Comscore Tracker

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Hari

Jangan minum kopi pagi-pagi ya!

Minum kopi di pagi hari menjadi rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan. Bagi sebagian orang, minum secangkir kopi di pagi hari sudah cukup untuk membuat mereka bertahan sepanjang hari. Kafein pada kopi memang mampu membuat tubuh kita siap untuk memulai hari.

Kabar buruknya, meski secangkir kopi bisa membuat kita terbangun tapi kopi bukanlah minuman terbaik. Seperti yang dilansir dari thedailymeal.com, berikut ini minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi di pagi hari!

1. Air lemon

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Hariunsplash.com/Charity Beth Long

Meminum segelas air setelah bangun tidur bisa menjadi cara terbaik untuk memulai hari, akan lebih baik lagi kalau kamu menambahkan beberapa sendok air lemon. Segelas air lemon segar bukan hanya bisa membuat kamu terbebas dari rasa ngantuk, tapi juga memberi kamu vitamin C yang cukup.

Manfaat lainnya, air lemon dapat menjadi detox alami bagi hati dan sistem pencernaan kamu. Cara membuatnya pun sangat mudah, cukup peras satu atau tambahkan beberapa sendok sari lemon ke dalam segelas air.

Agar rasanya tidak terlalu asam, kamu bisa menambahkan beberapa sendok madu. Aduk rata hingga warna airnya berubah keruh. Segelas air lemon siap untuk diminum!

2. Air kelapa

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Harithehealthy.com

Jika air lemon terlalu asam untukmu, alternatif lain yang bisa kamu coba adalah air kelapa. Air kelapa tua memiliki rasa manis alami dan mengandung banyak nutrisi seperti potasium, kalsium, dan antioksida yang dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Terakhir, air kelapa juga ampuh untuk meredakan perut kembung dan mengandung kalium yang tinggi.

Baca Juga: Ini Reaksi Tubuh Setelah Minum Soda, Minuman Berkarbonasi Tinggi Gula

3. Teh jahe

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Harithespruceeats.com

Beberapa orang memiliki sistem pencernaan yang kurang baik sehingga mereka tidak bisa mengonsumsi minuman atau makanan yang terlalu asam, terlalu dingin, pedas, atau mengandung santan. Kalau kamu adalah salah satunya, kamu bisa mengganti air kelapa atau lemon dengan air jahe.

Jahe mengandung zat anti-inflamasi yang dapat meredakan mual, dan menenangkan perut dari rasa sakit. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merebus satu gelas air dengan satu sendok makan jahe parut. Atau rebus air dan beberapa iris jahe selama 10 menit. Setelah mendidih, angkat,  tuang ke dalam gelas dan minum selagi hangat.

4. Smoothie

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Hariunsplash.com/Brenda Godinez

Smoothie untuk sarapan menjadi tren yang dilakukan oleh banyak orang. Selain enak, smoothies juga terbuat dari buah-buahan sehingga baik untuk kesehatan. Buah berry terutama mengandung banyak antioksida. Kamu bisa menambahkan pisang, susu almond atau kedelai, parutan kelapa, dan buah berry. Tambahkan chia seeds untuk taburan.

5. Green tea

Bukan Kopi, Ternyata Ini Minuman Terbaik untuk Dinikmati di Pagi Hariunsplash.com/Verena Böttcher

Green tea bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang ingin berhenti minum kopi. Sama seperti kopi, secangkir green tea juga mengandung kafein. Namun kafein yang dimiliki green tea jauh lebih sedikit dari kopi. Dan yang terpenting adalah, green tea kaya akan antioksidaan. Kamu bisa membeli green tea kemasan di minimarket, dan menyeduhnya sendiri dirumah.

Kopi memang bisa membuat kamu lebih siap menghadapi hari, tapi pagi bukanlah waktu terbaik untuk minum kopi. Sebagai gantinya, kamu bisa mencoba salah satu dari lima minuman di atas. Selain enak, juga lebih sehat!

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Lia Photo Verified Writer Lia

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You