Comscore Tracker

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka Puasa

Adakah dari menu di bawah ini yang jadi favoritmu?

Saat Ramadan tiba, tak dapat dipungkiri lagi jika kegiatan ngabuburit sambil berburu menu buka puasa adalah hal yang sangat digemari dan begitu menyenangkan bagi setiap orang yang menjalankan ibadah puasa. Utamanya orang Sunda, setiap hari menjelang buka puasa selalu heboh mencari menu buka puasa yang diinginkan.

Berikut 5 menu buka puasa khas orang Sunda yang selalu eksis sampai detik ini.

1. Kolak

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka PuasaInstagram.com/qiutin.kitchen

Kolak atau orang Sunda mengenalnya dengan sebutan "kolek" adalah menu takjil berbahan dasar pisang dan ubi jalar yang disajikan bersama kuah santan yang dicampur dengan gula merah. Sekarang, bahan dasar kolak sudah sangat beragam mulai dari labu kuning, nangka, kolang-kaling, dan singkong.

Menu khas Sunda yang manis ini tentunya sangat cocok dinikmati ketika berbuka puasa, baik dihidangkan secara hangat maupun dingin.

2. Es cendol

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka PuasaInstagram.com/auria_dina

Minuman tradisional khas Sunda ini pas banget dijadikan menu takjil. Rasa lembut cendol yg berbahan dasar tepung beras dan rasa manis dari kuah santan plus air gula merah ini membuat es cendol menjadi salah satu takjil buruan untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Resep Cilung ala Yummy, Jajanan Khas Sunda yang Gurih Banget

3. Cireng, bala-bala, dan aneka gorengan lainnya

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka PuasaInstagram.com/edisibelajarmasak

Aneka gorengan memang menjadi salah satu makanan favorit untuk menemani momen buka puasa bagi orang Sunda. Rasanya yang gurih, harga yang murah meriah, dan mudah ditemukan di mana-mana menjadikan gorengan sebagai makanan yang tak pernah luput dari lirikan orang-orang saat berburu menu buka puasa.

4. Mie anclom

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka PuasaInstagram.com/geaulia

Datangnya bulan Ramadan merupakan sebuah keuntungan bagi para pengusaha kerupuk bernama "mie anclom" atau "kerupuk celup". Bagaimana tidak? Mie anclom telah lama menjadi kerupuk andalan ketika berbuka puasa.

Kerupuk mie berwarna kuning ini disantap dengan cara menyelupkan (bahasa Sunda: nganclomkeun) kerupuk ke dalam kuah oncom pedas. Renyah, gurih, dan pedas beradu mantap di lidah pastinya.

5. Cilok goang

5 Menu Khas Sunda Ini Eksis Jadi Buruan untuk Berbuka PuasaInstagram.com/waroeng_nyonya_ay

Cilok goang adalah makanan yang terbuat dari aci berbentuk bulat dan direbus kemudian dimasak kembali bersama bumbu goang yang terdiri dari cabai rawit, bawang putih, bawang merah, kemiri, kencur, dan bumbu penyedap lainnya.

Walaupun pedas, cilok goang juga menjadi salah satu menu yang disukai orang Sunda saat berbuka puasa lho. Rasanya enak banget sih. Apalagi kalau ditambahkan dengan ceker ayam, nyunda banget deh.

Nah itulah 5 menu buka puasa andalan orang Sunda yang selalu eksis dan gampang banget dicari di pasar tradisional maupun di pinggiran jalan. Bikin ngiler bukan? Eitss, tunggu waktu berbuka dulu ya.

 

Baca Juga: 10 Resep Gorengan ala Yummy untuk Takjil, Buka Puasa Jadi Lebih Meriah

Tika Resti Safitri Photo Writer Tika Resti Safitri

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sunda UPI'19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya