Comscore Tracker

Hari Nutella, Kenali Komposisinya yang Sempat Mengejutkan Dunia Ini!

#HariNutellaSedunia Ternyata oh ternyata...

Nutella menjadi produk makanan yang sudah banyak dikonsumsi oleh masyarakat saat ini. Tidak hanya di Indonesia, seluruh dunia pun mengenalnya, bahkan menyukainya.

Selai cokelat super lezat yang bisa dibuat aneka olahan. Kini Nutella juga menjadi salah satu bahan wajib untuk disajikan di meja saat sarapan pagi, hingga topping berbagai jenis makanan.

Namun, Reddit belakangan menyoroti salah satu fakta mengejutkan dari produk Nutella, yang tak pernah disadari para konsumen selama ini.

1. Pengguna "MrFlow" mengunggah gambar daftar komposisi Nutella

Hari Nutella, Kenali Komposisinya yang Sempat Mengejutkan Dunia Ini!reddit.com

Dalam gambar tersebut dideskripsikan mengenai komposisi detail produk Nutella. Gambar ini menyebutkan salah satu komposisi Nutella adalah minyak kelapa sawit. Hal ini mendorong beberapa komentar dari netizen tentang produksi minyak sawit, yang menjadi penyebab utama masalah deforestasi di Indonesia.

Deforestasi adalah proses penghilangan hutan alam dengan cara penebangan untuk diambil kayunya atau mengubah lahan hutan menjadi non-hutan. Bisa juga disebabkan oleh kebakaran hutan baik yang disengaja atau terjadi secara alami.

2. Karena produksi minyak sawit, puluhan ribu orangutan telah terbunuh atau terluka

Hari Nutella, Kenali Komposisinya yang Sempat Mengejutkan Dunia Ini!inhabitat.com

Menurut The Huffington Post, puluhan ribu orangutan telah terbunuh atau terluka selama 20 tahun terakhir oleh perkebunan kelapa sawit yang telah ditempatkan di hutan. Fakta menyedihkan bagi keberlangsungan hidup orangutan, jika hutan terus dihancurkan untuk mempromosikan pengembangan kelapa sawit, bahkan dapat menyebabkan kepunahan secara perlahan.

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Cilok, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

3. Minyak kelapa sawit diklaim dapat memicu kanker

Hari Nutella, Kenali Komposisinya yang Sempat Mengejutkan Dunia Ini!profundenergy.com

The European Food Safety Authority melaporkan bahwa minyak sawit mungkin membahayakan konsumen pada suhu tertentu. Produsen Nutella, Ferrero mengatakan bahwa penggunaan perusahaan minyak kelapa sawit dalam produk hazelnut aman.

"Membuat Nutella tanpa minyak sawit akan memproduksi pengganti rendah lemak untuk produk yang nyata, itu akan menjadi langkah mundur," kata Manajer Pembelian Vincenzo Tapella via Reuters.

4. Nutella hanya menggunakan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan yang bersertifikat

Hari Nutella, Kenali Komposisinya yang Sempat Mengejutkan Dunia Ini!greenpalm.org

Sebuah perkebunan sejatinya harus menunjukkan tanggung jawab lingkungan. Tanggung jawab lingkungan tersebut diimplementasikan dengan delapan standar seperti aturan yang tercantum dalam Green Palm Sustainability di atas.

Tak disangka, fakta mengejutkan ini pun mengundang tanggapan kontroversial oleh netizen. Tak hanya soal minyak sawit, faktanya gula menjadi komposisi yang paling mendominasi dibanding kandungan cokelatnya.

Kalau menurut kamu sendiri gimana? Share di kolom komentar ya!

Baca Juga: 7 Fakta Unik tentang Kelezatan Pizza, Pilih yang Reguler atau Jumbo?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You