Comscore Tracker

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!

Jangan berlebihan ya

Pasti banyak yang gak percaya bahwa makanan sehat itu bisa berbahaya? Dilansir dari The Sun, ternyata makanan sehat itu bisa berbahaya jika kamu makan secara berlebihan atau salah saat mengolahnya. Kamu pasti setuju kan, semua yang dilakukan secara berlebihan memang tidak baik? Supaya tidak salah dalam mengkonsumsi makanan sehat, yuk simak artikel di bawah ini.

1. Ikan Tuna

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!pinterest.com

Ikan tuna, terutama yang kalengan, memang enak dan memudahkan kita untuk memasak nasi goreng, pizza, roti lapis, dan sebagainya. Selain mengandung Omega 3 yang bagus untuk tubuh, ternyata ikan tuna banyak mengandung merkuri dibandingkan jenis ikan lainnya. Kandungan merkuri berlebih dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah penglihatan, pendengaran dan bicara, kurangnya koordinasi, serta kelemahan otot.

Anak-anak dan ibu hamil beresiko paling tinggi saat mengkonsumsi ikan tuna. Tenang, tidak semua ikan tuna berbahaya, besar tubuh dan jenis ikan tuna dapat memengaruhi banyaknya kandungan merkuri. Misalnya saja, ikan tuna putih atau albakora dapat mengandung merkuri lebih tinggi dibandingkan jenis tuna lainnya.

2. Bayam

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!thekindlife.com

Makanan andalan Popeye ini tak luput dari sayuran sehat yang bisa berbahaya. Bayam berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Bayam mengandung kadar oksalat tinggi. Berlebihan dalam mengkonsumsinya dapat mengakibatkan munculnya penyakit. Di antaranya seperti batu ginjal, sakit perut, tekanan darah rendah, tremor atau kejang, muntah, dan denyut nadi melemah.

Sebagai tambahan, jangan makan sayur bayam yang didiamkan lebih dari 5 jam setelah di masak dalam suhu ruangan. Sayur bayam merupakan penghasil zat besi terbanyak, ketika zat besi terlalu lama bereaksi dengan udara, maka zat besi akan teroksidasi dan berubah menjadi senyawa kimia bernama Ferro (racun oksidan). 

3. Kentang

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!pinterest.com

Saat kentang menjadi salah satu bahan masakanmu, mungkin kamu harus berhati-hati dalam mengolahnya. Kentang bisa berbahaya, jika terdapat bercak warna hijau. Warna hijau tersebut mengandung racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Kentang hijau mengandung solanin, pestisida alami yang beracun bagi manusia bila dikonsumsi dalam jumlah banyak. Akibatnya, bisa muntah, diare, dan serangan jantung.

Selain berhati-hati seaat belanja, mudahnya kamu bisa memotong daging kentang yang memiliki warna kehijauan tersebut dan buang.

Baca juga: Kombinasi Beberapa Buah Ini Justru Berbahaya Jika Dimakan Bersamaan!

4. Tomat

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!forums.photographyreview.com

Selama dipisahkan dari batang dan daunnya, tomat sangat aman untuk dikonsumsi. Daun tomat mengandung toksin alkaloid yang bisa menyebabkan masalah pencernaan. Toksin tersebut berbahaya terhadap anjing. Jadi, jauhkan dari hewan peliharaanmu.

Tomat ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung vitamin C. Ingat, ya! Jangan berlebihan mengkonsumsinya karena bisa berdampak peningkatan pada asam lambung, dalam jangka waktu panjang kandungan asam itu dapat merusak dinding esofagus.

5. Pala

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!gourmetgarden.com

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengkonsumsi pala? Pala termasuk salah satu rempah-rempah eksklusif yang harganya cukup mahal. Biasanya, pala dimasak hanya menggunakan bijinya untuk menambah rasa pedas dalam makanan atau minuman. Rempah ini tidak akan berbahaya, kalau kamu tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Pala mengandung senyawa yang disebut myristicin, yang memabukkan atau menghilangkan kesadaran dalam dosis besar.

6. Kacang Merah

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!authoritynutrition.com

Pernahkah kamu merasa mual bahkan muntah setelah makan kacang merah? Masalah tersebut bisa terjadi disebabkan karena salah saat mengolahnya. Kacang merah mentah mengandung racun yang disebut phytohaemagglutinin. Umumnya, gejala racun tersebut akan timbul 3 jam usai kamu makan kacang merah. Sebelum diolah, kamu harus merebus kacang merah pada air mendidih selama 10 menit. Jangan terlalu cepat atau kelamaan, ya.

7. Air Mineral

Faktanya, 7 Makanan Sehat Ini Justru Bisa Jadi Racun!sarcasmlol.com

Terdengar sepele, tapi jangan meremehkan bahaya mengkonsumsi air mineral. Sudah banyak kejadian orang sakit karena kekurangan air. Tapi apakah kamu tahu berlebihan minum air bisa berbahaya? Gejala ini terjadi saat kamu dalam kondisi hiponatremia, yakni konsentrasi natrium yang rendah di dalam darah. Kondisi ini biasa terjadi pada atlit lari ultra marathon yang terlalu memaksakan diri.

Baca juga: 10 Makanan Favorit Kamu Ini, Ternyata Bisa Jadi Racun Lho!

yummy-banner

Topic:

Just For You