Comscore Tracker

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!

Krispi di luar, juicy untuk bagian dagingnya!

Ayam goreng akan menjadi sangat lezat, jika disantap dengan nasi panas, sambal, dan lalapan. Sensasi dari kulitnya yang renyah dengan daging yang juicy, sudah pasti hidangan ini akan sangat digemari oleh keluarga.

Agar kulit ayam goreng menjadi lebih krispi, ikuti deretan tips berikut agar ayam gorengmu menjadi tambah nikmat. Kamu penasaran? Yuk, simak!

1. Sayat daging ayam jika potongannya besar

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!ilustrasi daging ayam yang disayat. (pexels.com/Saveurs Secretes)

Jika ayam yang akan dimasak memiliki ukuran cukup besar, kamu bisa memberikan sayatan agar ayam lebih cepat matang dan bumbunya lebih meresap. Semakin kecil potongan ayam, maka proses pematangan dan proses peresapan bumbu akan lebih cepat, dibanding ukuran ayam yang besar.

2. Tambahkan cuka sebagai bumbu marinasi ayam 

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!Proses memberikan marinasi. (youtube.com/Devina Hermawan)

Agar tekstur ayam menjadi lebih lembut dan juicy, marinasi ayam dengan cuka dan bahan lainnya seperti garam, kaldu, bawang putih, merica, dan maizena. Selain akan memberi rasa, cuka akan membuat kulit ayam lebih garing dan renyah setelah di goreng.

Marinasi ayam selama 1-2 jam di suhu ruang atau masukkan kulkas jika lebih dari dua jam.

3. Ayam sudah dalam suhu ruang saat akan digoreng 

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!ilustrasi ayam yang dimarinasi. (freepik.com/timolina)

Jika kamu memarinasi ayam dengan memasukkannya ke kulkas, pastikan ayam sudah tidak dingin saat akan digoreng. Diamkan ayam setelah dikeluarkan dari kulkas, hingga suhunya sama dengan suhu ruang. Hal tersebut dilakukan agar ayam matang merata.

Jika kamu menggorengnya saat masih dalam keadaan dingin, ayam akan lama matang dan bagian dalam ayam masih mentah.

Baca Juga: Resep Kulit Ayam Krispi Bumbu Pedas, Camilan Enak yang Bikin Rebutan

4. Gunakan metode menggunakan air mendidih 

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!Proses metode air mendidih. (youtube.com/Devina Hermawan)

Terdapat beberapa metode penggorengan untuk memperoleh kulit yang krispi untuk ayam goreng. Salah satunya, kamu bisa menggunakan air mendidih sebelum digoreng, metode ini akan membuat kulit lebih krispi dan mengembang, dibandingkan goreng biasa.

Kamu bisa membuat air mendidih terlebih dahulu, lalu siram ayam dengan air hingga kulitnya terlihat mengencang.

5. Olesi ayam dengan cuka, lalu goreng

5 Tips Bikin Ayam Goreng agar Kulitnya Krispi, Tambah Cuka!Proses mengolesi ayam dengan cuka. (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah ayam disiram dengan air mendidih, lap ayam dengan tisu kering, lalu oles ayam dengan cuka agar daging lebih matang merata dan kulitnya mulus. Setelah itu, goreng ayam di minyak panas hingga kecoklatan, lalu tiriskan.

Cara penggorengan yang seperti ini sering dilakukan untuk memasak ayam panggang chinese food, agar kulit ayam menjadi lebih krispi dan renyah.

Nah, jangan lupa praktekin, ya, tips di atas. Dijamin krispi dan matang sampai dalamnya, deh. Selamat mencoba di rumah, ya!

Baca Juga: Resep Bburinkle Chicken, Ayam Goreng Crispy dan Gurih dari Korea

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: nndf_pr დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya