Comscore Tracker

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90an

Memiliki rasa yang super enak

Indonesia dikenal sebagai negeri yang kaya akan budaya dan kulinernya. Setiap daerah akan memiliki kuliner masing-masing yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Juga, setiap daerah memiliki kue tradisional yang berbeda-beda namun semuanya begitu menggugah selera. Kue-kue tersebut sudah ada sejak tahun 90an dan masih ada sampai saat ini.

Berikut ini 5 kue tradisional yang dirindukan anak 90an!

1. Nagasari

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90aninstagram.com/pudingkueku

Nagasari merupakan kue yang juga dibungkus dengan daun pisang. Nagasari terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan kelapa dan garam. Isi nagasari adalah pisang kemudian dibungkus dalam daun pisang dan dimasak kukus hingga matang. Rasanya yang khas membuat kue ini sangat digemari anak-anak sepanjang masa.

2. Kue putu

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90aninstagram.com/wakeuphomestay

Ada ciri khas tersendiri dari kue putu. Saat memasaknya, kamu akan mendengar suara "ngiiing" yang cukup menggangu pendengaran. Tapi, kalau sudah mencium aroma putu yang mulai matang, kami akan lupa pada suara tersebut.

Kue putu terbuat dari tepung ketan, kelapa parut, garam, dengan isian gula merah di dalamnya. Agar rasa kue putu semakin gurih, biasanya akan ditambahkan taburan kelapa parut di atasnya.

Baca Juga: Ini Beda Lemper dan Arem-arem, Kue Tradisional Lezat yang Dikira Sama

3. Geplak

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90aninstagram.com/yullyfitri

Ini adalah satu lagi kue tradisional yang terbuat dari kelapa parut, geplak. Geplak merupakan kue tradisional khas Yogyakarta. Bahan untuk membuat geplak antara lain tepung beras, gula pasir, gula merah, dan kelapa parut.

Agar warnanya makin menarik, biasanya akan ditambahkan pewarna makanan pada geplak.

4. Lemper

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90aninstagram.com/babehmedan

Siapapun pasti sudah kenal baik dengan kue tradisional yang satu ini. Lemper dibungkus dengan daun pisang. Lemper terbuat dari beras ketan yang di dalamnya diberi isian ayam, serundeng atau abon.

Lemper menjadi jajanan yang umum ditemukan saat acara selamatan, syukuran, pernikahan, atau arisan.

5. Lemet singkong

5 Kue Tradisional Indonesia, Camilan yang Dirindukan Anak 90aninstagram.com/ressep_kue

Lemet singkong adalah kue tradisional yang memiliki rasa khas dan menggugah selera. Meski sangat sederhana, cita rasa kue ini tak bisa ditolak begitu saja.

Lemet singkong terbuat dari singkong yang dihaluskan dengan cara diparut, dicampur dengan kelapa parut, dan diberi garam serta gula secukupnya. Lemet singkong dimasak dengan cara dikukus dan dibungkus daun pisang.

Itulah 5 kue tradisional yang selalu dirindukan anak 90an. Dari kelima kue yang ada, mana nih kesukaanmu?

Baca Juga: 5 Fakta Lapis Legit, Kue Tradisional Indonesia yang Lezatnya Mendunia

Fika Faot Photo Verified Writer Fika Faot

English student in Undana.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya