Comscore Tracker

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!

Nikmatnya berciri khas banget #LokalIDN

Oncom merupakan makanan fermentasi yang berasal dari Tanah Sunda. Salah satu olahan oncom yang cukup terkenal, adalah gurihnya combro yang menggoda lidah. Combro merupakan sejenis kudapan berbahan dasar singkong dan memiliki isi oncom.

Namun, kuliner khas Sunda berbahan oncom tidak hanya sebatas combro saja lho. Gak percaya? Yuk, cicip satu per satu lima kuliner ini!

1. Gecom 

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!Gecom (instagram.com/ ummighanihafidz)

Setuju dong jika kuliner khas Sunda terkenal sekali memiliki nama yang disingkat-singkat. Salah satunya adalah gecom yang merupakan kepanjangan dari taoge oncom.

Kuliner ini mempertemukan taoge dan bumbu kacang yang diolah bersama oncom. Yang mana, taoge ditumis terlebih dahulu dengan bumbu tumis pada umumnya. Setelah itu barulah dicampur deng oncom.

Rasa gecom cenderung gurih, manis, dan pedas. Kenikmatannya bisa dijadikan lauk untuk pendamping makan nasi atau dinikmati secara langsung.

2. Nasi tutug oncom 

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!Nasi tutug oncom (instagram.com/aristy_rusty)

Daging atau ikan, tahu, tempe, lalapan, serta sambal jadi lauk pelengkap kenikmatan dari nasi tutug oncom. Sedangkan nasi tutug oncom sendiri semacam nasi yang digoreng bersama dengan oncom sehingga tampilannya agak kecokelatan, serta memiliki rasa dan aroma yang khas.

Baca Juga: Resep Nasi Tutug Oncom, Olahan Nasi Khas Sunda yang Bikin Kangen

3. Taoge goreng 

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!Taoge goreng (instagram.com/harismaulana3)

Taoge yang telah direndam pada air panas, mi kuning besar, dan irisan lontong ialah komposisi dari taoge goreng. Usai semua komposisi disatukan, taoge goreng disempurnakan dengan kuah yang terbuat dari oncom dan tauco.

Banyak orang sangat senang menikmati taoge goreng sebagai menu makan siang karena ukurannya yang pas, serta cepat membuat perut kenyang.

4. Docang 

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!Docang (instagram.com/cirebonkuliner_)

Kuliner yang menyertakan oncom ini juga memiliki komposisi terdiri dari taoge, lontong, kelapa parut, serta daun singkong. Ciri khasnya diguyur dengan kuah oncom yang rasanya bercampur dengan bumbu rempah seperti daun serai dan lengkuas.

Docang juga dilengkapi dengan kerupuk yang bikin makin bersemangat saat menyantap.

5. Pepes oncom 

5 Kuliner Khas Sunda yang Menyertakan Sedapnya Oncom, Raos Pisan!Pepes oncom (instagram.com/s.saskinari)

Jika biasanya kamu menikmati pepes ikan atau daging, sekali-kali cobalah untuk mengadirkan pepes oncom sebagai pendamping makan nasi putih di rumah.

Cita rasa oncom untuk pepes cukup khas lho! Apalagi ketika dipertemukan dengan daun kemangi, kenikmatannya makin menjadi-jadi. Bikin kamu kepengin nambah terus!

Butuh inspirasi olahan oncom yang bisa dijadikan lauk atau dimakan langsung? Sontek saja lima kuliner berbahan oncom yang telah disebutkan tadi. Resepnya ada di laman IDN Times, yuk coba!

Baca Juga: Resep Membuat Cireng Isi Oncom Mercon, Pedasnya Bikin Tergila-gila!

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya