Comscore Tracker

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!

Pokoknya harus nyicip deh kalau lagi jalan-jalan di Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota kecil yang terletak di provinsi Jawa Barat yang mempunyai keberagaman budaya dan tradisi yang cukup unik. Tak cuman itu saja, di Kota Cirebon juga memiliki berbagai macam kuliner serta jajanan khas yang wajib kalian santap.

Jajanan khas Kota Cirebon ini biasanya akan dijual secara sederhana melalui gerobakan atau di toko-toko makanan. Nah, berikut ini adalah keenam jajanan atau oleh-oleh khas Cirebon yang wajib kalian coba. Penasaran kan? Yuk kita lihat!

1. Tahu Gejrot

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!youtube.com/IDNtv

Tahu Gejrot adalah salah satu jajanan khas Cirebon yang sangat wajib banget untuk kalian coba. Bahkan jajanan khas orang Cirebon ini sudah bisa kalian temukan di berbagai macam kota dan daerah di Indonesia. Walaupun sudah sangat populer, tetapi kayaknya kurang afdol kalau kalian tidak mencicipinya langsung di kota asalnya.

Tahu Gejrot ini sebenarnya hanyalah tahu yang di goreng, lalu di campur dengan sedikit kecap manis dan gula aren. Setelah itu, tahu ini akan diberi tambahan ulekan bawang putih, bawang merah, dan cabai untuk menciptakan cita rasa yang lebih sedap.

2. Serabi

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!resephariini.com

Sebenarnya kalian bisa saja menemukan serabi di berbagai macam kota, seperti Surakarta atau pun Bandung. Tetapi, tentunya serabi asal Kota Cirebon ini mempunyai rasa yang unik dan justru tidak memberikan rasa manis layaknya serabi pada umumnya.

Serabi asal Kota Cirebon ini kadang dibuat dengan campuran telur, oreg, tempe goreng, oncom, dan tauco. Maka dari itu serabi Khas Kota Cirebon ini mempunyai rasa yang cenderung asin dan gurih.

3. Kue Apem

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!bacaterus.com

Kue Apem merupakan jajanan khas yang sudah bisa kalian temukan di beberapa daerah. Tetapi jika kalian sedang jalan-jalan ke Kota Cirebon, maka jangan pernah lewatkan kue apem khas kota tersebut. Pasalnya kue apem khas Kota Cirebon ini mempunyai cita rasa gurih, manis, dan nikmat.

Kue apem ini terbuat dari bahan dasar, seperti telur, gula, santan, dan sedikit campuran garam. Lalu, adonan bahan tersebut dimasak dengan cara dikukus dan dibakar. Kue apem yang dibakar mempunyai tekstur rasa yang lebih gurih dan legit.

Baca Juga: Ke Jawa Timur, Pantang Deh Melewatkan 7 Kuliner Mak Nyuss Ini!

4. Kerupuk Melarat

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!bacaterus.com

Walaupun namanya melarat, namun kalian jangan takut menjadi melarat gara-gara memakan kerupuk ini. Kerupuk melarat ini memiliki variasi warna warni dan dijual dengan harga yang sangat murah. Kerupuk melarat juga mempunyai rasa gurih manis.

Kerupuk ini sangat cocok untuk dimakan bersama nasi atau cemilan lainnya. Uniknya dari kerupuk melarat ini adalah tidak digoreng menggunakan minyak, melainkan di goreng menggunakan pasir. Dan kerupuk melarat akan lebih sedap jika kita campurkan bersama sambal asam.

5. Gapit

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!seratus.id

Gapit merupakan salah satu maskot jajanan yang ada di Kota Cirebon. Jika kita lihat sekilas, gapit ini mempunyai bentuk tampilan yang mirip layaknya wafer. Bedanya, kue gapit tidak dilapisi oleh selai dan cenderung mempunyai harga yang murah.

Kue gapit dapat kalian temukan di seluruh toko oleh-oleh khas Cirebon dengan varian rasa original, balado, keju, manis, bawang, dan kacang. Kue gapit sangat cocok untuk dinikmati dengan secangkir teh manis.

6. Sate Kentang

Auto Bikin Lapar, Inilah 6 Jajanan Khas Cirebon yang Wajib Dicoba!nasijamblangmarkas.blogspot.com

Mau cari jajanan yang dapat langsung mengenyangkan perut? Mungkin, sate kentang ini dapat menjadi solusinya. Yup, sate kentang merupakan jajanan khas Kota Cirebon yang bisa kalian lahap dengan cara di gado atau bisa juga disantap menggunakan makanan berat lainnya.

Sebenarnya sate kentang ini dibuat dari kentang yang direbus, lalu ditusuk dengan tusukan bambu. Kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu agar menambah kesan rasa yang lebih sedap. Cukup memakan 2-3 sate kentang saja maka sudah bisa mengganjal perut kita yang lapar lho.

Nah, itulah keenam jajanan khas Kota Cirebon yang sangat enak dan sedap. Pokoknya jika kalian jalan-jalan ke kota Cirebon, jangan lupa untuk mencicipinya ya!

Baca Juga: 7 Kuliner Khas Indonesia Ini Terbuat dari Serangga, Kamu Berani Coba?

Kanz_ Photo Verified Writer Kanz_

Anak muda yang memiliki ketertarikan terhadap gadget dan Momoland...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya