Comscore Tracker

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari Valentine

Masing-masing cokelat punya karakteristik yang unik

Cokelat punya banyak jenis dan rasa, yang bisa disesuaikan dengan masing-masing karakteristik pecintanya. Hal ini pula juga bisa dijadikan acuan dalam memilih cokelat sebagai hadiah pada hari Valentine. 

Sebelum memutuskan cokelat apa yang ingin kamu berikan untuk si dia, gak ada salahnya kamu mengenal dulu karakteristik cokelat dan makna yang tersimpan di baliknya.

1. Dark chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari ValentineInstagram.com/our_taste_

Dark chocolate terkenal dengan rasanya yang agak pahit, bahkan asam, karena komposisi kakaonya yang lebih besar, yakni sekitar 75-90 persen dengan sedikit tambahan gula. Tapi dark chocolate gak menggunakan campuran susu, hanya tambahan cocoa butter.

Mereka yang tak terlalu suka rasa manis cenderung memilih dark chocolate. Selain itu, warnanya yang pekat nampak lebih menggiurkan.

2. Unsweetened chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari ValentineUnsplash.com/Charisse Kenion

Kalau dia penyuka kopi pahit, mungkin bakal cocok dengan cokelat satu ini. Seperti namanya, unsweetened chocolate tak mengandung gula tambahan dan komposisi kakaonya di atas 75 persen.

Rasanya pahit cenderung asam, biasanya jadi rasa yang diinginkan seseorang dengan karakter kuat dan elegan. Cokelat ini cocok banget dimakan atau dijadikan olahan makanan manis, seperti susu panas atau kue.

3. Semi-sweet chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari Valentinedaringgourmet.com

Biasanya cokelat jenis ini terdiri dari 60 persen cokelat dan 40 persen gula. Semi-sweet cokelat lebih manis dari dark chocolate, tapi lebih pahit dari milk chocolate.

Jenis yang bisa melambangkan kepekaan atau kepedulian, terutama kalau pasanganmu senang dengan hal-hal yang mainstream atau tak terlalu suka sesuatu yang baru.

4. Milk chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari ValentineInstagram.com/feelchocoolate

Milk chocolate mungkin salah satu varian cokelat yang paling banyak kita temui, terutama di supermarket. Cokelat ini biasanya mengandung 12 persen susu, 10 persen cokelat cair, dan kakao 30 persen.

Milk chocolate melambangkan kelembutan, karena tekstur cokelatya juga demikian. Kalau si dia punya personality yang manis, mungkin bakal senang dengan cokelat ini.

Baca Juga: 10 Fakta Unik tentang Valentine’s Day, Jangan Sampai Gak Tahu Ya!

5. White chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari Valentinedavidlebovitz.com

Cokelat putih sama sekali tidak mengandung cairan cokelat. Biasanya mengandung 20 persen cocoa butter dengan tambahan lain, seperti susu, gula, dan krim.

Karena itu rasanya sangat manis dan creamy, teksturnya pun lebih lembut dan mudah meleleh. Kau bisa memberikan cokelat putih sebagai simbol perhatian dan kasih sayang, terutama kalau pasanganmu punya sifat manis dan sedikit manja.

6. Couverture Chocolate

Jangan Salah Kasih, Ini 6 Jenis Cokelat dan Maknanya di Hari ValentineInstagram.com/loveandoliveoil

Kamu mungkin belum terlalu familiar dengan istilah cokelat couverture. Cokelat ini biasanya terdiri dari 32-39 persen lemak cokelat dan 26 persen gula, vanili, serta lesitin.

Cokelat ini lebih nikmat rasanya dan lebih banyak dijadikan sebagai pelapis cake atau permen. Cokelat couverture bisa menyimbolkan keunikan, tantangan, dan sesuatu yang baru.

Jadi, kamu pengin kasih cokelat yang mana di hari Valentine ini?

Baca Juga: 7 Resto Tematik di Surabaya Ini Cocok buat Valentine Dinner, Romantis!

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You