Comscore Tracker

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupuk

Lombanya seru, perut pun kenyang

Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa dan menggugah selera. Terbukti dengan banyaknya ragam dan sejarah kuliner di setiap daerah, baik kuliner tradisional maupun dikemas ala kekinian.

Selain itu, kuliner yang ada gak hanya untuk dikonsumsi sehari-hari, tetapi juga acara tertentu. Seperti halnya saat merayakan 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Beragam cara dilakukan, mulai upacara bendera hingga berbagai lomba yang seru banget. Sejumlah makanan juga turut hadir dalam perlombaan, baik lomba makan atau memasak.

Kira-kira kamu bisa menebak atau gak, makanan yang sering ada saat lomba 17 Agustus? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Semangka

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupukilustrasi lomba mengambil koin (instagram.com/turuntanganmdn)

Semangka merupakan buah menyegarkan yang kerap ada dalam perlombaan saat 17 Agustus. Bukan dipukul, seperti tradisi musim panas di Jepang, melainkan menjadi media untuk menancapkan koin.

Yups, lomba mengambil gigit di semangka salah satu yang paling seru untuk semua kalangan. Sejumlah koin akan ditancapkan pada seluruh bagian semangka.

Setelah itu, semangka akan dibaluri cokelat cair atau oli dan digantung. Peserta harus mengambil koin menggunakan mulut. Siapa paling banyak mendapatkan koin pada waktu yang telah ditentukan, maka dia pemenangnya.

Selain semangka, beberapa buah lain yang dapat digunakan, yakni jeruk bali dan pepaya. Lebih baik menggunakan pepaya yang masih mentah, supaya koin menancap sempurna.

2. Kacang hijau

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupukilustrasi lomba memindah kacang hijau (instagram.com/efriliagrace)

Kacang hijau menjadi makanan selanjutnya yang dapat kamu temui saat lomba 17 Agustus. Bukan memakan kacang hijau, tapi memindahkannya dari satu wadah ke wadah lain. Namun, gak semudah yang kamu bayangkan.

Lomba memindahkan kacang hijau ini butuh kesabaran, karena kamu harus menggunakan sumpit. Kamu harus memindahkan kacang hijau dari satu mangkuk ke mangkuk kedua yang kosong. Tentunya dengan batasan waktu, seperti 1-3 menit per sesi.

3. Nasi tumpeng

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupukilustrasi lomba menghias tumpeng (instagram.com/mila_ghalasa)

Kamu pasti sudah gak asing lagi dengan nasi tumpeng. Nasi berbentuk kerucut yang dihidangkan bersama beragam lauk. Nasi tumpeng bisa dihidangkan untuk ungkapan rasa syukur, ketika ada hajatan. Sedangkan, dalam perayaan 17 Agustus, tumpeng biasa disajikan untuk syukuran, lomba menghias, maupun lomba memasak.

Ada yang memberikan hiasan bertema kemerdekaan, seperti replika bendera merah putih dan sayuran yang dibentuk bertuliskan "HUT RI". Bahkan, ada pula yang membuat nasi tumpeng berwarna merah dan putih.

Baca Juga: 10 Ide Olahan Makanan dari Kacang Kapri, Asian hingga Western Food 

4. Biskuit

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupukilustrasi lomba makan biskuit (instagram.com/narjulfirdaus)

Gak cuma orang dewasa yang heboh dan ingin memeriahkan perayaan 17 Agustus. Anak-anak juga turut berpartisipasi mengikuti berbagai lomba. Ada lomba balap karung hingga lomba memakan biskuit.

Lomba makan biskuit ini mengandalkan gerakan wajah. Biskuit diletakkan di atas dahi, kemudian peserta harus menggerahkan dahi, mata, dan pipi untuk memasukkan biskuit ke dalam mulut. Lomba yang terbilang seru ini, kerap membuat juri maupun penonton tertawa dengan kelucuan ekspresi peserta.

5. Kerupuk

5 Makanan yang Sering Ada saat Lomba 17 Agustus, Gak Cuma Kerupukilustrasi lomba makan kerupuk (instagram.com/dina_moms.naufal.farah)

Satu lagi, nih makanan yang gak pernah absen saat perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia, yakni kerupuk. Di antara sekian banyak jenis kerupuk, tapi kerupuk aci lah yang digunakan dalam perlombaan.

Lomba makan kerupuk ini diikuti oleh peserta dari beragam kalangan usia, anak-anak maupun orang dewasa juga ada. Kerupuk akan digantung, kemudian peserta akan berlomba menghabiskan kerupuk.

Kedua tangan peserta diletakkan di belakang punggung. Hal ini membuat lomba makan kerupuk cukup sulit, tapi seru.

Namun, di balik keseruannya, lomba makan kerupuk memiliki kisah kelam. Dahulu, kerupuk menjadi makanan untuk masyarakat kecil. Karena harganya murah, sedangkan saat itu Indonesia tengah mengalami krisis ekonomi.

Apa rasa penasaranmu sudah terjawab? Makanan yang muncul dalam lomba 17 Agustus gak hanya untuk disantap, tapi juga sebagai media meletakkan koin.

Kamu pernah mengikuti lomba yang mana, nih? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: [QUIZ] Jangan Ngaku Pencinta Pedas kalau Gak Tahu Nama Makanan Khas Indonesia Ini!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya