Comscore Tracker

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineral

Stop penggunaan botol air mineral bekas demi kesehatanmu!

Saat meminun air mineral cobalah untuk menengok bagian bawah botol. Di situ kamu akan melihat tanda segitiga dengan angka 1 di tengahnya dan kode PETE/PET di bawah segitiga itu. PETE/PET merupakan kapanjangan dari polyethylene terephthalate. Plastik jenis ini memiliki karakteristik jernih dan biasanya diperuntukkan sebagai kemasan air mineral, jus, atau minuman jenis lainnya.

Namun, tidak sedikit yang menggunakan ulang botol bekas air mineral itu untuk mengisi air minum. Ternyata ada fakta berbahaya penggunaan botol bekas air mineral lho. Yuk, simak 5 alasan berikut ini.

1. Botol jenis ini hanya untuk sekali pakai

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineralfreepik.com

Botol berbahan PETE/PET adalah jenis plastik yang didesain hanya bisa digunakan satu kali pakai. Apabila botol ini digunakan berulang kali maka akan menimbulkan efek berbahaya dari lapisan polimer plastik botol.

2. Simpan air mineral di suhu ruangan atau suhu dingin

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineraljomec.co.uk

Karakteristik plastik PETE/ PET ini tidak bisa menahan suhu panas karena suhu yang panas akan memicu pelelehan lapisan polimer botol. Lapisan polimer ini bersifat karsinogenik yang akan berbahaya bagi tubuh kamu. Zat karsinogenik ini adalah salah satu faktor pemicu penyakit kanker, mengerikan bukan?

Baca Juga: Catat! 5 Arti Kode Tanggal pada Kemasan Produk yang Wajib Kalian Tahu

3. Jangan isi dengan air panas

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineralwaterdocs.ca

Jangan coba-coba mengisi botol air mineral dengan air panas ya. Air panas ini akan dengan mudah meluruhkan lapisan polimer botol dan sangat mungkin akan tercampur dengan air yang akan kamu minum. 

4. Stop kebiasaan meninggalkan air mineral di mobil

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineralkcbi.org

Punya kebiasaan meninggalkan air mineral di dalam mobil? Atau dengan sengaja menyimpan stok air mineral di mobil? Mulai sekarang kamu harus stop kebiasaan itu karena ketika kamu meninggalkan air mineral di mobil, di saat suhu sekitar panas maka suhu di dalam mobil juga akan panas. Hal tersebut akan memungkinkan terjadinya proses pelelehan polimer dari plastik botolnya.

5. Memicu kontaminasi bakteri

Simak 5 Alasan Berbahaya Memakai Ulang Botol Kemasan Air Mineralbusinessinsider.sg

Kamu tidak bisa memastikan kebersihan dari botol air mineral bekas yang dipakai. Pemakaian ulang botol akan memicu terjadinya kontaminasi bakteri apalagi di bagian leher botol yang bersentuhan dengan mulut. Jika dilakukan pemakaian secara berulang-ulang bukan tidak mungkin jumlah bakteri akan semakin berkembang biak.

Wah, cukup mengerikan ya setelah mengetahui 5 fakta tersebut. Yuk, kita pergunakan botol air mineral sebagaimana mestinya!

Baca Juga: Tahukah Kamu? "Phthalate" Kandungan Air Kemasan yang Menyebabkan Kanker

Dita Anitya I Photo Community Writer Dita Anitya I

Book lover, konmari & zerowaste addict!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Paulus Risang

Just For You