Comscore Tracker

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!

Bikin ketagihan!

Masyarakat Turki memang sangat gemar sekali mengonsumsi daging domba yang dikenal kaya akan protein dan zat besi. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya menu makanan ala Turki yang menyajikan daging domba sebagai hidangan utama. Dengan proses pembuatan yang masih tradisional serta menggunakan rempah-rempah khas Turki, daging domba tersebut diolah menjadi beberapa hidangan yang nikmat.

Nah, bagi kamu para penikmat kuliner daging domba dan ingin menikmati hidangan dengan cita rasa yang berbeda. Berikut lima rekomendasi hidangan daging domba khas Turki yang mesti kamu coba.

1. Alinazik kebab

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!eatsouthbank.com.au

Alinazik kebab merupakan variasi dari hidangan kebab yang berasal dari wilayah Gaziantep. Makanan yang menggugah selera ini terdiri dari potongan-potongan daging domba, terung panggang serta bawang putih dan saus yogurt yang meleleh. Daging domba diolah dengan cara direbus bersama bawang bombay, cabe merah, pasta tomat dan minyak zaitun. Untuk melengkapi alinazik kebab biasanya disajikan dengan nasi pilaf dan sayuran panggang di sampingnya.

Daging domba dari hidangan alinazik kebab memiliki cita rasa yang manis dan gurih. Sedangkan terung memiliki rasa smoky karena dipanggang secara tradisional dengan menggunakan arang.

2. Hunkar begendi

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!sbs.com.au

Hunkar begendi merupakan hidangan asli dari ibu kota Turki yakni Istanbul. Makanan ini pernah disajikan kepada istri Napoleon III pada akhir abad ke 19. Pada dasarnya hunkar begendi adalah jenis hidangan semur daging domba yang memiliki aroma yang sangat khas. Hunkar begendi dimakan bersama terung yang dipanggang dan dihaluskan lalu dicampurkan dengan susu dan keju yang telah dikentalkan sehingga memiliki tekstur yang creamy. Hunkar begendi merupakan hidangan yang wajib kamu cicipi saat berkunjung ke kota Istanbul.

Baca Juga: Resep Shashlik Kebab, Hidangan Empuk Khas Turki Buat Makan Malam

3. Cag kebab

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!corumhakimiyet.net

Membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses pembuatan cag kebab. Hidangan ini terbuat dari daging domba yang telah direndam dengan berbagai macam rempah-rempah khas Turki selama lebih dari 12 jam. Daging domba yang telah direndam kemudian ditusuk dan disusun secara vertikal atau horizontal pada sebuah besi lalu dipanggang dengan menggunakan kayu bakar.

Seperti penyajian kebab pada umumnya, daging domba yang telah matang akan dipotong tipis-tipis dan dimakan bersama roti lavash panggang yang masih hangat.

4. Kuzu kapama

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!tarifikolay.com

Dibutuhkan bagian daging paha dan tulang kering domba untuk membuat kuzu kapama. Hidangan ini disajikan dengan berbagai jenis sayuran-sayuran di antaranya peterseli, kentang, daun bawang, tomat, bawang bombay dan chard swiss yaitu sayuran sejenis selada. Kuzu kapama sendiri memiliki arti selimut domba. Makanan ini lebih nikmat dan mengenyangkan jika disajikan bersama nasi pilaf.

5. Sac kavurma

5 Hidangan Daging Domba Khas Turki yang Menggugah Selera, Kaya Rempah!turkishfoodie.com

Sac kavurma merupakan hidangan sederhana ala Turki dengan proses pembuatan daging domba atau kambing yang ditumis bersama paprika, bawang dan berbagai rempah-rempah. Hidangan jenis ini sangat mudah sekali dibuat di rumah. Biasanya, masyarakat Turki memasak sac kavurma dengan menggunakan penggorengan khusus yang terbuat dari logam tipis yang bernama sac. Namun jika tidak memiliki sac, kamu dapat menggunakan penggorengan yang dapat menghantarkan suhu panas tinggi.

Bagi kamu para penikmat daging domba maka kamu sangat direkomendasikan untuk mencoba hidangan di atas. Ada yang pernah kamu coba? Kalau belum bisa nih cobain kelezatan kuliner Turki yang kaya akan rempah.

Baca Juga: 5 Kuliner Lezat Khas Turki Selain Kebab, Bikin Nagih!

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya