Comscore Tracker

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala Korea

Hidangan kukus di Korea umumnya diberi kata jjim

Dalam dunia kuliner Korea Selatan, penamaan makanan umumnya dapat memberikan informasi mengenai bahan baku ataupun cara memasaknya. Contohnya saja makanan yang memiliki nama jjim.

Usut punya usut, jjim merupakan jenis hidangan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus setelah dimarinasi. Nah, di bawah ini ada 5 rekomendasi jjim yang tak boleh dilewatkan untuk dicoba. Apa saja?

1. Gyeran jim

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala KoreaGyeran jjim (instagram.com/bingsuku)

Telur kukus ala Korea ini memiliki tekstur lembut dengan warna kekuningan, serta bercita rasa gurih. Gyeran jjim alias Korean steamed eggs dimasak menggunakan ttukbaegi atau panci keramik tradisional dengan daya tahan panas yang baik. Sajian ini biasanya disantap sebagai banchan (makanan pendamping) maupun lauk-pauk untuk nasi.

2. Kkaennip jjim

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala Koreakkaennip jjim (instagram.com/bring_83)

Dalam bahasa Korea, kkaennip merujuk pada daun perila. Oleh sebab itu, kkaennip jjim dapat disebut sebagai daun perila kukus alias steamed perilla leaves.

Olahan satu ini merupakan salah satu banchan atau makanan pendamping. Selain itu, orang Korea lebih lazim menyantap kkaennip jjim saat musim panas.

Baca Juga: 10 Makanan Berkuah Khas Korea Selatan, Bikin Makin Nafsu Makan

3. Agwi jjim

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala Koreaagwi jjim (instagram.com/db_kimhyunju)

Pada umumnya, agwi jjim dinikmati sebagai anju atau makanan pendamping untuk minuman beralkohol. Sesuai bahan bakunya, agwi jjim memang menggunakan ikan agwi (jenis ikan monkfish) yang dikukus. Sajian ini menyuguhkan cita rasa khas berupa pedas karena penggunaan gochugaru atau bubuk cabai khas Korea. 

4. Andong jjimdak

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala Koreaandong jjimdak (instagram.com/koreanet_official)

Andong jjimdak bermakna ayam kukus Andong yang merupakan daerah asalnya. Olahan ini pun termasuk hasil marinasi soy sauce (kecap asin ala Korea).

Selain itu, andong jjimdak juga termasuk kuliner klasik karena sudah ada sejak jaman Dinasti Joseon. Umumnya, andong jjimdak dihidangkan dalam porsi banyak sehingga cocok untuk dimakan bersama-sama. 

5. Galbi jjim

Bahan Nabati hingga Hewani, Ini 5 Rekomendasi Hidangan Kukus ala Koreagalbi jjim (instagram.com/95.01.19_)

Kata galbi merujuk pada daging iga sapi. Sebelum dikukus, daging igang sapi untuk galbi jjim akan dimarinasi menggunakan soy sauce. Galbi jjim umum dihidangkan dengan ttukbaegi. Selain itu, galbi jjim juga kerap disajikan saat perayaan Chuseok.

Wah, ternyata hidangan jjim dapat dibuat dari beraneka bahan baku. Kamu ingin mencoba olahan yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mi Dingin khas Korea yang Bikin Segar Saat Cuaca Panas!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, postgraduate student in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya