Comscore Tracker

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!

Nah 'kan jadi lapar~~

Ketika mendengar nama Tegal, mungkin yang terlintas dalam pikiran kamu adalah warung tegal alias warteg. Yup, kota di pesisir utara Jawa ini memang dikenal sebagai daerah yang mempopulerkan warteg. Selain itu, Tegal juga dikenal karena logat bicara orang-orangnya yang khas dan unik.

Tapi, tahukah kamu bahwa Tegal ternyata memiliki keistimewaan lain yang dikenal banyak orang? Yup, ternyata Tegal memiliki aneka pilihan kuliner khas yang menggugah selera lho. Nah, salah satu yang paling populer adalah nasi bogana. Belum tahu fakta-fakta seputar nasi bogana? Simak yuk penjelasannya berikut ini!

1. Apa sih nasi bogana?

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!instagram.com/masyege/

Nasi bogana adalah salah satu kuliner khas Tegal yang sangat populer. Terdiri dari kombinasi nasi gurih, ayam kari yang disuwir, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng sapi, sambal goreng hati ampela, irisan tahu dan tempe bacem. Nasi bogana biasanya disajikan dengan sambal bawang yang semakin menambah nikmat rasanya.

Di tempat asalnya, nasi bogana disajikan dalam bungkusan daun pisang. Porsinya pas untuk sekali makan dan rasa gurih sedang membuat makanan ini nikmat disantap kapan saja. Tenang saja, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Tegal jika ingin menyantap nasi bogana ini. Pasalnya, hidangan nasi bogana sudah dapat kamu temukan di daerah-daerah lain mengingat banyak orang yang menyukai kuliner ini.

2. Sejarah nasi bogana

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!instagram.com/irenedony/

Belum ada sumber pasti yang bisa dirujuk terkait asal-usul nasi bogana. Kendati dikenal sebagai sajian khas Tegal, nasi bogana disebut-sebut berasal dari Kasultanan Cirebon. Secara administratif, kedua wilayah ini berbeda wilayah, Tegal di Jawa Tengah sementara Cirebon terletak di Jawa Barat.

Namun demikian, secara geografis, keduanya masih berdekatan dan sama-sama berada di kawasan Pantai Utara. Dilihat dari aspek sosial, ekonomi, kuliner, dan budaya, antara Cirebon dan Tegal pun mempunyai banyak kemiripan.

Maka, tidak mengherankan apabila nasi bogana dikenal dan dianggap berasal dari masing-masing tempat, baik Tegal ataupun Cirebon. Dari sisi kebahasaan, kata “bogana” sendiri berasal dari dari bahasa Sunda “Saboga-bogana” yang berati “seadanya” atau “semampunya”. Sebuah ungkapan rasa syukur kepada karunia Sang Pencipta. Nasi bogana kerap disajikan pada upacara adat, selametan, atau syukuran.

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Tegal Ini Wajib Dicoba, Rasanya Bikin Ketagihan! 

3. Cara penyajian nasi bogana

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!instagram.com/dapoer_harshala/

Penyajian nasi bogana yang terdiri dari beberapa jenis lauk dan sayur menunjukkan karakter kuliner Nusantara. Di Cirebon maupun Tegal selain nasi bogana juga dikenal jenis makanan lain dengan penampilan serupa yaitu nasi lengko dan nasi megono.

Penyajian yang khas yaitu nasi putih hangat dibungkus dengan daun pisang atau daun jati. Macam-macam sajian ini mudah ditemui di wilayah Pantura yang membentang dari Jawa bagian Barat hingga bagian Timur. Cita rasa, penyajian, serta fungsi-fungsi kultural nasi bogana mirip dengan nasi megono, nasi uduk, nasi gurih dan nasi liwet.

Jika kamu penasaran dengan cita rasa kuliner yang satu ini, cobalah untuk berburu nasi bogana di beberapa tempat seperti Jakarta dan Surabaya. Biasanya hidangan khas daerah ini tersedia di kota-kota besar lantaran jadi daerah tujuan para perantau. Namun jika kamu ingin menjajal memasak nasi bogana di rumah boleh-boleh juga kok.

4. Resep nasi bogana

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!instagram.com/cisoncake/

Nah, khusus buat kamu yang penasaran ingin menjajal memasak sendiri menu nasi bogana di rumah, berikut ini resep yang bisa kamu praktikkan!

Bahan:
500 gr beras, cuci bersih
1 ekor ayam, potong 8 bagian atau sesuai selera
1,5 liter santan kental dan 1,5 liter santan encer dari 2 butir kelapa
3 batang serai, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
½ sdt lada bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
2 cm kunyit

Lauk pauk:
Dendeng iris-iris
Sambal goreng ati
Telur rebus
Kering tempe
Serundeng

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam hingga harum.
2. Masukan ayam, aduk-aduk hingga berubah warna.
3. Tuang santan encer. Tambahkan gula pasir dan garam. Aduk hingga mendidih.
4. Tuang santan kental sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tidak pecah.
5. Tiriskan ayam, kemudian suwir-suwir. Sisihkan kurang lebih 750 ml kuahnya.
6. Rebus beras dengan 750 ml kuah ayam. Masak hingga kuah meresap. Tiriskan.
7. Sajikan nasi bogana bersama ayam suwir dan bahan pelengkap lainya.

5. Kandungan gizi nasi bogana

Kenalan Yuk Sama Kuliner Lezat Khas Tegal, Nasi Bogana!instagram.com/nasibogana_id/

Dalam satu porsi nasi bogana yang terdiri dari nasi, ayam, oseng kacang panjang, telur pindang, serundeng sapi, sambal goreng hati ampela, irisan tahu dan tempe bacem ini kurang lebih mengandung 700 kalori. Sementara, besaran protein yang bisa didapat dari satu porsi nasi bogana kurang lebih adalah 30 gram.

Nah, khusus bagi kamu yang memang selalu menghitung asupan kalori harian atau bahkan sedang menjalani diet, sebaiknya perhatikan betul nih kandungan gizi dari nasi bogana. Jangan sampai dengan menyantap makanan yang satu ini justru membuat dietmu berantakan, ya!

Gimana, sudah siap untuk mencicipi atau bahkan memasak nasi bogana sendiri di rumah? Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: Awas Ngiler! 10 Makanan Khas Banten yang Wajib Kamu Coba

Pagi Kusumardani Photo Verified Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya