Comscore Tracker

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaat

Makarel cocok dihidangkan bareng pasta lho!

Makarel merupakan jenis ikan yang hampir memiliki kemiripan dengan sarden, namun ikan yang satu ini cenderung lebih besar dan mempunyai tekstur daging yang cukup berbeda. Meski demikian, makarel termasuk ke dalam ikan yang kerap dijual dengan segar atau dalam bentuk kalengan.

Di tanah air sendiri, makarel cukup sulit ditemukan dan memiliki harga yang cukup tinggi. Nah, kalau kamu kebetulan memiliki stok ikan makarel di rumah, berikut ini terdapat lima sajian berbahan dasar makarel yang nikmat dan cocok untuk kudapan bersama keluarga.

1. Canned mackerel pasta

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaatbbc.co.uk

Mackarel hampir sama dengan sarden yang kerapkali dijual dalam bentuk kalengan, nah salah satu cara asik dalam mengolah makarel kalengan adalah dengan dijadikan topping untuk makanan Italia seperti pasta.

Salah satu jenis pasta yang cocok berdampingan dengan ikan makarel ialah spageti, jadi jika kamu tidak memiliki daging cincang atau jamur, kamu tetap bisa menikmati pasta lezat dengan campuran ikan makarel.

2. Korean grilled mackerel

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaatkoreanbapsang.com

Makarel cukup populer di Korea Selatan sebagai salah satu hidangan pendamping yang memiliki rasa gurih dan tekstur daging yang lembut. Cara mengolahnya pun biasanya dimasak dengan cara dibakar.

Khusus untuk olahan dengan sebutan godeungeo gui ini lebih baik pilih ikan yang masih segar dan fillet agar bagian tulang tidak ikut termasak. Selain itu, jangan lupa sisipkan bumbu marinasi yang terdiri dari jahe, cuka, kecap, dan minyak kanola. Bila ingin rasa pedas, tambahkan pasta cabai khas Korea di dalamnya.

Baca Juga: 6 Resep Olahan Ikan Mas yang Bercita Rasa Spesial, Dijamin Bikin Nagih

3. Pan fried mackarel fillet

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaatbbc.co.uk

Bila kamu tidak memiliki alat-alat masak yang lengkap di rumah, makarel juga tetap bisa diolah dengan mudah menggunakan alat seadanya seperti wajan atau teflon. Kamu bisa memasak ikan makarel yang sudah difillet dengan atau tanpa minyak.

Jangan lupa sajikan pan fried makarel bersama aneka ragam sajian pendamping yang bisa meningkatkan selera makan, seperti kentang. Siapkan pula saus kesukaan untuk menambah rasa agar semakin sedap.

4. Roasted mackerel

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaatakispetretzikis.com

Jika kamu lebih suka hidangan kaya bumbu dan rasa, maka jangan lewatkan sajian roasted mackerel yang satu ini, dengan tambahan bumbu marinasi yang penuh akan rempah, kamu bisa menciptakan makanan sedap lho!

Untuk memasak hidangan ini kamu dapat menggunakan alumunium foil atau langsung dipanggang di atas loyang, pastikan saat memanggang dengan oven kamu terus mengecek ikan agar tidak gosong ya!

5. Orange mackerel salad

5 Masakan Nikmat dari Ikan Makarel, Keluarga Tuna yang Kaya Manfaatrealfood.tesco.com

Kalau kamu suka dengan salad, tidak ada salahnya menambahkan sumber vitamin dan protein dari daging ikan seperti makarel ke dalam hidangan lho! Daging ikan bisa diolah dengan berbagai cara, salah satunya ialah di asap.

Komponen salad sendiri bisa terdiri dari apa saja, mulai dari buah jeruk, couscous, dan aneka sayur-mayur kesukaan yang bikin olahan salad lebih nikmat. Untuk dressing bisa disesuaikan dengan cita rasa yang ingin kamu dapatkan ya.

Itulah kelima olahan dari ikan makarel yang bisa kamu masak di rumah, walaupun agak sulit mendapatkan jenis ikan itu di tanah air, namun rasa yang enak dan manfaatnya yang banyak, membuat ikan ini patut untuk dicoba!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Ikan Nila yang Lezat, Mudah, dan Bikin Nagih 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya