Comscore Tracker

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Sama

Biar gak salah pilih saat membelinya

Mungkin banyak yang menganggap bahwa tofu adalah bahasa Inggrisnya tahu. Padahal tofu dan tahu itu berbeda. Kedua makanan ini memiliki perbedaan dari segi tekstur, hingga pengolahannya.

Keduanya sekilas memiliki rasa dan warnanya yang sama. Nah, supaya gak salah memilih saat berbelanja bahan makanan, ketahui perbedaan tahu dan tofu berikut ini, yuk!  

1. Berasal dari negara yang berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samatastecooking.com

Kedua makanan ini berasal dari negara yang berbeda, lho. Tahu berasal dari Tiongkok yang diambil dari bahasa Hokkian, yakni tauhu. Sedangkan, tofu berasal dari Jepang. 

2. Memiliki jenis yang berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samafood.ndtv.com

Tahu dan tofu memiliki jenis masing-masing. Umumnya tahu memiliki lima jenis, yakni tahu putih, tahu kuning, tahu sumedang, tahu bulat, dan tahu pong.

Sedangkan, tofu memiliki beberapa jenis yang ada di Indonesia seperti kinu tofu, momen tofu, dan tofu dengan beragam rasa.  

3. Diolah atau dimasak dengan cara berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samaquora.com

Tahu dan tofu biasanya diolah menjadi makanan yang berbeda. Biasanya tahu akan diolah menjadi semur, sup, tumis, bahkan pepes, karena tahu mudah menyerap bumbu. 

Sedangkan, tofu biasanya diolah menjadi saus, saus salad, hingga dessert yang dihaluskan, karena tofu cenderung lebih lembut dan lunak. Bahkan, tofu juga bisa digunakan sebagai pengganti krim dan susu kedelai. 

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

4. Bahan penggumpal yang berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samaboldsky.com

Tahu dan tofu membutuhkan bahan penggumpal dalam proses pembuatan. Namun, kedua makanan ini dibuat dari bahan penggumpal yang berbeda. Tahu diproses dengan asam asetat, kalsium sulfat, GDL (Glucono Delta Lactone) atau sisa cairan dari tahu sebelumnya. 

Sedangkan, tofu menggunakan bahan penggumpal GDL dalam jumlah yang sedikit. GDL ini digunakan untuk tofu karena dapat mengental dengan cepat. 

5. Kandungan air yang berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samafoodandnutrition.org

Kandungan air dalam tahu dan tofu pun berbeda. Dalam proses pembuatannya, tahu telah melewati proses pengepresan, sehingga kandungan airnya sedikit. Sedangkan, tofu gak mengalami pengepresan, sehingga mengandung air yang cukup tinggi. 

6. Tekstur yang berbeda

6 Perbedaan Tahu dan Tofu yang Harus Kamu Tahu, Serupa tapi Tak Samacollinsdictionary.com

Tahu memiliki tekstur yang lebih padat akibat pengepresan dalam pembuatannya. Sehingga, tahu gak mudah hancur dan lebih mudah menyerap bumbu.

Sedangkan, tekstur tofu sangat lembut, halus, dan mudah hancur, karena gak melalui proses pengepresan. Namun, tofu memiliki rasa yang sangat gurih. 

Nah, itulah perbedaan tahu dan tofu yang harus kamu tahu biar gak salah membeli. Kamu sendiri lebih suka yang mana, nih?

Download aplikasi resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 7 Resep Simpel Membuat Olahan Tahu yang Bergizi, Semua Pasti Suka

yummy-banner

Topic:

  • Dhiya Awlia Azzahra
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya