Comscore Tracker

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!

Mumpung lagi musim durian, nih!

Saat musim penghujan seperti sekarang adalah musim panen bagi buah durian. Buah yang dikenal dengan aromanya yang khas ini adalah buah favorit banyak orang. Tak heran, sebagian orang rela berburu buah durian, walau harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara memilih buah durian yang sudah matang. Simak tips berikut ini, yuk!

1. Goyangkan buah durian

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!herworld.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengambil dan menggoyangkan buah durian, jelas laman The Washington Post. Pakai sarung tangan karena durinya yang tajam bisa melukai tanganmu.

Lalu, dekatkan telinga ke buah durian dan goyangkan. Jika kamu mendengar sesuatu yang bergerak di dalam, itu berarti buah durian sudah mengering. Tandanya, buah durian sudah terlalu matang!

2. Lihat bagian batang durian

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!lonelyplanet.com

Langkah selanjutnya adalah melihat bagian batang durian. Durian yang benar-benar segar memiliki ujung batang yang lembap dan warnanya cenderung muda, ungkap laman The Washington Post.

Sebaliknya, jika bagian ujung batang durian semakin gelap dan kering, maka itu tandanya durian sudah lama terlepas dari pohon. Durian pun sudah tidak segar lagi. Kita harus jeli agar tidak salah pilih!

Baca Juga: 5 Kuliner Durian di Bandung Ini Bikin Kamu Merem Melek Saat Memakannya

3. Durian yang matang memiliki aroma yang kuat

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!businessinsider.sg

Meneliti tampilan visual durian sudah dilakukan, kini giliran mencium aromanya! Durian dengan aroma yang kuat dan tajam menandakan bahwa buah ini sudah matang dan siap dimakan, terang laman The Washington Post.

Apabila tidak ada aroma yang keluar, itu berarti durian belum matang. Namun, perhatikan jika aroma durian terlalu kuat dan tajam, ini menandakan bahwa durian sudah terlalu matang (over ripe).

4. Pilih durian yang berbentuk oval atau agak lonjong

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!independent.co.uk

Bentuk menjadi salah satu indikator penting untuk menentukan matang atau tidaknya buah durian. Menurut laman Her World, buah durian terbaik memiliki bentuk oval atau lonjong. Ini karena isinya lebih padat, bijinya kecil dan rasanya enak.

Di sisi lain, buah durian yang bulat sempurna biasanya bagian bijinya lebih besar, kurang aromatik dan dagingnya kurang lembut. Jangan buru-buru membeli, perhatikan dulu bentuknya, ya!

5. Jika diperbolehkan, coba cicipi sebelum membeli

5 Tips Memilih Buah Durian yang Sudah Matang, Biar Gak Zonk!news.sky.com

Jika kamu membeli durian di supermarket, kecil kemungkinan kamu bisa mencicipi sebelum membeli. Berbeda jika kamu membeli durian di pasar tradisional, biasanya penjual akan berbaik hati membiarkanmu untuk mencicipi buah durian.

Dengan merasakan sendiri, kamu akan tahu bahwa buah durian itu enak atau tidak. Jika setelah mencicipi rasanya tidak enak, kita tidak punya kewajiban untuk membelinya. Hal ini sudah menjadi kesepakatan tidak tertulis di kalangan penjual dan pembeli durian.

Nah, itulah 5 cara untuk mengetahui apakah buah durian sudah matang atau belum. Tunggu apalagi? Yuk berburu buah durian!

Baca Juga: Ke Kuala Lumpur, Ini 5 Alasan Kamu Wajib Coba Durian Musang King

Nena Zakiah Photo Verified Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah and @foodgraphy_indonesia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya