Comscore Tracker

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Hari

#RamadanMasaKini Biar tetap aktif meski puasa

Sahur sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim yang akan menjalankan ibadah puasa. Sayangnya, terkadang kita tetap merasa lapar meskipun sudah sahur sebelumnya.

Hal ini bisa berarti kamu yang belum terbiasa atau menu makanannya. Akhirnya banyak yang mengatasinya dengan makan secara berlebihan di bulan puasa.

Seharusnya kita tetap memperhatikan gaya makan sehat dan prinsip gizi seimbang, agar puasa lancar. Maka dari itu, inilah tujuh makanan yang bisa dijadikan menu andalan saat sahur.

1. Nasi merah

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Harimato.gr

Sudah saatnya kamu beralih pada nasi merah yang kandungan glikemiknya lebih rendah daripada bubur, mie, atau pasta. Nasi merah juga dianggap sebagai menu karbohidrat kompleks untuk membuat gula darah stabil.

Selain itu, proses penyerapan zat gizi bisa terjadi secara perlahan, sehingga rasa kenyangmu bisa tahan lebih lama. Hal tersebut juga berimbas kepada mood-mu agar lebih stabil.

2. Kurma

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Hariinfohaji.co.id

Tidak hanya saat buka puasa, kamu juga dianjurkan mengonsumsi kurma saat sahur. Kurma mengandung jenis zat gula, yakni glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

Tiga jenis zat gula yang berguna menaikkan kadar gula dan menjaganya tetap stabil. Hal ini juga menjadi kebiasaan sehari-hari orang Arab agar bisa tahan haus sekaligus lapar.

3. Telur

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Harieggrecipes.co.uk

Secepat membuat mie instan, inilah lauk paling cepat yang bisa kamu masak saat sahur. Apalagi sebutir telur itu hanya mengandung 70 kalori dengan memberikan lebih dari 6 gram protein. Menurut Shelley McGuire dari American Society for Nutrition, perempuan yang mengonsumsi telur untuk makanan pertamanya memungkinkan bisa menahan lapar lebih lama.

Baca juga: 10 Menu yang Bisa Dimasak dengan Kilat, Penyelamat Telat Bangun Sahur

4. Sup

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Harigoodhousekeeping.com

Imbangi menu sahurmu dengan sayuran agar bisa membersihkan sisa daging di sela usus. Kamu bisa mengonsumsi sup atau bayam.

Hal ini juga bisa mengaktifkan sinyal otak agar kamu lebih semangat makan sahur. Setelah itu, kamu bisa merasakan kenyang yang lebih tahan lama.

5. Kacang-kacangan

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Haritime.com

Kacang kedelai, kacang merah, buncis, kacang panjang, dan sebagainya bisa kamu olah menjadi tumisan atau pelengkap sup. Mereka juga kaya akan karbohidrat kompleks yang butuh waktu lama untuk diuraikan. Rasanya pun lezat, bikin kamu akan kenyang dalam waktu yang lebih lama. 

6. Apel

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Hariphotos.alphacoders.com

Mengakhiri makan sahur dengan apel bisa membuatmu cepat kenyang tanpa harus makan banyak. Sebutir apel hanya mengandung 80 kalori, tapi memiliki 4 gram serat dan air yang tinggi.

Apel juga mengandung zat-zat baik untuk tubuh, seperti vitamin, kalsium, dan mineral. Spesialnya lagi, apel bisa membuat napasmu kembali segar.

7. Air lemon

7 Makanan yang Bisa Kenyang Tahan Lama, Pantang Keroncongan Siang Hariivfclinicsindia.com

Sebenarnya air mineral saja sudah cukup, karena hal itu dapat membantu meringankan sakit perut dan gangguan pencernaan yang dirasakan saat sahur. Namun menurut buku "Food Combining di Bulan Ramadhan" segelas air hangat yang diberi perasan jeruk lemon atau nipis akan jadi opsi lebih baik lagi.

Kombinasi minuman tersebut bisa menjadi tonik untuk liver yang telah bekerja semalaman sebagai katalisator serap saat tidur.

Nah, semoga setelah ini kamu bisa kenyang tahan lama dan tidak keroncongan hebat saat siang hari ya. Tetap semangat puasanya, Guys!

Baca juga: Lebih Sehat, Ini 5 Resep Menu Sahur yang Tak Digoreng

 

yummy-banner

Topic:

Just For You