Comscore Tracker

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosan

Banyak yang berbahan dasar terung, lho

Menjadi vegetarian adalah salah satu cara untuk memulai hidup sehat. Saat ini, menu untuk vegetarian telah bervariasi dan juga tak kalah sedap dengan menu berbahan daging. 

Bila kamu sedang mencari inspirasi menu berbahan sayuran dengan cita rasa Iran, lima hidangan ini patut untuk dicicipi. Kelima hidangan ini pun dapat dikombinasikan dengan roti atau nasi.

1. Sabzi khordan

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosansabzi khordan (instagram.com/cooking.with.paris)

Sabzi khordan merupakan makanan yang berupa aneka ragam rempah dan sayuran segar yang dihidangkan di banyak makanan penting di negara ini. Makanan ini umumnya terdiri dari basil, dill, mint, peterseli, lobak, daun bawang, beragam rempah, dan sayuran segar lainnya.

Sabzi khordan biasanya dihidangkan sebagai lauk dengan banyak makanan khas Iran. Hidangan ini juga dapat disantap sebagai makanan pembuka atau makanan utama yang ringan. Sabzi khordan juga dapat disajikan dengan roti pipih dan keju feta.

2. Kashke bademjan

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosankashke bademjan (instagram.com/irancuisine)

Kashke bademjan merupakan makanan yang sering dihidangkan sebagai menu pembuka. Makanan ini terbuat dari kombinasi terong panggang dan yogurt whey

Biasanya, kashke menggunakan kenari cincang, mint, dan bawang karamel sebagai hiasan. Makanan ini juga bisa menjadi saus yang lezat atau dihidangkan bersamaan dengan roti lavash.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Kolombia yang Cocok untuk Vegetarian, Tetap Lezat!

3. Dal adas

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosandal adas (instagram.com/turmericandsaffron)

Dal adas merupakan makanan yang terbuat dari lentil merah yang direbus dalam kaldu sayuran. Kemudian dikombinasikan dengan tumis bawang bomba, bawang putih, kentang yang telah dipotong dadu, dan tomat. Untuk memperkuat rasa, maka ditambahkan dengan rempah-rempah, seperti kunyit, jinten, kayu manis, bubuk cabai, dan garam.

Dal adas biasanya menggunakan ketumbar segar dan cabai merah sebagai hiasan. Hidangan ini biasanya menjadikan nasi persia atau roti hangat sebagai pendampingnya.

4. Naz khatun

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosannaz khatun (instagram.com/theiranianvegan)

Naz khatun merupakan bumbu sayuran yang terbuat dari terong panggang, rempah-rempah pilihan, verjuice, dan zesty yang terbuat dari anggur mentah.

Terdapat versi tradisional yang menambahkan bahan seperti bawang putih, molase delima, dan seledri liar bubuk yang juga disebut sebagai angelica. Naz khatun dapat menggunakan daun mint sebagai hiasan dan bisa didampingkan dengan nasi hangat.

5. Mirza ghassemi

5 Hidangan Khas Iran yang Cocok untuk Vegetarian, Gak Bikin Bosanmirza ghassemi (instagram.com/restaurant_maman)

Mirza ghassemi adalah makanan yang dibuat dengan terong yang dipanggang terlebih dahulu di atas api terbuka. Setelahnya terung lalu dicincang halus dan dikombinasikan dengan tomat, bawang putih, dan kunyit.

Telur ditambahkan untuk mencampur semua bahan sebagai hasil akhirnya. Makanan ini biasanya dikonsumsi sebagai makanan pembuka. Hidangan ini juga dapat dikonsumsi bersamaan dengan roti pipih atau sebagai lauk dengan nasi.

Banyak pilihan hidangan untuk vegetarian yang terinspirasi dari makanan khas Iran. Dengan begitu, gak perlu ragu mau makan apa setelah membulatkan tekad jadi vegetarian.

Baca Juga: 5 Hidangan Khas Tunisia untuk Vegetarian, Rasanya Enak Gak Bikin Bosan

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya