Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggi

Kecil-kecil gini cabai rawit!

Dalam hidangan manis kismis menjadi jenis topping populer yang menyehatkan. Pasalnya kismis dibuat dari buah anggur dan otomatis menyimpan banyak manfaat baik dari anggur. Selain itu masih ada lagi beberapa fakta menarik tentang kismis yang bisa menambah wawasan, simak apa saja faktanya berikut ini!

1. Penemuan awal kismis berawal dari gagal panen

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggipixabay.com//byrev

Kismis ternyata tidak dibuat secara khusus oleh para petani di zaman dulu. Mereka adalah produk gagal panen yang ditemui sudah mengering selagi masih menempel diantara anggur lainnya yang masih segar. Berawal dari situ kismis akhirnya diketahui menjadi salah satu peluang makanan baru yang bisa mendongkrak eksistensi anggur.

2. Sebutan kismis dari berbagai dunia

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggipixabay.com/guanabarino

Jika di Inggris kismis ini dikenal dengan sebutan raisin, maka India punya sebutan yang sama dengan Indonesia yaitu Kishmish. Namun kismis berubah menjadi sedikit lebih rumit dalam bahasa Kanada yang punya sebutan Ona Drakshi atau Vonadraakshe. 

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini Manfaat Kismis Bagi Kesehatanmu!

3. Khasiat melimpah kismis bagi kesehatan

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggipixabay.com/tookapic

Buah kering ini rendah kalori dan tidak mengandung kolesterol. Sehingga wajar bila para penggila makanan sehat kerap mencampurkan kismis dalam yoghurt atau sereal. Itu juga menjadi penyebab kismis dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena sifatnya yang non kolesterol yang bisa menjauhi tubuh dari kolesterol jahat.

Dari sisi kecantikan kismis bermanfaat sebagai anti aging dan penetral racun dalam tubuh yang bisa membuat kulit glowing secara alami.

4. Perbandingan 4:1 antara anggur segar dan kismis

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggipixabay.com/forwimuwi73

Maksud dari perbandingan 4:1 di atas adalah 4 ton anggur segar setelah dikeringkan akan menyusut menjadi 1 ton. Penyusutan ini menjadi salah satu faktor yang membuat harga kismis dibanderol cukup mahal. 

5. Jenis dan warna kismis yang berbeda

5 Fakta Menarik Kismis, Berkhasiat untuk Turunkan Darah Tinggipxabay.com/gregroose

Umumnya warna kismis berbeda karena proses pengeringannya. Kismis yang berwarna cokelat keunguan dikeringkan dengan bantuan sinar matahari langsung, kismis berwarna cokelat keemasan dikeringkan dengan proses pengeringan khusus dengan bantuan sulfur dioksida, dan kismis berwarna kehijauan dibuat dengan proses pengeringan suhu ruang. 

Namun kismis juga bisa diciptakan berbagai warna berbeda tergantung pada jenisnya berbeda. Misalnya anggur hitam yang akan menghasilkan kismis berwarna gelap, anggur merah yang cenderung menciptakan warna kismis kecokelatan, dan anggur kuning transparan tercipta dari anggur hijau.

Nah, itu tadi beberapa penjelasan fakta menarik tentang kismis guys. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kita tentang makanan ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik Chicken Wing, Punya Hari Perayaan Nasional!

alys Photo Verified Writer alys

find your passion&love to life.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya