Comscore Tracker

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam Masakan

Beda potongan ternyata juga beda masakan, lho

Daun bawang mudah dikenali dari bentuknya yang panjang dengan warna hijau segar di bagian atas dan putih di bagian batangnya. Aromanya yang unik dan cenderung tajam bisa memberikan sensasi gurih pada masakan.

Sayuran ini pun banyak digunakan sebagai campuran beragam masakan di dunia, terutama Asia. Kamu bisa menjumpainya dalam olahan sop, soto, aneka tumisan, martabak telur, telur dadar, aneka tumisan, dan masih banyak lainnya.

Dari beberapa jenis masakan yang disebutkan di atas itu, masing-masing bentuk potongan daun bawang berbeda, lho. Kalau belum tahu, simak ulasan tentang lima bentuk potongan daun bawang dan kegunaannya di bawah ini, ya!

1. Bulat tipis

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam MasakanIlustrasi potongan daun bawang bulat tipis (pixabay.com/manfredrichter)

Potongan daun bawang berbentuk bulat tipis ini barangkali paling sering digunakan. Pada potongan ini, daun bawang diiris setebal 1 cm atau bahkan kurang dari itu. 

Daun bawang kemudian bisa digunakan untuk pelengkap atau taburan makanan-makanan berkuah. Di antaranya seperti mi ayam, bakso, telur dadar, martabak, aneka gorengan hingga tumisan. 

2. Bulat panjang

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam MasakanIlustrasi potongan daun bawang bulat panjang (youtube.com/Cutco Cutlery)

Cara membuat potongan bulat panjang ini sebenarnya hampir sama dengan potongan bulat tipis, tentunya ukurannya lebih panjang.

Daun bawang dengan potongan bulat panjang biasanya dimasukkan saat masih dalam proses memasak sehingga memberikan aroma yang sedap. Kamu bisa menggunakan bentuk potongan ini pada sop, rawon, dan makanan-makanan berkuah lainnya.

3. Serong

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam MasakanIlustrasi potongan daun bawang serong (hungryhuy.com)

Potongan serong sebenarnya hanyalah preferensi dan bertujuan untuk memberikan nilai estetik pada masakan.

Potongan jenis ini pun bisa digunakan dalam beragam jenis masakan, baik yang berkuah atau tumisan. Ukuran ketebalannya sekitar 1 cm dengan panjang 2-3 cm.

Baca Juga: 9 Kesalahan Mengolah Daun Pepaya yang Membuatnya Terasa Pahit 

4. Panjang tipis

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam MasakanIlustrasi potongan daun bawang panjang tipis (hungryhuy.com)

Potongan daun bawang panjang tipis lebih sering ditemukan pada masakan Asia Timur, khususnya China. Daun bawang dengan potongan ini biasanya digunakan untuk taburan, seperti pada salad dan sop, dengan tujuan menyiasati aroma tajam dan langu saat daun disantap mentah.

5. Cincang kasar

5 Bentuk Potongan Daun Bawang dan Kegunaannya dalam MasakanIlustrasi daun bawang cincang (hungryhuy.com)

Daun bawang yang dicincang kasar biasanya digunakan untuk isian makanan yang tidak membutuhkan kesan estetik, misalnya isian martabak telur, gyoza, risoles ragout, dan sebagainya. Untuk membuat potongan ini, kamu perlu memotong bulat tipis terlebih dahulu, kemudian baru dicincang kasar.

Nah, sekarang kamu sudah tahu lima bentuk potongan daun bawang dan kegunaannya. Jangan sampai salah lagi, ya!

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Daun Bawang, Bawang Prei, Lokio, dan Kucai Ini?

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya