Comscore Tracker

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?

Sama-sama manis sih, tapi...

Peran gula dalam masakan sangat penting. Tanpanya, rasa hidangan tak akan seimbang. Apalagi kalau membuat suguhan manis, gula wajib ada. Selain gula putih, palm sugar dan brown sugar juga kerap jadi pilihan, terutama untuk membuat minuman.

Sekilas memang terlihat sangat mirip, tapi nyatanya sangat berbeda, lho. Berikut perbedaan palm sugar dan brown sugar yang harus kamu pahami, biar gak salah menggunakannya.

1. Cara pembuatan yang berbeda

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?(ilustrasi palm sugar) tastysuperfoods.com

Brown sugar sebenarnya adalah gula pasir yang ditambahkan dengan molase yang disebut sari tebu atau tetes tebu. Oleh karena itu, warna brown sugar jadi cokelat.

Sedangkan, palm sugar dibuat melalui dua tahap untuk membuat bentuk butiran, blok, ataupun cair. Pertama, nira atau cairan manis dari kelapa diambil dan dimasak dengan api hingga menguap. Proses memasak ini menyebabkan karamelisasi, sehingga gula berubah warna.

2. Kandungan gulanya pun tak sama, lho

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?(ilustrasi brown sugar) thekitchn.com

Meski keduanya memiliki warna cokelat yang hampir serupa, kandungan gulanya tetap berbeda. Umumnya, brown sugar terbuat dari 95 persen sukrosa dan lima persen molase. Sukrosa sendiri terdiri dari 50 persen fruktosa dan 50 persen glukosa.

Berbeda dengan palm sugar yang kandungan gulanya hanya terdiri dari sukrosa dan molekul fruktosa. Bisa dikatakan bahwa kandungan gula pada brown sugar lebih banyak dibanding palm sugar. Palm sugar dinilai lebih alami, karena terbuat dari cairan kelapa.

3. Terlihat dari rasa dan tekstur

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?(ilustrasi palm sugar) daveasprey.com

Kamu juga bisa melihat perbedaan kedua gula ini dari rasa dan teksturnya. Proses produksi palm sugar yang lebih alami membuat rasanya tak semencolok brown sugar. Meski keduanya terasa seperti karamel, rasa brown sugar jauh lebih manis.

Dari tekstur pun keduanya terasa berbeda. Brown sugar yang terbuat dari gula pasir terksturnya lembab dan kasar. Ukuran butirannya pun kecil dan seragam. Berbeda dengan palm sugar yang terasa kering saat dipegang, ukuran butiran pun lebih beras.

Baca Juga: 10 Jenis Gula yang Sangat Umum Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

4. Digunakan untuk jenis makanan yang berbeda

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?(ilustrasi brown sugar) chowhound.com

Penggunaan kedua jenis gula ini tak bisa sembarangan. Bahkan, keduanya digunakan dalam jenis makanan yang berbeda, lho.

Brown sugar sering digunakan untuk membuat kue dan roti, karena mudah larut dalam mentega. Sedangkan, palm sugar  tidak dapat larut dalam benda padat seperti mentega, tapi lebih mudah larut dalam air.

Oleh karena itu, gula dari kelapa ini lebih sering ditambahkan ke dalam kopi dan teh hangat. Rasanya pun jadi lebih nikmat, manisnya tidak berlebihan.

5. Tips menyimpan palm sugar dan brown sugar

Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar yang Dianggap Sama, Sudah Tahu?(ilustrasi brown sugar) auxdelicesbakery.com

Buat kamu yang selalu sedia stok dua jenis gula ini, ada beberapa tips ampuh menyimpannya agar lebih awet. Di antaranya sebagai berikut.

  1. Letakkan di dalam stoples yang tertutup rapat. Dengan begitu, tak akan ada udara yang masuk dan menyebabkan palm sugar atau brown sugar jadi menggumpal.
  2. Kamu juga bisa meletakkannya di dalam plastik ziplock. Kemudian, masukkan dan simpan di dalam stoples, dijamin gula bakal lebih awet.
  3. Taruh beberapa buah marshmallow bersama palm sugar atau brown sugar di dalam stoples. Ini bisa membuat gula jadi lebih lembut dan halus, karena marshmallow berfungsi untuk menyerap udara.

Nah, itulah beberapa perbedaan palm sugar dan brown sugar yang harus kamu tahu. Praktikkan pula tips menyimpannya, supaya gula lebih tahan lama. Gula mana yang lebih sering kamu gunakan dalam memasak?

Download aplikasi resep masakan terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama! 5 Perbedaan Antara Gula Merah dan Aren

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya