Comscore Tracker

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!

Cocok untuk menemanimu menikmati dinginnya malam di Bandung

Surabi, kuliner tradisional ini merupakan salah satu penganan khas kota Bandung. Dibuat dari campuran bahan utama tepung beras dan santan kelapa, membuat surabi memiliki tekstur lembut dan rasa gurih yang selalu menggugah selera.

Jika dulu surabi Bandung hanya memiliki dua varian rasa, yaitu rasa manis dengan saus kinca (air gula aren) dan rasa asin dengan bumbu oncom atau taburan oncom pedas diatasnya, kini surabi sudah berinovasi menjadi kuliner kekinian dengan berbagai jenis saus dan toping yang menemaninya.

Di Bandung sendiri, surabi menjadi salah satu kuliner yang dicari para wisatawan yang sedang berlibur ke kota berjuluk Parijs van Java ini. Karena memang terasa lebih menyenangkan jika menikmati suasana malam di Kota Kembang yang dingin sembari ditemani surabi hangat yang nikmat.

Berikut ini penulis mempunyai beberapa rekomendasi surabi enak di Bandung yang bisa kamu coba jika berkunjung ke sana.

1. Surabi Cihapit

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!instagram.com/tinagouw_tg

Surabi Cihapit merupakan salah satu kedai surabi legendaris di Bandung yang sudah ada sejak tahun 1991. Menu andalan dari surabi Cihapit yang banyak digemari pembeli adalah surabi oncom dan surabi kinca.

Surabi oncom di sini dikenal sebagai salah satu surabi oncom terenak di Bandung, rasa oncomnya khas karena menggunakan oncom pilihan. Selain itu, sang pemilik kedai pun pandai dalam mengolah oncom menjadi bumbu atau topping surabi.

Perpaduan antara rasa oncom yang pedasnya pas dengan kegurihan surabi, terasa begitu maknyus di mulut, membuat siapa saja tidak cukup jika hanya makan satu surabi.

Jika kamu lebih suka surabi manis, surabi kinca bisa menjadi pilihan, di sini kincanya menggunakan gula aren asli sehingga membuat manisnya terasa pas. Selain surabi rasa tradisional, di surabi Cihapit juga tersedia surabi dengan aneka varian topping kekinian, seperti keju, susu, cokelat, dan pisang.

Lokasi: Jl. Cihapit No.36, Bandung Wetan, Kota Bandung

Jam operasional: 06.00-13.00 dan 15.00-22.00

Harga: Rp5.000-13.000,-.

2. Surabi imut

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!instagram.com/yansenli

Surabi imut disebut-sebut sebagai pelopor dalam memodifikasi jajanan tradisional khas Kota Kembang tersebut. Maka tak heran jika kini Surabi Imut memiliki 45 varian rasa yang sama enaknya. Menu favorit di kedai surabi ini adalah surabi cokelat susu keju dengan limpahan topping yang menggugah selera.

Di Surabi Imut terdapat dua jenis rasa surabi yang bisa kamu pilih, yaitu rasa masin dan asin. Untuk surabi rasa manis, kamu bisa memilih surabi kinca, surabi saus durian, surabi cokelat keju susu, surabi pisang cokelat keju, surabi oreo keju, dan lainnya.

Sementara untuk surabi rasa asin, kamu bisa memilih surabi oncom, surabi telur, surabi sosis ayam, dan perpaduan dari bahan-bahan tersebut. Selain itu, surabi di sini bisa dinikmati dengan topping mayonaise, saus sambal, dan juga keju.

Jika kamu sedang berkunjung ke Bandung, sempatkan untuk datang ke kedai surabi ini untuk menikmati penganan tradisional yang dipadankan dengan beragam varian rasa kekinian.

Lokasi: Jl. Doktor Setiabudhi No.194, Hegarmanah, Cidadap, Bandung

Jam operasional: 13.00-23.00

Harga: Rp6.000-15.000,-.

Baca Juga: Selalu Bikin Nagih, 5 Jajanan Khas Jawa yang Dibuat dari Singkong

3. Surabi Sukur

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!instagram.com/dadanhamdanihutama

Kedai Surabi Sukur terkenal dengan surabi uniknya yang bernama surabi Persib, dengan topping manis berwarna biru putih khas Persib, surabi ini menjadi salah satu surabi yang paling banyak dicari pecinta penganan tradisional khas Kota Kembang ini.

Surabi Persib memiliki toping yang terdiri dari campuran rasa vanilla blue, bubble gum, dan karamel. Perpaduan beragam rasa dan uniknya warna membuat surabi ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para pembeli.

Di kedai ini, terdapat dua jenis menu surabi, yaitu surabi rasa original dan surabi dengan rasa kekinian. Untuk rasa original menu favoritnya adalah surabi oncom legendaris dan surabi polos. Sedangkan untuk rasa kekinian terdapat banyak varian, mulai dari surabi green tea, surabi cokelat, surabi jagung keju, surabi smokebeef, surabi kornet, surabi taro, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Jl. Lombok No.47, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Jam operasional: 16.00-23.00

Harga: Rp5.000-15.000,-.

4. Surabi Radja

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!infobdg.com

Satu lagi surabi yang recommended di Bandung adalah Surabi Radja. Surabi Radja dikenal memiliki cita rasa khas yang membuatnya berbeda dari surabi lainnya, lembutnya tekstur surabi dan toppingnya yang langsung lumer di mulut, membuat surabi Rajda terasa sangat nikmat dan bikin ketagihan.

Di kedai Surabi Radja, kamu bisa menikmati tiga variasi rasa yang sama enaknya, yaitu surabi biasa dengan satu topping, surabi spesial yang dilengkapi dengan dua jenis topping, serta surabi telur.

Lokasi: Jl. Pluto Selatan II Blok A, Jl. Margahayu Raya Bar. No.16, Margasari, Buahbatu, Kota Bandung.

Jam operasional: 06.30-09.00 dan 16.30-21.00

Harga: Rp6.000-15.000,-.

5. Surabi Durian Geboy

5 Rekomendasi Surabi Enak di Bandung, Rasanya Bikin Nagih!instagram.com/fitry_mawar

Bagi kamu yang suka banget dengan buah durian dan ingin merasakan sensasi baru dari perpaduan penganan tradisional dengan buah kesukaanmu, kamu bisa datang ke Kedai Surabi Durian Geboy. Sesuai namanya kedai ini memiliki menu andalan berupa surabi dengan rasa durian yang istimewa.

Campuran antara bahan baku surabi berupa tepung beras, garam dan kelapa dipadankan dengan saus yang terbuat dari buah durian, fla dan vanilla serta topping keju, membuat rasa surabi ini memiliki kombinasi yang pas antara manis, asin, dan gurih yang tiada duanya.

Selain surabi durian, Kedai Surabi Durian Geboy juga memiliki beragam varian lain yang tak kalah enaknya, di antaranya surabi rasa manis, seperti surabi coklat, surabi strawberry, surabi pisang, dan surabi rasa asin, seperti surabi sosis, surabi ayam, surabi kornet dan surabi abon.

Lokasi: Jln. Abdul Rahman Saleh No. 66 , Cicendo, Kota Bandung.

Jam Operasional: 11.00-02.00

Harga: Rp10.000-15.000,-.

Itulah beberapa rekomendasi surabi enak di Bandung yang pas untuk dijadikan kudapan malam. Jika kamu berkunjung ke sana, pastikan mencobanya ya.

Baca Juga: Indonesia Banget, Ini 5 Kue Surabi dengan Cita Rasa Khas Nusantara

Angga Photo Verified Writer Angga

A Bibliophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya