Comscore Tracker

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu sudah tahu atau belum, nih?

Bila kamu penggemar makanan manis seperti dessert atau cookies pasti tidak asing lagi dengan salah satu jenis taburan yang satu ini. Yup, taburan tersebut merupakan choco chips. Selain rasanya nikmat ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui, lho tentang si mungil ini. Mau tau apa saja fakta tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

1. Ditemukan pertama kali di Amerika

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahuiistockphoto.com/Kuvona

Melansir dari mentalfloss.com choco chips pertama kali ditemukan sekitar kurang lebih pada tahun 1937 oleh seorang wanita bernama Ruth Grave Wakefield. Beliau merupakan seorang pemilik penginapan bernama Toll House Inn yang berada di Massachusetts, Amerika Serikat.

2. Dibuat karena sebuah “kecelakaan”

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahuisteemit.com

Masih mengutip dari laman yang sama, dikisahkan jika suatu hari tatkala Ruth Wakefield ingin membuat salah satu signature dish andalannya yaitu Butter Drop Do untuk para tamu, ia kekurangan bahan.

Daripada membuang setengah adonan yang sudah jadi, ia mencoba mengganti coklat yang biasa ia gunakan dengan dengan potongan coklat kecil-kecil. Ia begitu terkejut mendapati potongan coklat tersebut tidak meleleh ketika di panggang.

3. Memiliki warna dan bentuk yang unik

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahuipexels.com/freestock.org

Choco chips yang lumrah kita jumpai di pasaran adalah berwarna coklat dan berbentuk seperti tetesan air. Namun, saat ini bila kita menyambangi toko roti kita akan mendapati bahwa ada lebih dari satu warna dan bentuk dari choco chips tersebut, salah satunya yang berbentuk bulat pipih seperti kancing. Ada yang berwarna putih, coklat bahkan beraneka warna. Bahkan ada pula, lho yang berbentuk seperti hati.

Baca Juga: 6 Fakta Cokelat Putih, Ternyata Bukan Cokelat Sebenarnya Lho!

4. Tidak meleleh ketika dipanggang

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu KetahuiPexels.com/Brigitte Tohm

Hal yang membuat choco chips tidak meleleh ketika dipanggang terletak pada bahan utama pembuatnya. Choco chips terbuat dari campuran antara coklat bubuk dan juga cocoa butter dengan perbandingan lebih banyak coklat bubuk daripada cocoa butter. Mengutip dari joyofbaking.com choco chips hanya mengandung 20-30% cocoa butter.

5. Tidak berubah warna saat di dalam oven

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu KetahuiPexels.com/Nerfee Mirandilla

Tak hanya itu saja, keunikan lain yang membuat choco chips menarik adalah ia tidak akan berubah warna ketika dipanggang. Hal ini disebabkan dalam choco chips ditambahkan zat penguat alami yang membuatnya tetap dapat mempertahankan bentuk ataupun warnanya saat proses pemangganggan.

6. Digunakan sebagai taburan

6 Fakta Mengenai Si Mungil Choco Chips yang Wajib Kamu Ketahuisparklelivingblog.com

Choco chips umumnya kita jumpai sebagai taburan untuk dessert, cookies bahkan minuman. Selain karena rasanya yang enak, bentuknya yang kecil akan semakin menambah estetika dari hidangan tersebut.

Nah, itulah tadi 6 fakta menarik tentang choco chips. Jadi, jangan ragu ya menggunakan salah satu taburan yang satu ini dalam kue atau minuman favoritmu.

Baca Juga: 6 Jenis Cokelat Ini Memiliki Fungsi yang Berbeda-beda, Yuk Kenalan!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya