Comscore Tracker

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergoda

Sudah pernah cobain yang mana aja, nih?

Sudah pada ngiler kan, begitu baca judulnya? Tak apa. Semua orang memang bakalan langsung lapar kalau terlintas kata 'mie' di kepalanya. Hehehe.

Oke, tanpa basa-basi, yuk kita kenalan dengan beberapa sajian mie dari berbagai daerah di Indonesia tercinta. Semuanya kelihatan enak banget, lho!

1. Mie Celor, Palembang

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodatravelingyuk.com

Mie ini mendapat julukan spaghetti ala Indonesia. Sebab, mienya menggunakan mie kuning, berukuran besar dan berbentuk lurus panjang seperti spaghetti. Kuah mie nya kental dan gurih karena perpaduan santan, terigu, kuah kaldu udang juga telur di dalamnya.

Untuk topping, biasanya ditambahkan potongan telur rebus, daging udang dan bawang goreng. Cita rasa seafood-nya juga sangat terasa di mie celor ini.

2. Mie Aceh

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaandysatria.wordpress.com

Mie Aceh terbuat dari mie kuning yang ditumis dengan berbagai bumbu rempah. Untuk toppingnya, diberi tambahan udang, cumi dan daging sapi atau kepiting irisan.

Biasanya juga ditambahkan acar, emping, acar, bawang goreng, jeruk nipis sebagai pelengkap. Tekstur mie nya kenyal dengan rasa rempah yang kuat dan segar. Ada dua macam jenis mie Aceh, yaitu mie Aceh goreng dan kuah. Mulai lapar?

3. Soto Mie, Bogor

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaen.wikipedia.org

Hidangan yang satu ini berisi mie, bihun, kentang, tomat, lobak, wortel, risol, daging, kikil. Kemudian disiram dengan kuah soto hangat yang membuat rasanya makin unik! Sebagai pelengkap, ditambahkan emping, bawang goreng dan bawang daun. Jadi tambah laper, nih.

4. Mie kocok, Bandung

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaksmtour.coml

Mie khas kota Bandung ini memakai kuah kaldu daging sapi kental. Mienya menggunakan mie kuning gepeng, dan disajikan dengan irisan kikil sapi, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, dan bawang goreng.

Mie ini dinamakan mie kocok karena proses memasaknya, dimana mie dimasukkan ke dalam wadah bergagang panjang yang berlubang kemudian dimasukkan ke dalam air panas dan dikocok-kocok atau diaduk hingga matang.

5. Mie Cakalang, Manado

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaindonesiakaya.com

Mungkin dari bentuknya terlihat biasa seperti mie pada umumnya. Tapi, coba deh kamu cicipin. Kamu akan merasakan kenikmatan potongan ikan cakalang fufu atau cakalang asap yang membuat rasa dan aroma mie terasa sangat khas dengan aroma ikan. Mie cakalang bisa disajikan dalam bentuk goreng atau kuah. Kuliner Manado yang diburu banyak orang, nih!

6. Bakmi Jawa, Jogja

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergoda

Bisa disajikan dalam tiga macam yaitu rebus, goreng atau nyemek alias setengah basah tapi enggak sampai ada kuahnya. Mie jawa bisa kamu temui di sudut-sudut kota Jogja. Pelengkap mie ini antara lain seperti ayam, kol, tomat, daun bawang, acar, bawang goreng.

Khusus kalau kamu pesan yang goreng, maka akan dibubuhkan kecap sebagai kunci pemersatu semua bahan-bahan yang ada. Rasanya? Lezat sekali!

7. Mie bangka, Belitung

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaqraved.com

Sajian ini menggunakan mie kuning tipis dan panjang yang disajikan dengan banyak tauge, potongan ayam kecap dan babi cincang (non-halal), juga pangsit dan sayur caisim. Sebagai pelengkapnya, disajikan pula semangkuk kuah berisi tahu kok alias bakso khas bangka. Yummy!

8. Mie koba, Bangka

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaindonesiakaya.com

Mungkin kalian heran sama kuahnya yang berwarna coklat kental. Kuah coklat itu didapat dari ikan tenggiri, aneka bumbu-bumbu lainnya dan sedikit gula aren.

Bahan-bahan di atas membuat rasa kuahnya jadi segar, gurih dengan sedikit rasa manis. Mie disajikan dengan telur rebus, irisan bawang goreng dan seledri diatasnya. Tertarik mencobanya?

9. Mie Ongklok, Wonosobo

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodatraveltodayindonesia.com

Mie ini agak sukar ditemukan di tempat lain selain Wonosobo, lho. Mie ongklok terbuat dari mie kuning dan sayur kol yang sudah direbus, lalu disiram dengan kuah jenang yang terbuat dari tepung kanji.

Sebagai tambahannya, ditaburkan daun kucai, bawang goreng dan irisan cabai. Hidangan ini biasa disantap dengan sate sapi berbumbu kacang, tempe kemul dan keripik tahu.

10. Mie tiaw, Pontianak

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodasantapsedap.com

Mie pontianak ini menggunakan mie berbentuk lebar dan pipih. Ditambah topping berupa daging sapi, babat, tauge dan syuran hijau. Mie yang berwarna agak kecoklatan ini punya rasa gurih dan asin. Tertarik mencicipi? Kayaknya sih enak. Hihihi.

11. Mie toprak, Solo

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaredbeanrosetta.blogspot.co.id

Mie ketoprak berisi mie kuning, bihun, daging tetelan, sosis solo, potongan cakwe, tahu, tempe, tauge, kol, kacang tanah, dan kerupuk kanji. Selain porsinya lumayan banyak, mienya juga disiram dengan kuah kaldu daging sapi yang bikin rasanya makin mantap!

12. Mie koclok, Cirebon

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaceritaasikaja.blogspot.co.id

Hal pertama yang bikin kamu terkejut mungkin kuahnya. Iya, kuahnya berwarna putih kental seperti bubur. Kuah putihnya ini terbuat dari tepung maizena, kaldu ayam dan santan sehingga teksturnya cukup kental.

Sebagai pelengkap, diberi suwiran ayam, telur rebus, kol, tauge, bawang goreng dan daun bawang. Rasanya? Gurih dan bikin nagih!

13. Mie lethek, Bantul

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodatravelingyuk.com

Bisa disajikan dalam bentuk digoreng, direbus atau dicampur dengan nasi goreng magelangan. Mie yang memiliki kuah warna coklat ini terbuat dari campuran gaplek (tepung singkong) dan juga campuran tapioka. Tambahannya berupa potongan daging ayam dan telur orak-arik juga irisan daun bawang. Jadi pengen, nih.

14. Mie kopyok, Semarang

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodaresepcaramemasak.info

Nah, kalau mie yang ini, dikenal dengan sebutan mie kocok dari Semarang. Ya, proses membuatnya sama seperti pembuatan mie kocok. Mie kopyok ini cukup sederhana karena menggunakan sedikit bumbu dan enggak menambahkan daging apapun sebagai pelengkap.

Isinya berupa mie kuning, potongan lontong, tauge dan tahu pong. Sebagai pelengkap biasanya diberi topping seledri, bawang goreng dan kerupuk gendar atau karak yang sudah diremukkan.

15. Mie lendir, Kepulauan Riau

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodatravel.detik.com

Hampir sama seperti mie koba karena kuahnya berwarna coklat. Bedanya, kuah coklat dari mie lendir ini terbuat dari bumbu kacang. Mie Lendir disajikan dengan tauge, taburan daun bawang dan bawang goreng.

Biasanya, ditambahkan pula telur rebus seperti gambar diatas. Supaya enggak terasa eneg, irisan cabai rawit juga dibubuhkan, membuat rasanya jadi gurih, manis, dan pedas!

16. Mie titi, Makassar

16 Macam Sajian Mie dari Seluruh Daerah di Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Tergodacookpad.com

Mie khas Makassar yang terbuat dari mie kuning yang digoreng hingga kering, ditambahkan sayuran hijau, bakso goreng dan potongan ayam di atasnya. Kemudian, dituanglah kuah kaldu kental yang rasanya gurih. Nggak lupa, mie ini juga ditambah dengan pelengkap seperti jeruk nipis, acar dan cabai.

Selain 16 jenis sajian mie diatas, sebenarnya masih banyak lagi jenis mie dari berbagai daerah di Indonesia. Yuk, jelajahi Indonesia dan cicipi jenis mie lainnya!

Putri Aisya Pahlawani Photo Community Writer Putri Aisya Pahlawani

"Your life is like a blank page. You write on it" - Donald Miller-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You