga memiliki sifat antioksidan dan membantu mengais radikal oksigen bebas yang berbahaya.

Bukan hanya dagingnya, kulit apel juga kaya akan antioksidan, menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry. Jadi, jika kamu ingin makan apel, jangan kupas kulitnya. Kamu cukup cuci bersih untuk menghilangkan kotoran dan bakteri.

Jadi, jika kamu ingin mendapatkan kulit yang sehat dan glowing, mulai saat ini, jadikan buah-buahan tersebut sebagai makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari.

Baca Juga: Unik! 10 Kosakata tentang Nama Buah-buahan dalam Bahasa Sunda

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya