Comscore Tracker

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuh

Cukup dimasak sebentar saja ya?

Di kalangan orang-orang kota, sayur genjer mungkin masih terdengar asing di telinga mereka. Biasa tumbuh di pinggir-pinggir sawah, daun genjer biasa dijadikan tumisan bersama oncom dan campuran urap. Meski agak pahit, banyak orang menyukai genjer karena rasanya yang gurih dan kenyal-kenyal nikmat saat sudah dimasak bersama bumbu. Kini jarang ditemukan lagi (terutama di daerah perkotaan), genjer menawarkan rasa khas tak terlupakan bagi setiap penggemarnya.

Selain rasanya yang khas, genjer juga memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuhmu seperti berikut ini.

1. Percayalah, mengonsumsi sayur genjer bisa menambah selera makanmu lho!

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhresepmami.info

Mengandung banyak nutrisi seperti vitamin B, zat besi, fosfor, lemak, karbohidrat, dan zat gizi lainnya, genjer ternyata bisa menambah selera makan lho. Bisa sebagai lalapan setelah direbus sebentar, atau dijadikan tumisan bersama oncom dan leunca. Beuh, ditambah nasi panas, makan dengan tumisan genjer merupakan kenikmatan hakiki yang tak akan pernah terlupakan.

2. Sudah pasti akan memperlancar saluran pencernaan

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhbbppbinuang.or.id

Dalam kaitannya dengan pencernaan, mengonsumsi genjer juga bisa mencegah timbulnya sembelit, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membuat kadar gula menjadi stabil. Semua khasiat tersebut merupakan kandungan dari genjer yang memiliki serat yang cukup tinggi dan bisa memenuhi asupan gizi harian bagi tubuh.

3. Meregenerasi sel-sel kulit mati hingga bisa membuat awet muda

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhcookpad.com

Kandungan protein dan zat besi yang ada pada genjer memiliki khasiat mengganti jutaan sel-sel kulit mati dalam tubuh sehingga kulit akan terlihat awet muda. Selain itu, genjer juga memiliki khasiat membantu proses penyembuhan luka pada tubuh. Proses regenerasi sel-sel kulit mati bisa dengan mudah tergantikan saat kamu rutin mengonsumsi genjer dengan takaran yang pas.

Baca Juga: 8 Sayuran Hijau Ini Baik Untuk Diet di Bulan Puasa

4. Bisa juga sebagai penambah stamina, cadangan energi dan tenaga

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhjejamo.com

Karena mengandung zat protein yang cukup tinggi, mengonsumsi genjer ternyata bisa bermanfaat sebagai sumber energi dalam tubuh. Karena sebagai sumber energi, maka stamina tubuh pun sudah pasti akan meningkat. Jadi secara tak langsung mengonsumsi genjer bisa membuat kekuatanmu meningkat jika ditambah dengan zat gizi lainnya.

5. Mencegah osteoporosis, memperkuat gigi dan tulang

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhcookpad.com

Tak hanya memiliki kandungan protein, genjer juga mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk memperkuat ketahanan gigi dan tulang. Dalam kaitannya dengan kesehatan tulang, genjer juga bisa membantu mencegah osteoporosis secara dini. Kamu tidak mau kan kesehatan tulang dan gigimu menurun karena kurangnya zat kalsium dan fosfor dalam tubuh?

6. Keracunan jengkol? Atasi dengan konsumsi sayur genjer ya?

6 Khasiat Genjer yang Pahit & Gurih Bagi Kesehatan Tubuhtanobat.com

Siapa sangka, mengonsumsi genjer juga ternyata bisa mengobati keracunan jengkol lho. Menetralisir zat-zat yang terkandung pada jengkol, genjer dipercaya sebagai obat alami bagi yang sedang keracunan jengkol. Bagi yang pernah keracunan jengkol, mengonsumsi genjer bisa menjadi salah satu cara efektif untuk mengobatinya.

Meski biasa disebut sayurannya orang-orang kampung, genjer nyatanya mampu memberikan sensasi yang tak kalah nikmat dari sayuran yang ada di mall-mall. Dengan khasiat kesehatan di atas, masih ragu kah kamu mengonsumsi genjer sebagai salah satu menu makanmu?

Baca Juga: 6 Sayuran Pahit Ini Ternyata Memiliki Khasiat Kesehatan Alami

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 01:00:04

Progress: 749.373 dari 813.350 TPS (92.13414%)

Just For You