Comscore Tracker

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk Mengkonsumsinya

Wait, tapi gak semua yoghurt ya...

Di balik rasa asamnya yang nikmat dan menyegarkan, yoghurt ternyata punya banyak manfaat baik untuk tubuh, baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Nah, berikut IDN Times akan kasih kamu informasi beberapa khasiat atau manfaat yoghurt yang baik untuk kesehatan dan perawatan tubuh. Simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Melancarkan pencernaan dan menjaga kesehatan usus

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Gesina Kunkel

Yoghurt mengandung probiotik alias bakteri baik seperti lactobacillus acidophilus dan bifidobacterium. Bakteri ini berfungsi mengatasi bakteri H. pyloru penyebab infeksi pencernaan di dalam usus serta lambung. Karena itu, yoghurt efektif meredakan berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare.

2. Meningkatkan fungsi otak

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/sean Kong

Selain menyehatkan fungsi pencernaan, probiotik dalam yoghurt ternyata bisa meningkatkan fungsi kognitif dan suasana hati, lho! Penelitian University of California, Los Angeles, mengemukakan kalau yoghurt jadi makanan tinggi kalium, yakni salah satu mineral untuk menjaga kesehatan syaraf.

3. Sumber protein yang baik

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Fatma Donati

Di antara jenis yoghurt lainnya, Greek yoghurt mengandung protein paling tinggi, yakni 15-20 gram protein setiap 6 ons yoghurt. Jumlah protein ini bahkan setara dengan 3 ons daging tanpa lemak. Sedangkan, yoghurt biasanya menghasilkan hanya sekitar sembilan gram protein. 

4. Menstabilkan tekanan darah

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Antonika Chanel

Kalium tinggi dalam yoghurt berfungsi menyeimbangkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Penelitian Alvaro Alonso dari Harvard School of Public Health membuktikan risiko darah tinggi dapat ditekan hingga 50 persen dengan menyantap tiga porsi yoghurt sehari. 

Hal ini karena kalium juga berperan menurunkan kadar natrium yang dapat meningkatkan tekanan darah. Natrium biasanya ditemukan pada makanan tinggi garam.

5. Sumber vitamin dan mineral

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Peter Hershey

Vitamin dan mineral dalam yoghurt cukup seimbang. Di antaranya vitamin D, vitamin B kompleks, kalium, fosfor, zinc, magnesium, kalsium, selenium, dan zat besi. Selain kalium, vitamin B12 dalam yoghurt pun juga berfungsi melindungi kesehatan jantung.

6. Memperkuat tulang

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Patrick Malleret

Karena terbuat dari fermentasi susu, yoghurt juga mengandung kalsium yang cukup untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi. Vitamin D yang terkandung dalam yoghurt juga membantu tubuh menyerap kalsium lebih baik.

Selain itu, riset Marmara University juga mengemukakan kalau yoghurt tidak mengikis lapisan email gigi. Kandungan asam laktat pada yoghurt justru dapat melindungi gusi dari infeksi.

Baca Juga: 7 Kuliner Turki Ini Mengandung Yoghurt yang Menyehatkan

7. Menjaga berat badan

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/i yunmai

Mengonsumsi yoghurt bisa jadi alternatif camilan saat diet, karena mengenyangkan, rendah kalori, dan tinggi protein. Kandungan protein, kalsium, dan probiotik dalam yoghurt bisa memicu produksi hormon antilapar, seperti GLP-1 dan peptide YY. Sehingga, nafsu makan dapat ditekan dan rasa kenyang bertahan lebih lama.

8. Bikin tidur lebih nyenyak

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Gregory Pappas

Mengonsumsi yoghurt juga dapat memperbaiki kualitas tidurmu, lho. Alasannya karena yoghurt mengandung zat tryptophan yang dapat memicu hormon serotonin dan melatonin, yakni salah satu hormon yang dapat membuatmu lebih rileks.

9. Menghilangkan bau mulut

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/Ethan Robertson

Robert Meltzer, dokter spesialis pencernaan di Lenox Hill Hospital, New York City, mengemukakan probiotik dalam yoghurt dapat menetralkan asam di tenggorokan belakang dan kerongkongan.

Yoghurt memang efektif menghilangkan bau napas yang disebabkan oleh kondisi gastrologi, seperti asam refluks. Namun, tidak bisa menghilangkan bau napas akibat bakteri di mulut, kerusakan hati, atau penyakit paru-paru.

10. Meningkatkan sistem imun

10 Manfaat Yoghurt dan Waktu Tepat untuk MengkonsumsinyaUnsplash.com/KAL VISUALS

Sistem imun tubuh dapat meningkat dengan mengonsumsi sekitar 400 gram yoghurt tiap hari. Nilai gizi penting dalam yoghurt dapat meningkatkan produksi sel T, yakni salah satu sel darah putih di dalam tubuh untuk melawan penyakit.

Nah, itulah manfaat yoghurt yang bisa kamu dapatkan saat mengonsumsinya secara rutin. Tapi perlu diingat, hindari yoghurt dengan kandungan gula tinggi yang justru bisa menghilangkan manfaatnya ya.

Yoghurt bisa jadi menu sarapan yang sangat baik kalau kamu ingin menurunkan berat badan. Nilai gizinya yang seimbang dan protein mengenyangkan bisa menambah asupan untuk berkegiatan. Selain sarapan, konsumsi yoghurt di tengah hari sebagai alternatif camilan. 

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Yoghurt Lebih Sehat Dikonsumsi Daripada Susu

yummy-banner

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You