Comscore Tracker

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue Kering

Agar tidak gagal dalam membuat kue kering dan enak rasanya

Lebaran sudah diambang pintu. Tentunya sudah bersiap-siap mengisi toples dengan kue kering. Agar kue kering lebaran kamu sukses dan nikmat untuk suguhan tamu, berikut lima langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Menakar

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue KeringPexels/ Samer daboul

Dalam membuat kue kering untuk menakar bahan yang digunakan terkadang menggunakan sendok ukur. Cara menggunakan dengan memasukkan sendok ukur ke dalam bahan hingga munjung, lalu ratakan dengan menggunakan pisau. Jika mengukur cairan, isi sendok ukur sampai penuh.

2. Menimbang

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue KeringPexels/ Lina kivaka

Timbang bahan dengan menggunakan timbangan khusus kue. Sebelum digunakan periksa terlebih dahulu apakah timbangan layak digunakan dengan cara tekan timbang secara perlahan dengan tangan kemudian angkat tangan agar jarum kembali pada kedudukan nol. Jika jarum kembali pada angka nol, maka timbangan masih layak digunakan. Pastikan juga timbangan sebelum digunakan jarum menunjukkan angka nol.

3. Mengaduk

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue KeringPexels/ pixabay

Untuk mengaduk bahan pembuat kue pada saat ini digunakan pengocok listrik atau sering disebut dengan mixer. Bahan yang perlu diaduk pertama kali biasanya mentega atau margarin, gula, dan telur. Setelah itu masukkan tepung terigu ke dalam adonan mentega tadi. Gunakan sendok kayu atau spatula dari karet atau plastik. Jangan terlalu lama mengaduk adonan, karena akan membuat kue keras atau bantat.

Baca Juga: 6 Resep Kreasi Kue Kering Coklat, Sajian Spesial Lebaran untuk Kerabat

4. Memanggang

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue KeringPexels/Freestocks.org

Setelah kue dicetak taruh di loyang yang telah diolesi mentega atau lapisi loyang dengan kertas roti. Ikuti petunjuk dari resep. Sebelum memanggang kue adakan uji coba untuk melihat apakah kue akan melebar atau tidak, dengan cara memanggang satu buah kue. Jika kue terlalu melebar tambahkan pada adonan 1-2 sendok makan tepung ke dalam adonan. Sebaliknya jika kue keras tambahkan 1-2 sendok makan susu cair pada adonan.

5. Mengecek kematangan

5 Langkah Harus Diperhatikan Agar Sukses Membuat Kue KeringPexels/ Oleh Magni

Untuk mengetahui kue telah matang dapat dilihat dari pinggirannya agak kecokelatan. Dapat juga dengan menekan bagian tengah apakah kue sudah keras. Jika kue belum cukup matang atau kering panggang 3-5 menit lagi.

Senang ya kalau kue kering buatan kamu berhasil dan mendapat pujian dari yang menikmati. Selamat mencoba.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering untuk Menyambut Lebaran

Andi Viva Nahfiah Photo Verified Writer Andi Viva Nahfiah

ibu rumah tangga, dengan tiga putri berkarya dan memberi manfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya