Comscore Tracker

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Keliru

Makanan kesukaan vegan

Tahu dan tofu adalah dua bahan makanan yang seringkali dianggap sama. Dari segi rasa dan warna keduanya memang mirip. Bahan dasarnya pun juga sama, yaitu dari sari kedelai yang difermentasikan. Tapi meskipun mempunyai kemiripan, rupanya dua bahan makanan tadi cukup berbeda. Untuk lebih mengerti, mari simak perbedaan tahu dan tofu berikut ini!

1. Tahu

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Kelirupixabay.com/621hjmit

Siapa sih yang gak kenal dengan tahu? Tahu bisa dikatakan bahan makanan yang populer di Indonesia. Tahu memiliki tekstur yang lembut namun padat. Selain itu, kandungan airnya juga lebih sedikit dari pada tofu.

Dalam pengemasan, tahu tidak memerlukan perlakuan khusus. Biasanya bahan makanan ini dijual dengan menggunakan plastik sebagai wadahnya.

2. Tofu

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Kelirumarystestkitchen.com

Lain dengan tahu yang mempunyai tekstur yang lebih padat. Tofu memiliki kandungan air yang lebih tinggi sehingga teksturnya sangat lembut, licin dan lumer saat di mulut.

Karena itulah tofu biasanya ditempatkan dalam plastik khusus kedap udara. Tujuannya untuk mempertahankan tekstur serta menjaga kualitasnya.

3. Asalnya

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Kelirusplendidtable.org

Dilansir dari Wikipedia.org, tahu merupakan olahan kacang kedelai yang berasal dari Tiongkok. Penamaan tahu konon diambil dari bahasa Hokkian, yakni 'tauhu'.

Karena lebih populer dengan nama tofu, tak sedikit orang yang berasumsi jika keduanya adalah bahan makanan yang sama. Sedangkan tofu adalah makanan asli Jepang.

Baca Juga: Coba, Nih! Resep Tofu Rice Noodles yang Bisa Bikin Kamu Ketagihan!

4. Cara pembuatan

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Kelirugardenista.com

Secara garis besar, proses pembuatan tahu dan tofu dilakukan dengan cara yang hampir sama. Yakni, dengan menggunakan metode koagulasi atau penggumpalan. Sari kedelai yang telah didapat akan diberi bahan penggumpal. Lalu, setelah itu adonan di-pressure. Pressuring inilah yang akhirnya mempengaruhi tekstur dari tahu dan tofu.

Tahu dibuat dengan cara menekan adonan, sehingga kandungan airnya keluar dan menghasilkan tekstur yang padat.

Sedangkan tofu dibuat tanpa menekan adonannya. Oleh karena itu, teksturnya masih memiliki kandungan air yang banyak.

5. Teknik memasak

Mengenal Perbedaan Tahu dan Tofu, Jangan Sampai Kelirutaste.com.au

Cara memasak tahu dan tofu juga sangat berbeda. Dikarenakan tekstur keduanya tidak sama. Untuk mengolah tofu, kamu perlu mengukus atau menggoreng terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghasilkan tofu yang mudah dipotong dan tidak lumat saat diolah.

Sebaliknya, tahu sangat mudah untuk dimasak. Mau digoreng, ditumis atau dikukus tidak memerlukan trik khusus. Hanya saja kamu perlu berhati-hati dalam mengaduk atau membaliknya agar tahu tetap dalam keadaan utuh.

Wah, banyak juga ya perbedaan tahu dan tofu. Kalau kamu suka tahu atau tofu?

Baca Juga: Bosan? Bikin Aja Resep Sweet and Spicy Tofu yang Super Yummy Ini, Yuk!

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Siantita Novaya
  • Septi Riyani

Just For You