Comscore Tracker

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmat

Kamu suka yang mana?

Siapa yang tak suka dengan kopi? Bisa dipastikan hampir semua orang di dunia suka akan kopi. Aroma kopi yang wangi menjadikan kopi sebagai salah satu minuman favorit di dunia.

Meski rasa kopi cukup pahit, saat ia dikolaborasikan bersama susu, gula dan bahan lainnya, kopi akan menghasilkan satu minuman dengan kualitas rasa serta aroma juara.

Indonesia sendiri, saat ini menjadi salah satu negara penghasil kopi terbaik dunia. Hampir setiap daerah atau kota di Indonesia menghasilkan kopi terbaiknya yang khas.

Dari data yang ada, sedikitnya ada 16 jenis kopi asal Indonesia yang diminati pasar Internasional. Dan dari ke 16 jenis kopi yang ada, sedikitnya ada 5 kopi paling favorit karena rasa dan aromanya yang juara. 

Berikut penjelasannya.

1. Kopi Arabika Gayo, Sumatera

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmatinstagram.com/coffeshop_gayo

Kopi Gayo merupakan kopi yang berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh, Sumatera. Kopi Gayo memiliki cita rasa khas dan aroma yang sangat wangi. Karena kelezatan rasa juga aromanya, kopi Gayo dipercaya sebagai kopi termahal di dunia.

Kopi Gayo umumnya adalah kopi organik mulai dari budidaya sampai proses pengolahannya. Tak heran jika kopi Gayo dikenal sebagai kopi dengan kualitas nomor satu.

2. Kopi Arabika Toraja, Sulawesi Selatan

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmatinstagram.com/brotherstorajacoffee

Kopi Toraja merupakan jenis kopi yang juga disukai masyarakat dunia. Kopi Toraja memiliki cita rasa dan aroma yang khas. Dibandingkan kopi-kopi lain di Indonesia, kopi Toraja sangat khas dengan cita rasa yang hanya bisa ditemukan dari tanah Toraja ini.

Beberapa negara yang menjadi konsumen kopi Toraja antara lain Jepang, Jerman, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: 10 Bahan Unik yang Bisa Dicampur ke dalam Kopi, Rasanya Tak Terduga!

3. Kopi Arabika Flores, Nusa Tenggara Timur

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmatinstagram.com/kopirong

Untuk kopi dengan kualitas rasa dan aroma juara selanjutnya adalah kopi Flores, Nusa Tenggara Timur. Kopi Flores memiliki cita rasa dan aroma yang khas pula. Banyak yang mengklaim bahwa kopi dari kawasan timur Indonesia ini sangat unik.

Tak hanya masyarakat lokal yang suka akan kelezatan kopi Flores, masyarakat dunia juga menyukainya dan menjadi tujuan ekspor kopi Flores.

4. Kopi Arabika Kintamani, Bali

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmatinstagram.com/omahkopi_bakulan

Kopi Kintamani, Bali tak kalah populer jika dibandingkan dengan kopi-kopi lainnya. Kopi Kintamani memiliki cita rasa khas, aroma harum dan unik.

Beberapa negara yang menjadi penikmati kopi Kintamani adalah Jepang, Amerika, Eropa dan beberapa negara Arab di Timur Tengah. 

5. Kopi Arabika Jawa

5 Kopi Asal Indonesia dengan Rasa dan Aroma yang Nikmatinstagram.com/kopiamga.co

Beberapa daerah di pulau Jawa juga menjadi daerah untuk memproduksi kopi kualitas wahid. Salah satu kopi dari pulau Jawa yang sangat terkenal dan mendunia adalah kopi Ijen Raung khas Bondowoso.

Dari tahun ke tahun, hasil produksi kopi asal Jawa ini yang diekspor keluar negeri terus bertambah mencapai ratusan ton.

Nah, Itulah sedikitnya 5 jenis kopi asal Indonesia dengan kualitas rasa dan aroma juara. Kopi-kopi ini juga menjadi kopi favorit masyarakat lokal maupun internasional.

Baca Juga: 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan, Bisa Bantu Hilangkan Stres

Nona Ella Photo Verified Writer Nona Ella

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya