Comscore Tracker

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!

Bikin cepat langsing

Untuk menurunkan berat badan, biasanya orang-orang akan mengurangi asupan kalori harian. Akan tetapi, pengurangan asupan kalori ini sering kali menyebabkan peningkatan nafsu makan dan rasa lapar yang parah. Hal ini dapat menyebabkan usaha mempertahankan diet jadi sangat sulit, bahkan hingga gagal menurunkan berat badan.

Solusinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang terbukti bisa mengurangi nafsu makan untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah daftar makan untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan.

1. Cabai rawit

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!unsplash.com/Alexander Schimmeck

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Physiology & Behavior, setengah sendok teh cabai rawit saja dapat meningkatkan metabolisme dan membuat tubuh membakar 10 kalori ekstra dengan sendirinya. Lalu, bagi individu yang tidak terbiasa mengonsumsi makanan pedas, menambahkan cabai rawit dapat mengurangi rata-rata 60 kalori dari makanan berikutnya.

Dengan menambahkan cabai rawit tiap dua kali makan sehari selama sebulan, kamu akan kehilangan hampir 2 kg.

2. Cokelat hitam

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!unsplash.com/Charisse Kenion

Sensasi pahit dari cokelat hitam dianggap membantu menurunkan nafsu makan dan mengurangi keinginan akan makanan manis. Selain itu, asam stearat dalam cokelat hitam dipercaya dapat membantu memperlambat pencernaan yang berkontribusi pada peningkatan perasaan kenyang.

Menariknya, hanya mencium cokelat hitam saja sudah bisa menghasilkan efek yang sama. Satu studi dalam jurnal Regulatory Peptide mengamati bahwa hanya dengan mencium cokelat hitam 85 persen, ini akan menurunkan nafsu makan dan hormon kelaparan sama seperti benar-benar memakannya.

Baca Juga: 10 Makanan Pengganti Nasi untuk Sarapan, Lebih Sehat dan Awet Kenyang

3. Kopi

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!pexels.com/Karolina Grabowska

Kopi banyak digunakan untuk meningkatkan konsentrasi dan kinerja olahraga. Namun, ternyata, kopi juga bisa mengendalikan nafsu makan.

Penelitian dalam Journal of the American College of Nutrition menunjukkan bahwa kopi meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY). Ini merupakan hormon yang diproduksi di usus sebagai respons terhadap makan dan meningkatkan perasaan kenyang serta memainkan peran penting dalam menentukan seberapa banyak seseorang cenderung makan.

Yang lebih menarik, kopi tanpa kafeina dapat menghasilkan pengurangan rasa lapar tertinggi dengan efek yang bertahan hingga 3 jam setelah dikonsumsi.

4. Almon

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!unsplash.com/Ignacio F.

Almon merupakan sumber antioksidan, vitamin E, dan magnesium yang kaya. Makan segenggam almon saja sudah mampu penekan nafsu makan secara alami.

Almon telah terbukti meningkatkan perasaan kenyang dan membantu manajemen berat badan, menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Obesity Society Annual Scientific Meeting pada 2006. Jadi, almon sangat cocok dijadikan camilan sehat.

5. Apel

5 Makanan yang Ampuh Mengendalikan Nafsu Makan, Bagus untuk Diet!unsplash.com/Krishnam Moosaddee

Dijelaskan dalam laman Shape, semua varietas apel bisa bertindak sebagai penekan nafsu makan. Kandungan pektin dan serat larut dalam apel bisa membuat kamu merasa kenyang.

Apel juga mengatur glukosa dan meningkatkan level energi. Selain itu, butuh banyak waktu untuk mengunyah apel. Hal ini membantu memperlambat waktu makan dan memberi tubuh lebih banyak waktu untuk menyadari bahwa kamu sudah tidak lapar lagi. Selain itu, rasanya yang enak dan mudah dibawa membuat apel bisa jadi camilan yang cocok dimakan kapan saja.

Semua makanan di atas bermanfaat untuk mengendalikan nafsu makan sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Jadi, jangan lupa untuk selalu menyediakan makanan di atas di rumahmu, ya.

Baca Juga: Selain Sehat, 5 Makanan Ini juga Berdampak Baik bagi Lingkungan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya