Comscore Tracker

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangi

Sebagian rasa berasal dari tumbuhan yang cocok untuk vegan

Es krim dengan rasa aneh sudah banyak macamnya. Tapi es krim tradisional dengan rasa unik tak banyak dikenal. Hal ini dikarenakan es krim yang dibuat berasal dari tanaman asli dari daerah tersebut. Sehingga es krim ini kerap lebih populer dibanding dengan es krim modern saat ini. Untuk menikmatinya juga harus ke negara tersebut untuk merasakan rasa aslinya.

Berikut adalah beberapa jenis kuliner es krim dunia dengan rasanya yang unik.

1. Lucuma

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangifona.com

Lucuma adalah buah dari pohon Pouteria lucuma yang biasanya tumbuh di Amerika Selatan. Buah ini banyak tumbuh di daerah subtropis terutama Peru dan Chil. Lucuma memiliki kulit cokelat kehijauan atau kuning kehijauan dengan warna daging kuning cerah.

Di daerahnya, buah ini dibuat menjadi es krim dan memiliki rasa seperti ubi atau butterscotch. Bahkan di Peru, es krim rasa ini lebih populer dibandingkan dengan rasa cokelat atau vanila.

2. Damar wangi

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangiaglaiakremezi.com

Es krim satu ini berasal dari mastik atau di Indonesia dikenal dengan damar wangi. Mastik tersebut adalah getah dari pohon Pistachia lentiscus atau pistachio liar yang mengkristal dan ditumbuk hancur. Setelah ditumbuk bahan ini dijadikan berbagai hidangan salah satunya es krim.

Tumbuhan Pistachia lentiscus banyak tumbuh di pulau Chios, Yunani dan diekspor ke Arab dan Timur Tengah. Sedangkan es krimnya juga terkenal di Palestina bahkan orang Israel rela menyusup ke Palestina untuk mendapatkannya.

3. Kinako

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangibakednyc.com

Es krim kinako terkenal di Jepang sebagai salah satu jenis es krim yang berasal dari kacang-kacangan. Kinako memiliki arti kata tepung kuning di mana tepung kuning ini berasal dari kedelai yang sudah dipanggang lalu dihaluskan seperti tepung.

Tak hanya untuk es krim, kinako juga digunakan untuk beberapa bahan makanan seperti kue atau permen.

4. Ubi ungu

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangithelittleepicurean.com

Untuk orang Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan bahan dari es krim berbahan ubi ungu. Namun bagi orang barat ubi ungu menjadi barang unik apalagi dijadikan es krim. Di Filipina, ubi ungu kerap dijadikan sebagai bahan utama makanan termasuk halo-halo yaitu es krim ubi ungu khas Filpina.

Halo-halo terdiri dari beberapa bagian yaitu ubi ungu, buah-buahan, es serut, susu kental manis serta pemanis seperti sirop.

5. Asam jawa

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangihotelmockingbirdhill.com

Es krim unik selanjutnya adalah es krim yang berbahan dasar asam jawa. Kalau biasanya asam jawa digunakan dalam masakan, kali ini dibuat sebagai salah satu makanan penutup.

Es krim ini cukup populer di Spanyol, di mana bahannya banyak diimpor dari negara bagian Asia. Rasanya ada manisnya tapi ada rasa asam khas asam jawa.

Baca Juga: 10 Es Krim di Indonesia yang Sekarang Udah Gak Beredar, Bikin Kangen!

6. Wijen hitam

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangileitesculinaria.com

Es krim wijen hitam ini populer di Jepang sama halnya dengan es krim teh hijau atau es krim kacang panjang. Biji wijen hitam ini biasanya digiling hingga halus lalu diberi madu sehingga berbentuk pasta. Nah pasta inilah yang dibuat untuk berbagai macam campuran salah satunya es krim.

Untuk penyajian, biasanya es krim wijen hitam ini diberi topping cookie and cream atau chocolate chip.

7. Roti cokelat

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangiirishcentral.com

Es krim rasa roti? Mungkin akan terdengar aneh. Namun di Irlandia, es krim ini sangat terkenal saat masa Great Hunger pada tahun 1840-an. Bahkan pada abad ke-19, es krim ini merupakan salah satu makanan mewah. Uniknya, roti yang dibuat untuk es krim ini tak menggunakan ragi untuk mengembangkannya melainkan dengan baking soda dan buttermilk. Oleh karena itu roti ini juga disebut dengan roti soda.

8. Kapulaga

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangisbs.com.au

Kapulaga sering kali dijadikan sebagai bahan untuk memasak di daerah Asia. Namun di India, kapulaga dijadikan es krim yang dikenal dengan kulfi. Tak hanya di India, di Amerika Serikat juga kerap dibuat campuran es krim seperti es krim kopi kapulaga atau es krim jeruk kapulaga.

Untuk kulfi sendiri cara membuatnya dengan mendidihkan kapulaga dan susu sebelum dibekukan.

9. Salmonberry

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangizoomzee.org

Salmonberry adalah sejenis beri yang berwarna seperti salmon. Salah satu es krim yang berbahan salmonberry ini adalah akutaq, es krim yang berasal dari Alaska. Uniknya akutaq bukan hanya berbahan buah-buahan tapi juga didampur dengan lemak hewan dan minyak mamalia laut.

Jika lemak tersebut sudah halus dan tercampur rata, maka salmonberry dicampurkan untuk mendapatkan rasa manis.

10. Air mawar

10 Es Krim Dunia dengan Rasa Unik, Rasa Asam Jawa hingga Damar Wangifoodrhythms.com

Bunga mawar biasa dibuat sebagai campuran parfum namun lain halnya di Persia atau Iran. Air mawar yang disaring dari bunga mawar asli dibuat campuran es krim. Air mawar tersebut dicampur dengan kunyit, pistachio, atau vanila. Konon jika ditambah air mawar bisa lebih kenyal dan lentur.

Cukup unik bukan rasa es krim di atas? Kalau berkunjung ke negara tersebut wajib coba nih.

Baca Juga: 5 Perbedaan Es Krim dan Gelato, Mana Favoritmu untuk Buka Puasa?

mirqotul aliyah Photo Verified Writer mirqotul aliyah

twitter @miraliyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya